Lifestyle

Film Dokumenter Amy Winehouse Jadi Peringatan 10 Tahun Kepergiannya

  by: Givania Diwiya Citta       18/4/2021
  • Sebuah film dokumenter terbaru yang mengangkat tentang hidup Amy Winehouse akan dirilis untuk memperingati 10 tahun kepergiannya. Penyanyi legendaris ini meninggal secara tragis pada 23 Juli 2011 di Camden, dengan catatan resmi bahwa ia meninggal dunia akibat keracunan alkohol.


    Meskipun ada banyak film yang dibuat untuk mengenang sosok Amy, apalagi dokumenter dari tahun 2015 berjudul Amy, namun dokumenter terbaru garapan BBC ini akan berfokus pada ibu Amy, yaitu Janis, yang ingin agar penonton bisa benar-benar mengenal Amy yang sesungguhnya.




    Amy Winehouse: 10 Years On didaulat akan membagikan lebih banyak kisah tentang masa kecil serta kehidupan personal Amy, dan akan menampilkan arsip yang belum pernah dipertontonkan sebelumnya. Film ini juga akan menjadi salah satu bagian dari rangkaian acara di BBC Two dan radio, yang membahas mengenai pengaruh besar Amy terhadap dunia musik.




    “Saya tak merasa bahwa dunia sudah mengenal Amy yang sesungguhnya, seseorang yang saya lahirkan, dan saya sangat menanti kesempatan untuk menawarkan pemahaman terhadap akar Amy dan wawasan yang lebih mendalam tentang Amy yang sesungguhnya,” ujar Janis terhadap proyek ini, yang nantinya akan banyak berfokus dari kacamata seorang perempuan.


    Meski berat bagi Janis, namun ia pun mengungkap pada BBC bahwa proyek ini menjadi salah satu motivasinya untuk memberi tribut pada Amy, terutama karena Janis menderita Multiple Sclerosis (MS) yang bisa mengakibatkan hilang ingatan.


    Janis yang juga telah merilis buku Loving Amy: A Mother’s Story pada tahun 2014, membuka dirinya yang mengidap hilang kecekatan terutama dalam mengenang suatu memori, dan ketakutannya jika suatu hari ia tak mampu lagi mengingat akan putrinya. “Saya khawatir jika suatu hari Amy berhenti hidup dalam kepala serta hati saya,” ujarnya. “Saya tak ingin hari itu muncul.”





    Commissioning Editors Max Gogarty dan Rachel Davies pun angkat suara tentang dokumenter terbaru ini. Keduanya bilang bahwa ini akan menjadi kesempatan untuk merayakan kegeniusan sang seniman legendaris tersebut – sesuatu yang kerap tak tersorot oleh cerita-cerita di tabloid mengenai kehidupan personalnya.


    Amy Winehouse: 10 Years On berjanji akan menjadi perayaan serta potret intim bagi salah satu talenta paling bersinar dalam musik yang pernah dimiliki UK,” ujar keduanya pada statement dari BBC. “Selain menjadi perayaan terhadap sang genius musik serta menampilkan pentas yang jarang dan tak pernah diumumkan sebelumnya, film ini juga menawarkan interpretasi ulang terhadap narasi tentang momen kebangkitan serta kejatuhan sosoknya, yang langsung diungkapkan oleh seseorang yang amat dekat dengannya.”


    Mari kita tunggu bersama-sama untuk tanggal rilis Amy Winehouse: 10 Years On.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan.com/uk / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Givania Diwiya / Image: Dok. Instagram.com/amywinehouse / Jennifer Savin)