Fashion

4 Cara Berbusana Ini Bisa Buat Kamu Jadi Lebih Bahagia

  by: Dheniel Algamar       30/4/2020
  • Di tengah masa pandemi Covid-19 yang membuat kamu harus di rumah saja untuk mempraktikan social distancing. Mungkin berpenampilan rapi dan gaya saat di rumah terasa tidak masuk akal, apalagi bila kegiatan sehari-hari disibukkan oleh berlatih downward dog dengan bantuan yogi ternama di Youtube, mencoba buat banana bread, atau menonton seluruh serial yang tengah populer di Netflix

    Tapi tahu kah kamu kalau setiap pakaian yang kamu pakai dapat memengaruhi mood selama seharian? Yup, jika kamu membutuhkan energi positif setiap hari, kenapa tidak mengawali hari dengan mengenakan busana dan aksesori kamu suka. Ini juga bisa jadi solusi untuk tampil gaya ketika wfh.

    Coba injeksikan sedikit  joie de vivre ke koleksi busana kamu - karena apapun rencana (di rumah saja) kamu saat ini, tidak ada salahnya untuk tampil gaya dan merasa bahagia dengan busana yang kamu pakai. Terinspirasi dari tren musim ini, coba tengok 4 cara berbusana yang bisa buat kamu lebih bahagia.



    1. Lebih bahagia dengan busana berwarna


    (Minnie & Mickey T-shirt, Zara, Rp379.900,-. Anting, Zara, Rp189.900, Atasan gingham, Zara, Rp549.900,-.) 

    Mungkin meninggalkan seluruh pakaian dan aksesori berwarna basic seperti hitam terlalu berat untuk kamu. Tetapi sentuhan warna terang bisa berikan nuansa berbeda untuk tampilan dan mood kamu lho.  Tahu kah kamu kalau warna kuning sering diasosikan dengan kebahagiaan, atau biru memberikan sentuhan tenang... Sehingga menyuntikkan warna-warna terang pada gaya tentu saja bisa memengaruhi mood kamu.

    "Mengasosiasikan warna-warna ini dengan perasaaan tertentu otomatis akan mengaktivasi pikiran manusia untuk mengenakan busana dengan warna-warna tersebut," jelas Kate Nightingale, Head Consumer Psychologist at Style Psychology Ltd, " Karena otak manusia lebih memilih sesuatu yang konsisten dan cenderung menghindari konflik, sehingga otak akan menyesuaikan dengan perasaan yang teraktivasi berkat busana berwarna.'

    Jadi kamu bisa mencoba warna-warna terang atau yang lebih lembut seperti warna pastel selama di rumah. Ini saatnya kamu lebih eksplorasi dan mengambil risiko soal gaya. Coba memadupadankan warna berbeda atau menumpuk senada dalam satu tampilan. Bayangkan busana yang kamu pakai adalah sebuah kanvas dan bisa kreasikan untuk memperoleh tampilan yang bisa buat kamu tersenyum bahagia seharian.


    2. Berani tampil lebih gaya

    (Camisole dress, Massimo Dutti, Rp2.490.000,-. Scarf, Massimo Dutti, Rp899.000,-. Kemeja linen, Massimo Dutti, Rp899.000,-.)

    Ketika dihadapi oleh kenyataan kalau setiap hari kamu harus menghadapi sesuatu yang sama terus menerus, mencoba hal yang baru akan sangat dibutuhkan untuk memberikan variasi ke dalam rutinitas kamu. Tentu saja boleh mengenakan busana nyaman seperti track pants dan T-shirt kesayangan di hari-hari santai, namun coba deh untuk tampil lebih gaya di hari lainnya.

    Transformasikan tampilan dengan celana pendek kamu dengan memadupadankannya bersama kemeja linen yang gaya. Atau coba kenakan maxi dress berbahan satin yang stylish untuk gaya lebih feminin. Tak hanya itu, kamu pun bisa menambahan sebuah scarf pada penampilan kala berpenampilan sehari-hari di bulan Ramadan ini.




    3. Bermain dengan Corak

    (Atasan, Stradivarius, Rp459.900,-. Scarf, Stradivarius, Rp69.900,-. Gaun, Stradivarius, Rp399.900,-.)

    Jangan takut gaya kamu dikomentari oleh para rekan kerja. Ini saatnya keluar dari comfort zone dan mencoba sesuatu yang baru dengan mengikuti tren paling kekinian.

    Apabila kamu selalau ragu berpenampilan dengan corak, ini saatnya mencoba. Kenakan busana dengan permainan corak dari ujung kepala hingga kaki. Suntikan motif bunga akan buat kamu tampak trendi dan membawa nuansa alam ke dalam rumah. Pilih busana berdetail feminin dengan siluet yang tetap nyaman kamu kenakan di dalam rumah, Super cute!


    4. Elevasi Busana Nyaman Jadi Lebih Gaya

    (T-shirt, Alexander Wang, price upon request. Handbag, A.W.A.K.E MODE, price upon request. Bicycle Pants, The Row, price upon request)

    Terkadang, fashion item yang bisa buat kamu bahagia selama seharian saat di rumah saja adalah celana super nyaman seperti leggings atau bicycle pants. Namun seharian di rumah tetap saja akan dipenuhi berbagai kegiatan mulai dari meeting bersama para kerabat kerja, menghafal gerakan tari di Tik Tok, yoga, dan masih banyak lagi.

    Nah ini saatnya mengelavasi busana nyaman favorit kamu jadi tampak lebih trendi agar mampu memperbaiki mood. T-shirt lansiran label ternama bisa kamu padankan dengan celana jeans berdetail ritslering. Atau kamu bisa padukan bicycle pants dengan kemeja, lalu blazer untuk conference call agar tampak lebih rapi dan trendi. Aksesori seperti sandal tali super nyaman, atau handbag keren juga bisa menemani kamu saat terpaksa ke supermarket.

    (Image: Dok. Zara, Stradivarius, Massimo Dutti, www.net-a-porter)