Beauty

Sudahkah Kamu Bersihkan Alat Rias? Inilah Alasan & Caranya!

  by: Astriana Gemiati       19/4/2021
  • Dalam hal riasan, semua perhatian kita terfokus pada aplikasi —“Bagaimana cara membuat winged eyeliner?”, “Apakah saya memilih warna concealer yang lebih terang dari warna kulit?”, “Di mana saya mengaplikasikan bronzer?”. Lebih sering daripada tidak, bahkan cleansing hampir tidak dibicarakan.


    via GIPHY




    Mengingat kita menggunakan berbagai produk kecantikan pada kulit —hari demi hari— kebersihan harus menjadi yang paling penting. Lagi pula, Cosmo tidak ingin berurusan dengan kuas, blender, dan bakteri! Jika kamu ingin semua waktu yang kamu habiskan untuk mempercantik hasilnya, perhatikan beberapa alasan ini mengapa kamu harus membersihkan alat riasan kamu secara teratur. 



    Oh No, Jerawat!

    Kuas makeup yang kamu gunakan untuk merias wajah juga sering kali menghilangkan debu, bakteri, minyak dan sel kulit mati. Dengan demikian, saat kamu menggunakan kuas yang sama saat merias wajah, ketahuilah bahwa kamu sedang mengundang banyak kuman dan racun ke kulit. Selain itu, sisa riasan pada alat kamu dapat menyebabkan munculnya jerawat dan iritasi kulit.


    Kualitas Rias Yang Berkurang

    Menghindari pembersihan alat riasan juga dapat memengaruhi kualitas aplikasi dan pencampuran riasan. Kamu secara bertahap akan melihat bahwa alat menjadi tidak efektif dalam membantu kamu mencapai tampilan yang diinginkan. Alternatifnya, alat riasan yang bersih akan membantu pengaplikasian yang mulus dan tanpa cela.


    Keras Untuk Kulit Sensitif

    Kuas riasan jika digunakan berkali-kali bisa menjadi kasar. Oleh karena itu, bulu kasarnya akan menyapu kulit kamu dan menyebabkan kulit terlihat kemerahan, iritasi, dan peradangan. Dengan membersihkan kuas secara teratur dan efektif, kamu akan memastikan bulu sikat lembut di kulit kamu.


    Tempat berkembang biaknya infeksi

    Tahukah kamu bahwa kuas yang kotor dapat menyebabkan infeksi virus? Jika kuas makeup kamu gunakan berulang kali atau telah berbagi dengan orang lain, kuman akan terus berpindah (oh, no!). Salah satu penyebab tempak berkembang biaknya bakteri, ya, adalah berbagi produk kecantikan! Ini hanya karena kamu tidak pernah bisa yakin tentang seberapa baik orang lain membersihkan kuas bibir atau spons rias mereka. Oleh karena itu, tetap gunakan alat sanitasi kamu sendiri.


    Ini cara bersihkan kuas makeup agar terlihat seperti baru, Klik, di sini!


    Lindungi produk kecantikan kamu dari bakteri

    Jika kamu gagal membersihkan alat makeup, kamu tidak hanya mengekspos kulit dari kuman, namun juga produk riasan kamu yang berharga. Lingkungan ruang penyimpanan riasan yang gelap dan lembap, serta tekstur produk dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Ini akhirnya menjadi tidak sehat untuk kulit kamu, serta produk yang sekarang dapat rusak dengan lebih mudah.




    Sekarang setelah kamu mempelajari ‘mengapa’ dibalik membersihkan alat rias kamu, dan bertanya-tanya ‘bagaimana’ melanjutkannya? Pakar kecantikan di purplle.com mendukung kamu.

    1. Untuk membersihkan kuas riasan, basahi bulu kuas dengan air hangat. Namun, pastikan air yang kamu gunakan tidak terlalu panas. Tambahkan sampo lembut ke dalam mug yang diisi dengan air hangat dan putar sikatnya sambil memijat ujung bulu untuk menghilangkan kotoran. Peras kelebihan air dengan bantuan handuk bersih. Biarkan kuas mengering sendiri —dengan posisi menggantung— untuk menjaga bentukanya agar tetap utuh. Coba ikuti proses pembersihan ini setidaknya sekali setiap minggu.


    2. Sebagai alternatif, untuk membersihkan kuas riasan secara menyeluruh, kamu dapat membeli silicone brush cleaner yang tersedia di sebagian besar toko kosmetik. Pembersih akan memijat bulu sikat kamu dengan benar tanpa meninggalkan bakteri di permukaannya.


    3. Kamu juga bisa mencoba alat pembersih kuas wajah berjenis spray. Ini adalah semprotan anti-bakteri yang membunuh kuman pada permukaan —pada produk berbasis bubuk dan krim— serta mengurangi pertumbuhan bakteri pada produk dan peralatan kamu. Dapat digunakan pada kuas makeup, tweezers, beauty blenders, dll.


    4. Pastikan untuk membersihkan beauty blenders kamu setidaknya seminggu sekali. Spons riasan sering kali menumpuk sel kulit, hingga menyebabkan pertumbuhan bakteri yang berlebihan. Karena blender dan spons terutama digunakan untuk mengaplikasikan produk riasan berbahan dasar krim dan cair ke kulit kamu —termasuk foundation, concealer, dan highlighter— penting untuk membersihkan alat dengan cara yang tepat. Mulailah dengan membasahi blender. Lalu, tuangkan sedikit pembersih ke dalam blender. Pijat pembersih dengan baik ke dalam blender untuk menghilangkan sisa riasan. Bilas dan peras kelebihan airnya dan ulangi jika perlu. Biarkan blender di atas handuk hingga kering, lalu simpan di tempat yang sejuk dan kering.


    Last but not least, kamu juga harus tahu kapan waktu yang tepat untuk membuang kuas makeup kamu —saat bulu sikat mulai rontok atau kehilangan bentuk aslinya! Selengkapnya, di sini.



    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.in / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: [email protected], GIPHY.com )