Better You

9 Manfaat Kesehatan Latihan Pilates yang Disukai Idol K-Pop

  by: Alexander Kusumapradja       29/4/2020
  • Ladies, pilates tentu sudah tak asing lagi di telinga, terutama bagi kamu yang memang suka berolahraga. Sejak diciptakan oleh Joseph Pilates di studionya di New York City hampir seratus tahun lalu, metode latihan fisik ini menekankan pada latihan menguatkan otot perut dan otot torso yang disebut sebagai “core” atau inti dari tubuh kita melalui berbagai gerakan yang spesifik. Walaupun sepintas terlihat mudah, namun setiap gerakannya dapat memperbaiki keseimbangan dan kekuatan core tubuh kita menurut beberapa penelitian.

    Klien-klien pertama yang mencoba pilates adalah para penari balet yang mencari cara untuk memperbaiki postur tubuh dan mengontrol anggota tubuh mereka dengan lebih baik. Di masa sekarang, pilates modern juga disukai oleh banyak artis, termasuk bintang-bintang K-pop alias idols yang memilih latihan pilates untuk membuat fisik mereka lebih prima dan performa saat menari panggung lebih maksimal. Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan dari latihan pilates yang bisa membuatmu tertarik mencobanya di rumah.




    1. Bagus untuk Membentuk Abs

    Bila kamu ingin perut yang kencang atau bahkan punya abs keren, pilates bisa menjadi pilihan yang tepat. Menurut riset yang dirilis oleh Medicine & Science in Sports & Exercise, para wanita yang menyelesaikan latihan pilates selama 36 minggu berhasil memperkuat otot rectus abdominis mereka alias abs sekitar 21 persen sambil menyeimbangkan sisi tubuh bagian kiri dan kanan tubuh. Salah satu idol K-pop yang sukses mendapat abs melalui pilates adalah Eunbi dan Honda Hitomi dari IZ*ONE yang memamerkan abs-nya ketika latihan pilates di Instagram.

    2. Memperbaiki Postur Tubuh

    Salah satu fokus utama dari latihan ini adalah menjaga keseimbangan dan posisi sambil melakukan gerakannya dengan saksama. Jadi tak heran dalam latihannya, kamu akan terbiasa duduk dan berdiri dengan cara yang tepat bagi postur tubuh. Punggung dan otot perut yang kuat tak hanya keren dipandang tapi juga menjadi kunci untuk memiliki postur tubuh yang sempurna dan diidamkan oleh banyak artis, termasuk Jeon Somi. Mantan center I.O.I yang kini bersolo karier tersebut termasuk idol yang aktif pilates dan sering mengunggah latihannya di Instagram miliknya.

    3. Meringankan Sakit Punggung

    Core yang kuat juga bermanfaat bagi kondisi bagian belakang tubuh kita. Latihan pilates selama empat minggu saja dipercaya dapat menimbulkan efek nyata untuk mengurangi rasa nyeri di bagian pinggang menurut riset Journal of Orthopedic & Sports Physical Therapy. Bahkan rasa nyeri tersebut bisa hilang selama setahun sejak latihan pilates. Peneliti percaya pilates mampu meringkankan stress di area belakang tubuh dan meningkatkan mobilitas karena latihannya menstabilkan core bagian pinggul seperti yang dilakukan oleh Yeri dari Red Velvet.

    4. Tidak Memforsir Sendi dan Pergelangan

    Dibanding banyak latihan fisik lainnya, pilates tak akan memforsir pergelangan dan sendi tubuh karena gerakannya yang lambat dan terkontrol. Terutama bila latihan memakai alat khusus pilates alias reformer dengan bantalan yang tebalnya hampir 10 kali lipat mat yoga dan meringankan tekanan di bagian punggung dan lutut namun tetap mampu membakar banyak kalori. Wah tidak heran ya Taeyeon Girls’ Generation selalu tampil maksimal dari awal debut hingga sekarang.



    5. Melatih Fokus

    Sekali kayuh dua pulau terlampaui, selain efek yang dirasakan oleh fisik, latihan pilates juga bermanfaat bagi kesehatan mental karena mendorong kita untuk fokus pada cara kita bernapas dan gerakan tubuh kita sekecil apapun yang butuh konsentrasi tinggi. Bila kamu cenderung melamun saat yoga, pilates bisa menjadi alternatif karena kamu tak akan sempat bengong memikirkan hal lain seperti pekerjaan, pacar, atau drama-drama kehidupan. Mungkin itu sebabnya Naeun dan Eunji Apink suka olahraga ini ya?


    6. Memperbaiki Kualitas Seks

    Pilates juga memiliki beberapa gerakan seputar pinggul seperti kegel yang memperkuat otot pelvis dan dapat meningkatkan performa dan kenikmatan saat di ranjang. Selain bisa meningkatkan orgasme yang lebih baik dan membuat aktivitas seks makin panas, otot pelvis yang kuat juga membantu para ibu hamil untuk mendorong bayi lebih mudah saat melahirkan secara normal.

    7. Meningkatkan Performa di Aktivitas Olahraga Lain

    Core yang kuat hasil latihan pilates bisa menjadi modal utama ketika kamu merambah ke olahraga lainnya karena semua otot kita tersambung melalui core tersebut. Kamu jadi bisa lari lebih cepat, gerakan yoga makin on point, dan pokoknya stamina dan kondisi tubuh kamu meningkat signifikan saat melakukan aktivitas fisik lainnya. Kalau sudah rutin latihan, bukan tidak mungkin kamu bisa melakukan gerakan yang lebih sulit seperti Yu Na dari AOA ini.

    8. Membuat Tubuh Makin Fleksibel

    Banyak orang masih ragu memulai latihan pilates karena mereka menganggap tubuh mereka kaku dan tidak fleksibel, tapi justru itu sebabnya kamu harus mencoba pilates. Dalam sebuah riset di Brasil, sekelompok wanita muda yang belum pernah latihan pilates sebelumnya diminta melakukan 20 sesi pilates dan hasilnya mereka 19,1 persen lebih fleksibel dibanding sebelumnya. Ketika badanmu terasa tegang dan kaku, otot kita mengerut dan membatasi rentang yang bisa dilakukan oleh tubuh kita. Member BLACKPINK seperti Jennie dan Rose memilih pilates untuk menjaga tubuh mereka tetap fleksibel seperti yang terlihat di Instagram dan YouTube mereka.

    9. Memperkuat Kinerja Otak

    Joseph Pilates menyebut metode latihan ciptaannya ini sebagai “latihan untuk orang cerdas” dan hal itu memang berdasar. Peneliti dari Cina mengukur perubahan aktivitas otak pada sekelompok wanita yang telah menjalani latihan pilates selama 10 minggu dan menemukan peningkatan performa otak yang berhubungan dengan aktivitas jaringan saraf, daya ingat, dan fungsi kognitif lainnya. Periset percaya pilates bisa menjadi bentuk perawatan potensial bagi orang-orang yang menderita penyakit degeneratif otak dan disfungsi kognitif. Well, supaya makin termotivasi jangan lupa selfie ya saat break latihan pilates seperti Doyeon dari Weki Meki. Hashtag: #BodyGoals!