Beauty

5 Tips Melindungi Rambut Dari Kerusakan Akibat Panas Dan Lembap!

  by: Astriana Gemiati       2/4/2021
  • Seandainya kamu mengira cuaca panas dan lembap hanya dapat merusak kulit kamu —pikirkan lagi. Jika debu dan polutan lingkungan tidak cukup, musim panas ini membawa serta berbagai masalah rambut kompleks yang dapat membuat rambut kamu rusak parah.


    Paparan sinar matahari, panas, dan kelembapan untuk waktu yang lama berperan dalam merusak rambut kita. Namun, hal tentang kerusakan adalah prosesnya yang bertahap —sementara kamu mungkin tidak melihatnya sekaligus, kualitas rambut kamu akan memburuk seiring berjalannya waktu.Jika rambut kamu terasa kasar saat disentuh, warna alami atau buatan telah menjadi lebih terang, atau kamu dapat melihat ujung bercabang, anggaplah rambut kamu telah peka yang dalam istilah orang awam menunjukkan bahwa rambut kamu sebagian besar rusak.




    Untuk mencegah kerusakan yang tidak dapat diperbaiki, berikut tips dari Cosmo yang bisa kamu coba terapkan:

    Potong rambut secara teratur setiap 6 hingga 8 minggu

    Rambut yang rusak dan tidak sehat, akan berakibat tidak hanya kekurangan kelembapan dan kilau namun juga elastisitasnya hingga membuat rambut lebih mudah patah, bercabang, dan akhirnya rambut menjadi rontok. Selain itu, jika rambut kamu tampak terlihat tidak bernyawa dan terkesan lepek, disertai frizzy yang tidak terkendali, anggap itu sebagai tanda kerusakan. Untuk menghindari bahaya lebih lanjut selama bulan musim panas ini, pastikan kamu melakukan pemotongan rutin secara berkala setiap enam hingga delapan minggu untuk membersihkan rambut dari ujung bercabang, dan menjaga agar rambut kamu tetap terlihat segar.


    Fokus pada pencegahan daripada pengobatan

    Ini semua tentang dipersiapkan sebelumnya sehingga kamu tidak harus menghadapi konsekuensi setelahnya. Baik kamu ingin mewarnai rambut, sering menata rambut dengan alat panas, atau merencanakan liburan di pantai. Penting bagi kamu untuk melindungi rambut dengan berbagai produk yang dikembangkan untuk mengatasi kerusakan yang diakibatkan. Kamu bisa menggunakan produk yang mengandung keratin dan argan oil, yang berfungsi sebagai solusi ideal untuk membantu rambut kering dan rusak agar kembali hidup.


    Ikuti aturan yang berlaku untuk rambut sehat

    Terapkan juga aturan khusus untuk rambut kamu. Mengingat kulit kepala adalah perpanjangan dari kulit kamu, jadi pastikan untuk membersihkannya dengan baik menggunakan sampo yang sesuai untuk jenis rambut kamu. Karena toner digunakan untuk menyeimbangkan tingkat pH kulit dan menutup pori-pori terbuka, kondisioner dapat membantu menutup folikel rambut setelah keramas. Tujuan utama penggunaan kondisioner adalah untuk menghaluskan lapisan kutikula rambut kamu sehingga dapat melindunginya. Pasca aplikasi dan cuci sampo, coba tambahkan banyak kondisioner pada rambut panjang kamu setidaknya diamkan selama dua hingga empat menit sebelum pembilasan. Terakhir setelah kamu membilas kondisioner, lanjutkan dengan leave-in-cream yang akan bantu meningkatkan kelembapan rambut kamu bersama dengan perlindungan ganda. Pompa sesendok koin ke telapak tangan kamu dan aplikasikan secara merata ke seluruh rambut —dengan fokus pada bagian tengah dan ujung, jauh dari kulit kepala.


    Beri hidrasi rambut kamu dengan perawatan deep conditioning

    Perawatan deep conditioning yang menyeluruh adalah hal yang paling dibutuhkan rambut kita, terutama selama musim panas. Solusi cepat untuk memuaskan, menutrisi, dan melembapkan rambut kamu di rumah melibatkan pembersihan kulit kepala dengan sampo pelembap yang intens, diikuti dengan pengaplikasian kondisioner. Mulai dari ujung, kerjakan produk hingga ke pertengahan rambut kamu dan pijat seluruhnya, gerakkan ujung jari kamu dalam gerakan melingkar untuk merangsang aliran darah. Ini memberi makan akar rambut kamu dan memberi jalan bagi kulit kepala yang sehat. Bungkus rambut kamu dengan handuk panas selama 15-20 menit untuk pengodisian yang dalam. Ingat, jika kamu merawat akarnya, panjang, dan ujungnya akan terawat dengan sendirinya.




    Persiapkan rambut kamu sebelum menggunakan alat pemanas

    Jika kamu suka menata rambut dengan alat pemanas, ingatlah untuk merawatnya sebelum kamu memanaskannya. Penggunaan alat panas secara berkala termasuk hair dryer, hot rollers, flat irons, atau curling tongs, tentu akan merusak rambut jika tidak terlindungi dengan baik. Jika kamu mengoleskan panas ke rambut tanpa menyiapkannya terlebih dahulu, anggaplah merusaknya seperti berada di bawah sinar matahari tanpa mengoleskan tabir surya yang mengandung SPF. Persiapkan rambut kamu dengan protection mist atau spray, yang bisa bantu melindungi rambut kamu dari kerusakan. Perlu diingat, produk pelindung panas harus mendahului aplikasi alat styling yang dipanaskan, untuk memastikan kerusakan rambut yang minimal.












    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.in / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Nara sumber: Adhuna Bhabani founder and creative director of BBLUNT / Image: [email protected], GIPHY.com)