Love & Sex

Menurut Zodiak, Ini Cara Cepat Move On dari Sang Mantan!

  by: Alvin Yoga       30/4/2020
  • Terdengar klise, namun jujur saja: Putus hubungan bukanlah suatu hal yang mudah. Setuju? Bagi kamu yang memutuskan untuk membaca artikel ini, Cosmo yakin kamu pasti pernah mengalami patah hati akibat putus hubungan, setidaknya satu kali dalam hidupmu—atau mungkin sekarang kamu ~justru~ sedang patah hati karena baru saja putus dengan si dia. Cosmo paham bagaimana rasanya, and let's be real, proses move on setelah putus tidaklah mudah. Nah, dibanding kamu mengirim pesan tidak-jelas pada mantanmu, atau terus menerus menulis cuitan patah hati di Twitter yang ujung-ujungnya membuat si dia memutar mata, lebih baik kamu mencoba untuk move on tanpa harus banyak *drama*. Penasaran bagaimana caranya? Menurut zodiak, ini dia cara move on yang tepat untukmu. Simak!


    ARIES

    Dibandingkan dengan zodiak-zodiak lain, bisa dikatakan kamu move on dengan cepat, Aries. Namun sebelum benar-benar berpaling, biasanya Aries perlu mengatakan satu kalimat terakhir pada sang mantan supaya ia tahu apa yang nantinya akan ia sesali. Oke, kirim si dia pesan yang mengganjal di hatimu, dan tak perlu tunggu balasannya, biarkan ia menghilang dari hidupmu selamanya.




    TAURUS

    Taurus tak suka perubahan yang mendadak, jadi proses move on dari sang mantan biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama. Kabar baiknya, kamu biasanya mulai berhenti memikirkan si dia ketika kamu menemukan gebetan baru, atau setidaknya seseorang yang bisa kamu goda di Tinder. Selingan seperti ini baik untukmu—karena kamu jadi menaruh perhatian pada calon pacar alih-alih sang mantan.


    GEMINI

    Tahukah kamu bahwa teman-temanmu sudah bosan setengah mati mendengar analisis-analisis "Kenapa hubungan ini harus berakhir seperti itu" darimu? Para Gemini memang suka mendiskusikan setiap detail dari "peristiwa" putus mereka di grup—selama berminggu-minggu, meski sebenarnya ini hanyalah cara mereka untuk mencoba mengerti dan *finally* move on.


    CANCER

    Seperti biasa, zodiak berelemen air yang klasik ini punya segudang emosi yang siap meluap—layaknya ombak samudra yang tak pernah berhenti menghantam pesisir. Untuk bisa move on, seorang Cancer akan mengajak teman-teman terbaik mereka untuk membantunya mengalihkan pikiran dengan berpesta koktail setiap malam dan karaoke setiap akhir pekan (tentunya setelah ia berbaring di kamar selama berhari-hari sambil memeluk guling dan menangis sampai air matanya kering). Oh dear, kamu tahu apa yang akan Celine Dion katakan? Your heart must go on.


    LEO

    Tak ada yang lebih baik bagi seorang Leo selain retail therapy alias BE-LAN-JA. In fact, para Leo bahkan tak keberatan jika harus menghabiskan uangnya sampai koin terakhir. Jadi kalau kamu tak mau menyesalinya di kemudian hari, lebih baik kamu simpan rapat-rapat kartu kreditmu, atau titipkan dulu pada ibumu—dan kalau kamu sudah terlanjur menggesekkan kartu tersebut, tempelkan bonnya di depan cermin supaya kamu bisa melihat seberapa besar angka yang sudah kamu habiskan. Saran Cosmo, dibanding kamu terus-terusan belanja selama empat minggu berturut-turut, belilah satu barang paling mewah yang kamu inginkan dengan tabunganmu, lalu move on.


    VIRGO

    Satu-satunya cara yang bisa membuat Virgo move on adalah dengan extra self-care. Traktir dirimu dengan mani-pedi, kelas yoga, spa, sauna, apapun yang bisa membantu mendetoks pikiranmu dari sang mantan. Do you, for a change!


    LIBRA

    Real talk: Para Libra biasanya tak pernah membiarkan dirinya merasakan patah hati karena mereka move on dengan super-cepat. Bahkan biasanya mereka sudah punya calon pasangan baru yang mengantri. Hmm, pastikan saja kamu benar-benar menyayangi calon pasanganmu sebelum kalian resmi menjadi new lovebirds.




    SCORPIO

    Meski tak terlihat dari sisi luar namun sebenarnya Scorpio memiliki sisi emosional yang tinggi, jadi hal terbaik yang bisa kamu lakukan supaya bisa move on adalah dengan melakukan terapi, atau setidaknya, habiskan waktu untuk berbicara dari hati ke hati bersama sahabat terbaikmu. Kegiatan tersebut akan membantumu mengerti apa yang membuat hubunganmu berakhir tak sesuai dengan harapan, dan memberimu masukan mengenai bagaimana cara move on terbaik. Tak akan butuh waktu lama bagi seorang Scorpio untuk menemukan pasangan baru yang lebih baik dari sang mantan—all of the good parts, none of the bad.


    SAGITTARIUS

    Well, para Sagi tak suka berlarut-larut dalam masa lalu...jadi putus hubungan bukanlah hal yang sulit bagimu. Kamu bisa move on dalam sekejap waktu dan tak pernah lagi mengingat masa-masa tersebut. Para Sagi juga biasa akan menghadapi putus hubungan dengan mengembangkan diri lewat berbagai eksperimen, mulai dari mencoba hobi baru (mungkin dengan lari maraton?), atau traveling—yang kemudian membawa mereka pada pasangan baru.


    CAPRICORN

    Setelah putus, seorang Capricorn biasanya akan mengambil rehat sejenak dari kegiatan berkencan dan kembali fokus dengan dirinya sendiri. Untuk mengalihkan pikiran dari patah hati, sebaiknya kamu memberikan 100% usahamu pada karier di kantor. Ketika kamu akhirnya mendapatkan promosi yang kamu inginkan, atau mungkin pekerjaan baru yang kamu idam-idamkan, kamu bisa berterima kasih pada mantanmu (cukup dalam hati saja, jangan menghubungi si dia secara langsung, k?).


    AQUARIUS

    Ketika seorang Aquarius menganggap sebuah hubungan telah berakhir, ini tandanya semuanya *benar-benar* sudah berakhir. Kamu akan block nomor sang mantan di ponselmu, juga di media sosialmu, dan (pastinya) dari hidupmu. Kamu tak akan pernah membiarkan dirimu memikirkan sang mantan. Bahkan faktanya, ketika kamu melihat si dia di suatu tempat atau di suatu acara, kamu akan bertingkah seakan-akan kamu tak pernah mengenal si dia.


    PISCES

    Ketika kamu sedang gelisah, biasanya kamu akan memercayakan dirimu pada hal-hal berbau ~mistis~. Semisal, kamu akan membaca tarot, melihat peruntungan astrologi, atau bahkan mencoba psychic reading untuk mencari tahu masa depanmu. Mengetahui bahwa kamu akan jatuh cinta dengan sosok yang lebih baik akan membuatmu lebih percaya diri untuk move on dan menemukan pasangan baru.


    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Alvin Yoga / FT / Image: Dok. Sanchi Oberoi / Cosmopolitan US)