Lifestyle

Ingin Mencoba Ramalan Tarot? Ini Pertanyaan yang Bisa Kamu Ajukan

  by: Alvin Yoga       13/4/2021
  • Hal terbaik mengenai kartu tarot adalah kamu bisa bertanya mengenai A-P-A-P-U-N pada kartu-kartu tersebut. Tak ada pertanyaan yang terlalu sulit atau terlalu aneh bagi kartu tarot—dan lagi, kartu tersebut tak akan menghakimi pertanyaanmumu. Tak ada batasan isu yang bisa kamu bahas bersama tarot, sehingga kamu bisa mencari resolusi dan pemahaman atas persoalan apapun, kapan pun, di mana pun. Sebagai salah satu pengguna kartu tarot, secara personal, saya menghindari pertanyaan mengenai kesehatan (jujur saya lebih percaya jawaban dari seorang profesional) namun saya menanyakan seluruh hal lainnya pada tarot. Kalau kamu ingin memanfaatkan kartu tarot untuk memutuskan hal penting dalam hidupmu—atau hanya iseng mencari jawaban atas apa serial televisi yang harus kamu tonton berikutnya—berikut contoh pertanyaan yang bisa kamu ajukan.


    Tapi pertama-tama, apakah sebaiknya kamu membaca ramalan kartu tarotmu sendiri, atau sebaiknya meminta seorang pembaca kartu tarot profesional yang melakukannya?

    Pertama-tama, kalau ini merupakan kali pertama kamu mencoba ramalan tarot, dan kamu masih belajar mengenai arti dari masing-masing kartu serta masih berlatih untuk membaca tarot, akan lebih baik jika kamu meminta seorang ahli kartu tarot untuk membaca kartu-kartu tersebut untukmu. Seorang pembaca tarot profesional bisa memberikan perspektif yang lebih luas—plus, kamu bisa melihat bagaimana mereka melakukannya dan mungkin meminta beberapa tips.



    Hal tersulit dari membaca tarot adalah belajar bagaimana membuat sebuah rangkuman interpretasi yang lengkap dari kartu-kartu yang kamu ambil. Kamu tak bisa sekadar membuat kesimpulan dari kumpulan kartu tersebut, sedangkan mempelajari seluruh kartunya membutuhkan waktu dan latihan. Selain itu, dibutuhkan juga kekuatan magis yang unik yang KAMU gunakan dalam prosesnya, karena masing-masing peramal pasti memiliki interpretasi yang berbeda-beda. Kamu bisa duduk dan menatap kartu-kartu tersebut selama yang kamu mau, membuat catatan, dan mencari banyak referensi di internet—namun di satu titik, kamu harus mampu mengombinasikan artinya menjadi jawaban yang jelas atas pertanyaanmu atau menceritakan arti dari kartu-kartu tersebut pada orang yang meminta bantuanmu. Inilah mengapa membaca tarot membutuhkan banyak latihan dan ketekunan.



    Pertanyaan seperti apa yang bisa kamu ajukan pada pembaca tarot?

    Ada banyak orang yang menggunakan jasa pembaca tarot dan sebenarnya TIDAK membutuhkan apa-apa, seakan-akan mereka hanya menguji kemampuan sang pembaca tarot untuk melihat apakah mereka bisa menebak jawaban yang kamu berikan atas pertanyaan mereka. Begini, bisakah kamu pergi ke sebuah rumah sakit dan bertemu dengan seorang dokter, atau pergi ke seorang ahli psikologi dan meminta mereka untuk memberikan jalan keluar tanpa memberikan mereka informasi apapun mengenai rasa sakit yang kamu alami atau masalah hidupmu? Simpelnya, jangan membuang waktu untuk hal yang tidak perlu, dan mungkin saja kamu tidak mendapatkan jawaban yang kamu inginkan karena kamu tidak menceritakan secara jelas apa permasalahan hidupmu dan jawaban seperti apa yang kamu butuhkan. Tak seluruh pembaca tarot terlahir dengan kemampuan psikis atau memiliki kemampuan meramal yang bisa menebak keinginan hatimu dengan sekejap. Berikan pembaca kartumu sebuah ringkasan singkat mengenai masalahmu, situasi seperti apa yang sedang kamu hadapi, dan apa yang ingin kamu ketahui sehingga mereka bisa lebih mudah membaca kartu-kartu tersebut nantinya. Perlakukan pembaca tarotmu sebagai seorang profesional—katakan pada mereka apa yang kamu butuhkan dan apa ekspektasimu. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan jawaban yang lebih spesifik—dan uangmu tidak terbuang percuma!


    Bagaimana menciptakan pertanyaan yang tepat ketika ingin meramal tarot?

    Entah kamu sedang berkonsultasi pada seorang pembaca tarot profesional atau membaca sendiri kartu-kartumu, ambil waktu sejenak untuk berpikir, tepatnya, apa yang kamu ingin ketahui. Lalu ikuti langkah-langkah berikut ini:

    Bagi pertanyaanmu menjadi beberapa pertanyaan kecil

    Secara umum, sebuah pertanyaan yang in-depth membutuhkan setidaknya tiga kartu. Jika kamu membaca kartumu sendiri, bagi pertanyaan utamamu menjadi tiga (atau lebih) pertanyaan kecil yang, jika digabungkan, akan memberikan jawaban yang lebih jelas. Jangan lupa untuk meletakkan kartu berdasarkan urutan kronologis atau logis. Dengan begitu, kartu-kartu tersebut akan membentuk sebuah jalur yang bisa kamu "telusuri". Jika kamu meminta bantuan seorang pembaca tarot, berikan saran untuk menggunakan proses ini sehingga kamu bisa mendapat jawaban yang lebih spesifik atas permasalahan yang ingin kamu ketahui.

