Better You

7 Cara Mencegah Rasa Haus saat Puasa

  by: Giovani Untari       16/4/2021
  • Rasa haus dan lapar sebenarnya menjadi hal yang wajar kita rasakan saat sedang menjalani ibadah puasa. Sebab selama hampir 13 jam lebih lamanya tubuh tidak mendapat asupan makan dan minum.

    Meski tidak bisa dihilangkan sepenuhnya, tetapi sebenarnya kita tetap dapat mencegah datangnya rasa haus saat tengah menjalankan aktivitas di bulan puasa.

    Penasaran seperti apa caranya? Yuk simak 7 cara mencegah rasa haus saat puasa berikut ini:




    1. Atur pola minum air putih saat buka dan sahur

    Cara terbaik untuk mengembalikan kondisi tubuh yang mengalami dehidrasi saat puasa adalah mengatur pola minum air putih saat buka dan sahur. Kamu bisa minum 6 gelas dalam jangka waktu berbuka hingga menjelang tidur malam, lalu dilanjutkan lagi dengan minum 2 gelas ketika sahur. Hindari minum air putih langsung dalam jumlah yang banyak karena itu bisa menyebabkan perut kembung dan overhidrasi.

    Cosmo tips: kamu juga bisa menyiapkan 1 botol minum berisi air putih di sekitarmu, jadi saat kamu merasa haus di malam hari kamu bisa meminumnya.



    2. Hindari mengonsumsi kafein di waktu sahur

    Okay dear... kamu pasti bertanya ke Cosmo: "Jadi kapan dong saya bisa minum segelas latte kesukaan saya kalau bukan sahur?" FYI, kafein yang terdapat dalam teh dan kopi memiliki sifat diuretik alami yang bisa menarik kadar cairan dalam tubuh. Akhirnya, kamu pun bisa lebih cepat merasa haus! Jadi hindari mengonsumsi kafein saat sedang sahur ya.



    3. Konsumsi sayur dan buah yang mengandung kadar air tinggi 

    Sayur dan buah tidak hanya kaya nutrisi yang baik bagi tubuh. Beberapa di antaranya juga mengandung kadar air yang bermanfaat mencegah rasa haus saat puasa. Kamu bisa memilih sayur dan buah yang tinggi kandungan air seperti: semangka, jeruk, timun, blewah, tomat, iceberg lettuce, dan bayam.


    4. Jangan makan sesuatu yang pedas saat sahur!

    Makanan pedas memang menggoda selera, tetapi ini bisa berdampak buruk bagi kondisi tubuh saat puasa. Umumnya makanan pedas mengandung banyak sodium yang memicu rasa haus. Ouuuch!






    5. Hindari juga makanan yang terlalu asin 

    Seperti poin ke-4, makanan yang terlalu asin bisa menjadi penyebab rasa haus saat puasa. Kandungan garam yang berlebihan di makanan bisa menarik cairan di tubuh dan itu membuat kita lebih cepat haus. Untuk sahur sebaiknya pilih menu makanan yang sehat dan rendah kandungan sodium.


    6. Minimalisir aktivitas fisik yang terlalu berlebihan

    Meski berpuasa kamu tetap bisa kok menjalankan segala aktivitas fisik, dear! Hanya saja  kamu ada baiknya meminimalisir aktivitas fisik yang berlebihan seperti olahraga yang ekstrem atau dalam jangka waktu yang terlalu lama. Apalagi jika aktivitas tersebut dilakukan di saat panas dan terkena sinar matahari. Hal ini bisa membuat tubuh berkeringat dan kehilangan lebih banyak cairan yang berefek pada rasa haus. Jika ingin berolahraga, pilihlah waktu sore hari dan menjelang berbuka puasa.


    7. Rutin mandi dan mencuci muka

    Mandi serta mencuci muka memiliki efek mendinginkan tubuh dengan cepat dan membantu mengurangi rasa haus saat berpuasa. Kamu bisa memilih mandi dam mencuci muka dengan air dingin agar merasa selalu fresh kembali, babes! Jika tidak bisa melakukan keduanya karena jadwal pekerjaan, gunakan face mist untuk membantu menghidrasi wajah. Gunakan pakaian yang tipis dan bahan menyerap keringat sehingga kamu terhindar dari rasa panas yang membuat tubuh lebih haus.



    (Giovani Untari / Images: Dok. Candice Picard on Unsplash, Olivia Anne Snyder on Unsplash, Dane Wetton on Unsplash, Tenor.com)