Fashion

Panduan Lengkap Bergaya Street Style

  by: Redaksi       5/4/2021
  • Mungkin, salah satu gaya berpakaian paling disukai hingga saat ini adalah street style (atau kamu mengetahuinya dengan sebutan streetwear). Street style adalah sebuah gaya yang cukup unik dan kompleks. Gaya ini dapat terlihat keren, tapi apabila salah langkah maka kamu akan membuatnya terlihat berlebihan. Komunitas streetwear memiliki sebuah hubungan keanggotaan yang sangat eksklusif, mengakar pada asal mereka sebagai sebuah gaya yang dipakai oleh kelompok skateboarder dan hiphop, dan mungkin itulah yang menjadi daya tariknya.




    Penggunaan pakaian kasual seperti hoodie, kaos, dan celana baggy membuat streetwear kembali mendapatkan momentum selama pandemi. Dengan semakin kasualnya tuntutan dress code sehari-hari, orang-orang pun mulai mencari alternatif pakaian yang nyaman. Tetapi, apakah itu artinya streetwear lazim untuk dipakai begitu saja di kondisi apapun? Oh, tentu tidak.


    Pakaian bergaya street style biasanya memiliki warna terang, motif berani, dan diselimuti oleh logo dari label yang mengeluarkannya. Dalam kata lain, penggunaan streetwear dengan mudah dapat membuatmu terlihat norak. Tapi jangan khawatir, Cosmo akan membantumu untuk berpakaian ala street style secara effortless dan tentu saja terhindar dari kata norak!


    Pilihlah material yang “mewah”

    Sebelumnya, streetwear hanya difokuskan pada pembuatan pakaian yang cukup fungsional untuk dapat digunakan penggunanya bermain skateboard, itulah kenapa pada umumnya streetwear berupa kaos polos dan denim. Meski masih menjunjung desain sederhana seperti itu, namun streetwear modern berusaha untuk mengelevasi pakaiannya dengan memanfaatkan material yang lebih “mewah.” Sebut saja kain premium seperti cashmere atau jersey. Hal ini dilakukan untuk “mengisi ruang kosong” dari desain simple.


    DO YOU REALLY WANT TO BE A HYPEBEAST?

    Menurut pengertian pada situs Urban Dictionary, hypebeast merujuk pada seseorang yang terobsesi (beast) dengan tren atau sensasi (hype) yang sedang berlangsung. Kini, fenomena hypebeast dapat dengan mudah ditemukan pada kalangan muda. Pengakuan adalah segalanya dan mereka akan memilih untuk membeli pakaian yang dijamuri oleh logo label agar mudah dikenali oleh kelompoknya. Tapi, untuk kamu yang ingin tampil lebih dewasa tapi tetap menerapkan street style, ini bukan keputusan yang tepat. Lebih baik memilih item dari label yang sedikit lowkey dan meminimalisir tampilan logo dari label yang dipakai. Biarkan orang-orang yang bertanya dari mana kamu mendapat pakaian tersebut daripada kamu yang mengumumkannya.




    Jadikan sepatumu sebagai fokus utama

    Dalam pakaian streetwear, pemilihan sepatu adalah segalanya, terutama jika membicarakan tentang sneakers. Meski begitu, kamu tetap harus mengingat peraturan kedua: Jangan menjadi hypebeast! Akan sangat mudah untuk menemukan para hypebeast mengantre untuk mendapatkan sepatu Yeezy atau kolaborasi Off-White terbaru. Tidak hanya ini menguras waktumu, tapi dompetmu juga akan ikut terkena dampaknya. Maka dari itu, coba pilihlah sepatu yang lebih mengutamakan unsur kualitas dengan material premium. Walaupun sedang tren, alangkah lebih baik untuk menghindari sepatu dengan bentuk aneh agar dapat dipadukan dengan seluruh pakaianmu sehingga lebih timeless.


    Gunakan pakaian yang “loose” bukan “baggy”

    Salah satu kesalahan yang paling sering saya jumpai pada penggunaan streetwear adalah pemilihan siluet pakaian. Walau identik dengan pakaian yang longgar, bukan berarti badanmu harus terlihat tenggelam dalam pakaianmu. Carilah celana dengan potongan straight-leg, kaos dengan siluet slim fit, dan cropped oversized jacket untuk mengimbangi proporsi pakaianmu.


    Sederhana adalah kunci utama

    Streetwear is about being effortless. Para pemakai streetwear sering kali terlihat cuek dan cool. Untuk mendapat kesan ini, kamu harus pintar dalam mix and match item dari berbagai merek yang kamu sukai. Jangan sampai kamu terlihat "terlalu berusaha" dan seperti baru saja keluar dari sebuah katalog. Cobalah untuk berpikir lebih kreatif dengan, misalkan, memadukan hoodie trendy barumu dengan celana chinos dibandingkan dengan celana kargo dan sneaker yang terlihat pada situs penjualan label tersebut.


    (Nabila Nida Rafida / DA/ Opening Image: Instagram @hypebeaststyle)