Fashion

10 Cara Instan untuk Terlihat Stylish

  by: Redaksi       2/4/2021
  • Untuk terlihat modis adalah hal yang susah-susah gampang. Saat pertama kali kamu berusaha menemukan style-mu, sangat normal kalau sedikit merasa kebingungan. Maksud saya, tidak ada yang menyalahkanmu, kok. Dengan tren yang simpang siur dan gaya estetika para influencer di Instagram yang beragam, terkadang hal itu dapat membuat diri kita sedikit kewalahan. Tapi, percayalah, menjadi modis tidak selamanya berarti kamu mengikuti tren terkini atau bahkan mengenakan pakaian branded dari ujung kepala hingga ujung kaki.




    Pada awalnya, dibutuhkan trial and error dengan mencoba gaya berpakaian yang berbeda-beda, mungkin kamu ingin mereka ulang outfit inspo yang kamu temukan di Pinterest atau penasaran dengan fashion hacks yang ada di TikTok. Tetapi, pada akhirnya, begitu kamu menemukan apa yang cocok dan tidak cocok denganmu, kamu tidak perlu lagi mengkhawatirkan itu semua.



    Meski begitu, ketika kamu merasa terlalu lelah untuk memikirkan pakaian apa yang akan kamu kenakan besok, atau mungkin sudah bosan dengan pakaian di lemari yang sudah kamu pasangkan satu sama lain secara berulang-ulang, kamu dapat berpegang pada tips di bawah ini yang dijamin akan membuatmu terlihat stylish dalam sekejap.


    Color Coordinate

    Pilih dua sampai tiga warna utama yang akan kamu jadikan warna dasar dari seluruh penampilanmu. Ya, penampilan, bukan hanya pakaian saja. Kamu bisa mengaplikasikan palet warna itu pada aksesoris dan makeup. Tidak peduli warna apapun yang kamu pilih, kamu akan terlihat lebih modis.


    Bermain dengan motif


    Saya tidak mengerti kenapa banyak orang yang merasa takut untuk mengenakan pakaian dengan motif yang berbeda. Padahal, jika kamu melakukan ini, kamu akan terlihat sangat keren! Kamu bisa menggunakan dua motif yang benar-benar berbeda atau motif yang sama namun dengan ukuran yang bervariasi. Tips lain untuk look ini: Anggap motif garis-garis dan macan tutul sebagai motif “netral.”


    Kenakan scarf di leher


    Siapa yang tidak menyukai sedikit sentuhan vintage pada penampilannya? Dengan mengikat sebuah scarf bermotif di leher, kamu akan terlihat modis layaknya perempuan dari tahun 80an. Pssst, kalau ingin terlihat lebih modis lagi, pastikan scarf-mu berbahan dasar sutra atau satin, ya!


    Half-tuck

    Entah kamu sedang mengenakan sweater, kaos, atau kemeja sekalipun, cukup ambil bagian tengah dari atasanmu, masukkan ke dalam bawahanmu, dan biarkan bagian samping dan belakangnya sedikit keluar. Semakin sedikit effort-mu untuk memasukkannya semakin baik.


    Monokrom


    Ingin terlihat eksklusif dan put-together? Pilih satu warna dan bermain dengar rentang shade pada warna tersebut. Takut terlihat membosankan? Kamu bisa bermain dengan siluet atau material pakaian yang berbeda (atau kamu bisa membaca tips lengkapnya disini).


    Layering

    View this post on Instagram

    A post shared by Monikh Dale (@monikh)




    Dengan meningkatnya popularitas street style dua tahun belakangan, sepertinya trik layering makin sering dijumpai dimana-mana. Pakai coat-mu di atas sebuah gaun, legging hitam dengan rok mini dan jaket trendy. Semakin banyak layer yang kamu pakai semakin baik.


    Pakai topi


    Selain dapat menyembunyikan bad hair day dan melindungimu dari panasnya sinar matahari, topi adalah aksesoris yang tepat untuk mengubah outfit “basic”-mu menjadi sesuatu yang terlihat jauh lebih keren.


    Throw some shade


    Selain topi, kaca mata hitam juga menjadi opsi lain yang bisa kamu pertimbangkan untuk membuat statement melalui penampilanmu. Oh, tunggu, apa saya mengatakan kacamata hitam? Kamu bisa bermain dengan warna, tidak hanya frame, lensa kaca matamu.


    Cinched waist


    Punya sebuah gaun maxi atau kaos dan kemeja oversized yang takut kamu kenakan karena akan “menyembunyikan siluetmu”? Jangan khawatir. Kamu bisa mengakalinya dengan mengenakan sabuk, bustier, atau korset sehingga bagian pinggangmu akan terlihat lebih terbentuk. Tidak hanya itu, cara ini akan membuat penampilanmu jauh lebih edgy.


    Jangan takut untuk kembali ke basic


    Terakhir, jika kamu ragu, kenakan saja pakaian kapsul yang kamu punya. Entah itu kaos polos dengan jeans atau kemeja dengan celana kulot. Untuk menjadi stylish tidak diperlukan biaya yang besar atau pakaian yang terlalu rumit. Pakai apa yang kamu rasa nyaman dan sesuai dengan suasana hatimu. Penampilan modismu akan datang dari rasa percaya diri yang kamu pancarkan.


    (Nabila Nida Rafida / Image: @lalamarionmj, @splashnews, @badgalriri, @hyunah_aa, @monikh, @khloekardashian, @tarabasro, @gucci)