Love & Sex

8 Tanda Kamu Sebaiknya Putus dengan Si Dia!

  by: Giovani Untari       5/4/2021
  • Di era di mana Tinder dan Bumble begitu berperan dalam kisah cinta kita, rasanya kita pun jadi lebih mudah menjalin hubungan dengan seseorang.

    Ada hari di mana kita merasa langsung click dengan si dia dan menemukan apa yang kita cari. Tetapi dalam hitungan hari atau bulan, menjaga hubungan asmara tetap indah menjadi hal yang kian complicated.

    Kamu menyadari tidak hanya komunikasi di antara kalian yang semakin berkurang, tetapi setiap pertemuan pun sekarang menjadi tidak se-excited sebelumnya. Ada pula pola perilaku atau hal lainnya dari si dia yang akhirnya membuat kamu merasa tidak cocok dan menganggu perasaanmu.




    Cosmo pun bertemu dengan Bhavna Barmi, seorang psikologis klinis dan relationship therapist asal Delhi untuk memberi tahu apa saja tanda-tanda yang wajib kamu waspadai dalam sebuah hubungan. Apabila kamu menemukan 8 tanda ini dalam relationship-mu bersama si dia sekarang, mungkin ini waktu yang tepat untuk mengakhiri hubungan tersebut dan move on... sebelum kamu merasa lebih sakit hati dan terluka.  

    Ini dia 8 tanda kamu sebaiknya putus dengan si dia:


    1. Komunikasi yang berkurang

    Komunikasi adalah kunci dari sebuah hubungan. Jadi bila pasanganmu saat ini mulai menunjukan tanda-tanda ia mengurangi intensitas komunikasinya atau semakin menjauhkan kamu dari hidupnya, ini bisa jadi tanda ia telah kehilangan perasaannya kepadamu.


    2. Tindakannya lebih besar dibanding kata-katanya

    Perhatikan apa yang ia LAKUKAN, bukan apa yang ia KATAKAN. Dengan begitu kamu bisa mengetahui seperti apa niatnya yang sesungguhnya. Karena terkadang kita terlalu fokus pada imej yang mereka buat ketimbang melihat realitanya. Perhatikan bagaimana mereka memperlakukan kamu dan saat ia berada di sekitar kamu. 


    3. Perhatikan juga bahasa tubuhnya

    Bahasa tubuh adalah indikator terpenting, karena terkadang komunkasi non-verbal “berbicara” lebih banyak dibanding kata-kata manusia. Jadi jika i terlihat menghindari eye contact saat berbicara dengan kamu atau menghindari skinship / keintiman serta menunjukkan ekspresi tidak nyaman saat kalian sedang bersama, ini saatnya memikirkan kembali soal hubunganmu.



    4. Membuat banyak alasan untuk tidak bertemu kamu

    Mulai dari menunda rencana pergi kalian, atau ia yang hanya ingin bertemu karena menginginkan sesuatu, dan yang terburuk ia tidak menghargai jadwal kamu, bisa menjadi tanda kamu sebaiknya mengakhiri hubungan dengan si dia.




    5. Ia tidak lagi penasaran denganmu

    Saat seseorang tertarik dengan kamu, mereka akan menanyakan pertanyaan tentang kamu dan mendengarkan jawabannya. Tetapi saat percakapanmu dengan si dia kini berubah seperti percakapan satu arah atau kamu lah yang lebih banyak membuka obrolan... besar kemungkinan spark ia kepadamu sudah menghilang.


    6. Tidak menghubungimu dalam waktu yang lama

    Bila ia tidak menghubungimu dalam waktu yang lama atau hanya menghubungimu sesekali saja, ia mungkin sedang menunjukkan sinyal untuk mengakhiri hubungan kalian.



    7. Kamu satu-satunya yang membuat effort dalam hubungan ini!

    Kalau kamu merasa menjadi satu-satunya pihak yang membuat usaha, berkompromi, dan selalu berinisiatif untuk membuat hubungan kalian berjalan meski tidak seimbang.... dear, it’s time to say good bye!


    8. Ia tidak menunjukkan perhatian penuh saat kalian bertemu

    Contohnya, ia selalu melihat smartphone-nya saat bersama kamu atau ia menghindari berbicara terlalu banyak berbicara, nilai ini sebagai tanda yang serius.



    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan India / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Giovani Untari / Ed. / Images: Gabby K from Pexels, Charlie Foster on Unsplash, Alena Darmel from Pexels)