Better You

Perjalanan Tubuh Anda Selama 30 Hari Puasa

  by: RedaksiCosmopolitan       29/4/2021
  • Di bulan suci ini, menjalankan kegiatan puasa bukan sekadar mengikuti perintah saja. Selama 30 hari, tubuh kamu akan melalui berbagai perubahan positif diakibatkan oleh kebiasaan baru ini. Walaupun rasanya berat dan melelahkan, tubuh kamu akan berterimakasih pada hari terakhir. Trust us!

     

    [ BACA JUGA: 5 Olahraga Fun yang Cocok Dilakukan Saat Puasa ]



     

    Day 1-2

    Darah berfungsi untuk membawa glukosa ke setiap bagian tubuh karena itu merupakan salah satu sumber energi. Saat puasa, kadar gula kamu pasti menurun sehingga tubuh membakar glikogen dari hati serta otot untuk membuat energi tambahan. Hal ini akan membuat kamu merasa lemas, gemetaran, dan kelaparan. Denyut jantung dan tekanan darah pun akan ikut turun. Tapi tenang ladies, it's just the beginning.


     

    Day 3-7

    Tubuh kamu akan mulai menggunakan lemak sebagai sumber energi melainkan otot. Selain itu, tubuh akan mulai menyadari bahwa sistem pencernaan sedang "beristirahat" dan fokus pada pembersihan dan penyembuhan saja. Dengan ini, aktivitas sel darah putih dan sistem imun akan meningkat.

     



    [ BACA JUGA: 7 Cara Lawan Rasa Lapar di Bulan Puasa ]

     

    Day 8-15

    Karena tubuh sudah mulai terbiasa dengan rutininas kamu selama seminggu kemarin, ia akan lebih efisien dalam menyimpan energi. Jadi jangan terkejut jika merasa lebih segar saat masuk pada minggu kedua. Proses detoksifikasi juga akan lebih efektif dan memungkinkan tubuh untuk melakukan penyembuhan secara alami. Beberapa orang mungkin akan merasakan nyeri pada bagian tubuh yang pernah cedera di masa lalu. Jangan panik, karena sebenarnya tubuh sedang menyelesaikan proses penyembuhan tersebut. Hebat ya? Biasanya bagian tubuh yang terkena efek terbesar adalah kaki karena di situlah racun biasanya menumpuk.

     

    Day 16-30

    Almost there! Pada minggu terakhir, tubuh Anda sudah berhasil beradaptasi dengan rutinitas puasa. Kamu akan merasakan berbagai keuntungannya, misalnya bau mulut yang hilang total menandakan lidah dan mulut sudah bersih dan sehat. Fokus, konsentrasi, dan keseimbangan emosi kamu akan meningkat pesat, begitu juga dengan memori. Karena proses detoksifikasi sudah selesai secara sempurna, tubuh dapat fokus dalam poliferasi jaringan untuk mengganti jaringan tubuh yang rusak. Yay! Jadi jalani puasa dengan penuh semangat ya, dear.

    (Sky Drupadi / SW / Image: Doc. Shutterstock / Clickphotos)