    Pikirkan mengenai masa depan dan masa lalumu

    Sebaran kartu tarot yang paling umum adalah kombinasi masa lalu-masa kini-masa depan. Sebaran kartu tarot lainnya biasanya merupakan variasi dari format umum ini, dengan tambahan kartu yang memberikan penjelasan lebih dalam mengenai situasi yang kamu hadapi. Jika kamu ingin menggunakan teknik ramalan ini, pikirkan apa yang kamu lakukan di masa lalu yang membuatmu berada di situasimu saat ini, apa yang harus kamu lakukan saat ini, dan langkah apa yang perlu kamu siapkan ke depannya. Jangan lupa, pikirkan juga pertanyaan berikutnya yang perlu kamu ajukan begitu kamu sudah mengetahui jawaban dari pertanyaan utamamu.

    Buat pertanyaanmu menjadi lebih spesifik

    Semakin spesifik pertanyaanmu, semakin mudah mencari jawabannya. Mengapa demikian? Kartu tarot seringkali memiliki banyak arti, beberapa di antaranya memiliki makna yang abstrak, sehingga mungkin akan sulit diinterpretasikan terhadap pertanyaanmu. Jika kamu memiliki pertanyaan yang berlapis, hal ini dapat membuatmu bingung. Semisal, jangan bertanya, "Seperti apa perasaan si dia terhadap saya dan apakah si dia akan membalas perasaan saya?" Bagi pertanyaan tersebut menjadi dua pertanyaan individu, dan ambil satu kartu untuk masing-masing pertanyaan: "Apa perasaan si dia yang sebenarnya pada saya?" dan "Apakah perasaan si dia akan berbalas dengan perasaan saya?"

    Kamu boleh bertanya kapan suatu hal akan terjadi

    Jangan malu untuk bertanya mengenai "kapan" sesuatu akan terjadi! Kartu-kartu tarot memiliki makna masing-masing terhadap suatu periode waktu, jadi tak masalah untuk mengajukan pertanyaan seperti, "Kapan si dia akan kembali membalas pesan saya?" Pembaca tarotmu dapat memberikan detail yang leih jelas, namun secara kasar, kamu bisa mengetahuinya dari kartu yang kamu dapatkan. Kartu wand menunjukkan musim sepi atau hitungan hari, kartu sword menunjukkan hitungan minggu atau musim gugur; cups mengindikasikan hitungan bulan atau musim panas, dan pentacles mengindikasikan hitungan tahun atau musim dingin.

    Tak masalah jika kamu TIDAK mengajukan pertanyaan

    Jika ada pertanyaan spesifik yang perlu kamu tanyakan, bertanyalah! Namun terkadang, kamu tidak tahu apa yang sedang kamu cari dan kamu hanya ingin tahu apa yang dikatakan kartu-kartu tersebut terhadap situasi hidupmu saat ini. Jika kamu ingin melakukannya, ceritakan sedikit pada orang yang membaca kartumu mengenai siapa kamu (mulai dari hubungan asmaramu, pekerjaanmu, situasi di rumah), apa yang kamu lakukan dan masalah apa saja yang sedang kamu hadapi, kemudian jelaskan bahwa kamu butuh inspirasi atau informasi mengenai keadaan hidupmu saat ini.


    Contoh pertanyaan untuk ramalan tarotmu

    Setelah berpisah dengan pasangan:

    Kalau baru-baru ini kamu berpisah dengan seseorang dan ingin mengetahui mengapa—atau mencari tahu apakah kalian bisa kembali bersama—ambil satu kartu untuk masing-masing pertanyaan berikut:

    1) Apa akar permasalahan dari perpisahan kami?

    2) Apa perasaan si dia yang sebenarnya pada saya sekarang?

    3) Apa yang ingin ia lakukan pada hubungan kami sekarang?

    4) Seperti apa masa depan dari hubungan ini?

    5) Apa langkah terbaik yang bisa saya lakukan sekarang?




    Ketika mencari pekerjaan:

    Kalau kamu merasa kurang yakin mengenai pilihan kariermu atau berpikir untuk mencari pekerjaan baru, kamu bisa melakukan spread dan lihat konseling yang diberikan tarot padamu. Ingat, satu kartu untuk satu pertanyaan:

    1) Seperti apa energi karier saya sekarang?

    2) Apa tantangan yang harus saya hadapi saat ini?

    3) Seperti apa panggilan karier saya?

    4) Siapa yang bisa membantu saya?

    5) Apa langkah terbaik yang bisa saya ambil ke depannya?


    Saat membuat keputusan antara dua pilihan:

    Kalau kamu sedang menggunakan tarot untuk memilih antara dua opsi (dua tawaran pekerjaan, dua kisah asmara, dua pilihan hidup atau lainnya), ramalan ini bisa menunjukkan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing pilihan dan membantumu membuat pilihan yang paling baik. 

    1) Apa yang membuat saya harus memilih?

    2) Seperti apa masa depan jika saya memilih opsi A?

    3) Seperti apa hasilnya jika saya memilih opsi B?

    4) Apa hal lain yang harus saya pertimbangkan yang mungkin terlupakan?

    5) Apa langkah berikutnya yang bisa saya lakukan saat ini?


    Selamat meramal!


    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Alvin Yoga / FT / Image: Dok. Cosmopolitan US)