Fashion

5 Cara Merapikan dan 'Membersihkan' Isi Lemari Pakaian

  by: Kissy Aprilia       19/4/2021
  • Ada kalanya Cosmo membuka lemari pakaian dan berpikir, “ugh, I have nothing to wear!”, walau sebenarnya: sedang berdiri di depan lemari yang penuh dengan pakaian. Kalau kamu juga mengalami hal yang sama, you’re not alone. Tanpa kamu sadari, hal ini menandakan bahwa koleksi pakaianmu sebenarnya sudah tidak lagi menarik, dan ini adalah saatnya untuk mengatur kembali isi lemari pakaianmu. Yuk, mulai dari sini:


    Tanyakan kepada dirimu,



    Apakah masih cukup dikenakan?

    Cara termudah untuk menyingkirkan pakaian yang lama tersimpan di dalam lemari adalah dengan bertanya, ‘apakah masih cukup dikenakan?’ Kalau jawabanmu adalah, “sudah tidak. Tapi pakaian ini jadi goals saya untuk bisa kembali ke bentuk tubuh semula”, segera singkirkan pakaian tersebut. Ini saatnya untuk maju dan bertransformasi menjadi dirimu yang baru, dengan gaya berpakaian yang juga baru a.k.a lebih keren! 



    Coba periksa dengan detail,

    Adakah noda yang tidak bisa hilang?

    Oke, kamu pasti memiliki satu pakaian favorit yang sangat nyaman dikenakan, tapi sayangnya sudah bernoda atau luntur. Daripada tetap menyimpannya dengan alasan, “noda ini bisa saya tutupi dengan outer yang cute”, tetapi tidak pernah kamu lakukan… Cosmo sarankan untuk menyingkirkan pakaian tersebut. 


    Jika tetap disimpan,

    Akankah saya mengenakan lebih dari satu kali?

    Masih ingat dengan gaun sequin yang kamu beli sebelum pandemi untuk menghadiri pesta cocktail, dan sekarang hanya tergantung rapi di dalam lemari pakaian? Kalau iya, coba kamu lihat kembali gaun itu dan tanyakan “apakah saya akan mengenakannya kembali lebih dari satu kali?” Pertanyaan ini juga dapat menjadi pengingat agar kamu lebih bijak saat berbelanja pakaian. Meski membeli pakaian untuk acara spesifik terasa menyenangkan, tapi kamu juga mengeluarkan banyak uang untuk pakaian yang hanya kamu kenakan sekali saja. 




    Meskipun masih terlihat layak pakai dan cukup dikenakan,

    Apakah pakaian ini masih on-trend?

    Bukan hanya kamu, kok! Cosmo juga senang berbelanja pakaian yang lagi tren. Tapi apakah kamu masih menyimpan kemeja bermotif technicolor yang sempat menjadi tren di musim panas 2018 lalu? Then let it go. Tentu saja, kamu harus mengenakan pakaian yang membuatmu merasa nyaman dan percaya diri dibandingkan hanya mengikuti tren. Kamu bahkan bisa mengambil sedikit keuntungan dengan membuka garage sale.


    Terakhir…

    Apakah pakaian ini versatile?

    Jika kamu memiliki misi untuk menciptakan sebuah ‘capsule wardrobe’, dibandingkan lemari yang penuh dengan pakaian, ini adalah pertanyaan yang sangat esensial. Pastikan semua pakaian yang kamu simpan bisa dikenakan untuk berbagai macam gaya dan acara. ‘Bisakah say amengenakan rok ini untuk kerja atau hangout?’ Jika tidak, kamu perlu berpikir kembali untuk menyimpannya di dalam lemari.


    (Kissy Aprilia, image: Unsplash)