Lifestyle

Tips Menulis Jurnal Harian Agar Lebih Produktif di Rumah

  by: Kezia Calesta       30/4/2020
  • Tertarik untuk memulai kegiatan journaling? Beda seperti diary SMP kamu yang digunakan untuk menulis curhat dan menumpahkan perasaan, you can say that a journal is the grown-up version! Bila kamu sedang mencari kegiatan baru yang tidak hanya seru tetapi juga produktif, sebuah jurnal bisa menjadi sahabat baru kamu di era work from home ini. 


    Dengan sebuah jurnal, kini kamu bisa tracking aktivitas sehari-hari. Yes, kamu juga bisa melakukan ini dengan bantuan gadget, but for me... nothing beats writing the old-fashioned way. Selain melatih daya ingat, kegiatan menulis juga dianggap menenangkan untuk sebagian orang yang mengalami anxiety, juga bisa membantu menata isi pikiran.





    Apakah kamu cenderung pelupa? I can relate! Sebagai seorang penulis yang memiliki banyak deadline harian, saya cenderung melupakan banyak hal meskipun sudah mencatatnya di aplikasi Notes smartphone… namun sejak memulai kebiasaan menulis jurnal setiap pagi pada awal tahun 2019, saya tahu apa yang harus dikerjakan setiap hari (well, memang saya tidak selalu tuntas menyelesaikannya, tetapi setidaknya saya menjadi lebih terorganisir). Berikut tips dari Cosmo agar kamu bisa memulai menulis jurnal harian dan menjadikannya sebuah rutinitas yang menyenangkan!


    1. Pilihlah buku yang tepat

    The right journal will motivate you! Daripada memilih notebook polos termurah dengan kertas tipis yang mudah lecek, saya menyarankan kamu untuk berinvestasi sedikit demi sebuah planner tahunan cantik yang cocok untukmu. When you find the perfect planner, trust me - you will look forward to writing everyday. Ingin rekomendasi untuk merk planner yang lucu dengan layout yang efektif? Kamu bisa mengintip koleksi dari Daycraft atau Mossery.


    2. Jangan batasi isi jurnal

    Siapa bilang jurnal hanya bisa digunakan untuk mencatat deadline atau tanggal penting? Kamu bisa mengisi jurnal dengan banyak hal: mulai dari daftar belanja bulanan, daftar serial atau film yang ingin kamu tonton di bulan tersebut, ide dan inspirasi yang mendadak muncul, perhitungan pengeluaran, resep makanan yang ingin dicoba, hingga siklus menstruasi. Just get creative! Contohnya, saya menerapkan habit tracker untuk mencatat seberapa seringnya saya menggunakan jasa ojek online untuk memesan kopi dan camilan setiap minggu.



    3. Mulai kebiasaan menulis setiap pagi

    Apa kegiatan yang selalu kamu lakukan setelah bangun tidur? Mengecek WhatsApp? Minum segelas air putih? Atau… menghabiskan minimal 10 menit untuk browsing Instagram? Nah, jika kamu sedang menerapkan working from home, journaling bisa menjadi salah satu aktivitas pertama yang kamu lakukan di pagi hari jika kamu seorang morning person seperti saya. Setiap pagi, saya mengecek deadline yang harus dikerjakan hari ini, lalu mencatat apa saja tugas yang sudah diselesaikan serta pembelian yang saya lakukan kemarin. (Kopi susu literan untuk stok 3 hari: Rp 80.000. Roti panggang ham & cheese untuk camilan malam hari: Rp 25.000. You know what I mean.) Namun jika kamu tipe orang yang lebih aktif di malam hari, you do you - pilihlah waktu yang paling tepat untukmu!


    4. Kumpulkan alat-alat tulis dan dekorasi lucu

    Don’t underestimate the power of… colorful pens and stickers! Untuk saya, kegiatan menulis jurnal menjadi jauh lebih seru saat saya mulai menerapkan berbagai warna di atas kertas. Gunakan warna terang untuk mencatat hal-hal penting atau membuat checklist, dan luangkan waktu untuk mencari kreator lokal yang mendesain stiker khusus untuk kegiatan journaling kamu. Tentunya, saya akan membagikan daftar toko online favorit saya yang menjual hand-drawn journal stickers! (GEEK MODE ON.)


    Kamei Hamei



    Toko ini menjual banyak planner sticker yang spesifik untuk pekerjaan dan hobimu: ada stiker khusus untuk pecinta masak, pecinta musik, dan pecinta film, juga stiker untuk guru, barista, influencer, penulis, dan banyak lainnya. Selain itu, toko ini juga menjual banyak mini notepad lucu untuk ditempel dalam planner kamu. They’re all super adorable!




    Pasteru



    Stiker-stiker dari Pasteru ini tidak hanya menggemaskan, tetapi juga sangat berguna! Ada period stickers untuk mencatat tanggal haid, stiker untuk menandakan kalender, hingga berbagai stiker makanan seperti mie, burger, hingga boba. 


    Tamago & Co.



    Toko kawaii planner sticker yang berbasis di Bali ini memperkenalkan karakter tamago dan onigiri Jepang yang bisa digunakan untuk mendeskripsikan mood kamu pada hari tersebut. Selain itu, jika kamu suka berkebun, this shop sells many nature-related stickers.


    Way of Fluff



    Bila kamu sangat menyukai anjing seperti saya, Way of Fluff memperkenalkan banyak karakter anjing menggemaskan yang dapat mewarnai hari-harimu. Karakter utama toko ini adalah seekor anjing Samoyed bernama Kapas, dan seekor anjing Siberian Husky bernama Wool!


    5. Nikmati kegiatan journaling

    Most importantly, ingatlah bahwa ini sebuah aktivitas yang menenangkan dan seharusnya dinikmati. Menulis jurnal memang bukan kegiatan yang ideal untuk semua orang, maka kamu tidak perlu memaksakan diri. Jangan menganggapnya terlalu serius - follow your own pace, and do what makes you happy!



    (Image: doc. @jessbailey via Unsplash)