Beauty

5 Alasan Kamu Perlu Tambahkan Niacinamide Ke Rutinitas Skincare!

  by: Astriana Gemiati       8/4/2021
  • Niacinamide —suatu bentuk Vitamin B3 (niacin)— adalah salah satu dari delapan Vitamin B yang dibutuhkan tubuh kamu untuk berfungsi optimal. Namun, tahukah kamu bahwa selain meningkatkan kesehatan yang baik, niacinamide juga membangun protein di kulit kamu bersama dengan mengunci kelembapan untuk mencegah kerusakan akibat pemicu stres lingkungan?


    Produk ini memberikan beragam manfaat bagi kulit —yang paling penting dan mengesankan adalah membantu memperbaiki pori-pori yang rusak, membesar, dan tersumbat— sehingga dapat kembali ke bentuk dan ukuran normalnya. Faktanya, penelitian terbaru menunjukkan bahwa niacinamide menjadi bahan yang luar biasa dalam hal memperbaiki perubahan warna kulit dan kulit kusam, terutama bila digunakan dalam konsentrasi yang lebih tinggi. Selain itu, ini juga merupakan antioksidan kuat yang menunjukkan bahwa ia dapat membantu mengurangi dampak buruk dari penyebab stres lingkungan pada kulit dan memperkuat pelindung kulit, serta memperbaiki tanda-tanda kerusakan di masa lalu.




    Dengan menawarkan kulit sebagai elemen penting seperti ceramides dan keratin, ini akan memastikan bahwa lapisan pelindung terbentuk pada kulit dengan tujuan untuk memerangi kerusakan dari komponen eksternal seperti kerusakan akibat sinar matahari dan polutan. Dengan memengaruhi berbagai jalur di kulit kamu, ini akan membantu komunikasi dan transmisi informasi ke sana kemari dari sel kulit dan berbagai struktur lain di kulit kamu.



    Untuk meyakinkan kamu untuk memasukkan bahan ajain ini ke dalam rutinitas perawatan kulit kamu, Cosmo akan menguraikan berbagai manfaat niacinamide.

    1. Mengurangi peradangan

    Niacinamide mengurangi bercak dan kemerahan yang mungkin disebabkan karena eksim, jerawat, atau kondisi kulit inflamasi lainnya.


    2. Melawan penuaan dini pada kulit

    Niacinamide membantu membangun keratin, sejenis protein yang membuat kulit kamu kencang, kenyal, dan sehat, sehingga membuatnya terlihat awet muda serta bercahaya. Selain itu, penelitian juga menemukan bahwa ini membantu mengurangi garis-garis halus, hiperpigmentasi, dan kerutan.




    3. Menghasilkan penghalang lipid pada kulit kamu

    Bentuk Vitamin B3 ini juga menghasilkan penghalang ceramide (lipid) untuk membantu mempertahankan kelembapan di kulit kamu dan menjaganya tetap terhidrasi. Khasiat ini sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita kelainan kulit seperti eksim atau kulit dewasa.


    4. Mengurangi jerawat dan munculnya pori-pori

    Seperti yang telah disebutkan, niacinamide bantu memperbaiki pori-pori yang rusak, membesar, dan tersumbat, serta memastikan bahwa bentuk dan ukuran normal kembali. Plus, ini juga membantu melawan jerawat yang parah, terutama jenis peradangan. Dengan aplikasi berulang dari waktu ke waktu, kamu akan melihat lebih sedikit lesi dan tekstur kulit yang lebih baik.


    5. Membuat kelenjar sebaceous kamu tetap terkendali

    Niacinamide membantu mengatur jumlah minyak yang diproduksi kelenjar sebaceous —suatu kelenjar minyak pada kulit yang menghasilkan sebum atau minyak alami— kamu mencegahnya bekerja berlebihan. Selain itu, membantu menghasilkan sel-sel kulit dan melindungi kulit kamu dari tekanan lingkungan termasuk kerusakan akibat sinar matahari, polusi, dan racun yang tidak diinginkan lainnya. 


    Ingin tahu rekomendasi produk niacinamide untuk mencerahkan kulit wajah? Klik, di sini!

    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.in / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Nara sumber: beauty expert, Paula Begoun / Image: freepik.com, GIPHY.com )