Beauty

Manfaat dan Cara Pemakaian Centella Asiatica Unuk Perawatan Kulit

  by: Fariza Rahmadinna       21/4/2021
  • Apakah kamu pernah mendengar tentang kandungan cica dalam produk perawatan kulit? Yup, cica alias centella asiatica adalah salah satu kandungan skincare yang sedang booming di industri kecantikan, terutama di kalangan Korean beauty. Dan seiring dengan perekembangan tren, kandungan ini mulai banyak diformulasikan oleh sejumlah produk skincare, termasuk produk lokal. Apa saja manfaatnya?


    Sebelum melanjutkan ke pembahasan mengenai manfaat centella asiatica, Cosmo akan menjelaskan sedikit mengenai asal usul kandungan ini. Selama berabad lamanya, centella asiatica sudah menjadi salah satu bahan utama dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Lalu, penelitian modern berhasil menganalisa manfaat centella asiatica untuk kecantikan kulit, khususnya untuk mengatasi masalah jerawat.




    Menurut dr. Joshua Zeichner—direktur penelitian kosmetik dan klinis di Departemen Dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai di New York City—cica terbukti dapat membantu menenangkan peradangan berkat kandungan antioksidannya yang kuat dan juga mempercepat proses penyembuhan luka. Hasil pengobatan tradisional Tiongkok yang menggunakan cica itupun membuktikan hal serupa, bahkan semakin banyak permintaan pasien akan perawatan kulit dengan menggunakan bahan kandungan ini.



    Nah, untuk lebih jelasnya, Cosmo akan menjabarkan semua yang perlu kamu tahu tentang cica. Read on, girls!


    So, apa itu centella asiatica (cica)?


    Sebagai permulaan, cica adalah kependekan untuk nama ilmiah centella asiatica, yakni sejenis tanaman herbal dari keluarga Apiaceae. Para ahli kimia kosmetik mencatat bahwa bahan ini juga disebut sebagai pegagan, Indian Pennywort, dan rumput harimau. Menariknya, sudah hampir 3000 tahun cica dikenal ampuh dalam membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Dalam studi tahun 2013, peneliti menemukan bahwa ekstrak centella asiatica dapat meredakan luka bakar ringan, membantu menyembuhkan bekas luka, dan bahkan menenangkan psoriasis.


    Manfaat centella asiatica untuk kulit


    Centella asiatica diperkaya dengan asam amino, beta-karoten, asam lemak, fitokimia, dan vitamin C, A, B1, dan B2, serta memiliki sifat antioksidan, antibakteri, dan anti-inflamasi. Kandungan skincare ini dapat membantu merangsang pembentukan kolagen, yakni protein pembangun jaringan di seluruh tubuh yang menjaga kulit tetap elastis.


    Menurut dokter kulit, Ellen Marmur, centella asiatica dipercaya dapat membantu menenangkan dan memperbaiki kulit yang teriritasi, termasuk mengobati jerawat dan menenangkan kulit sensitif. Sebuah studi tabung reaksi (in vitro) tahun 2018 menyimpulkan bahwa centella asiatica mampu meningkatkan hidrasi dan mengurangi peradangan terkait jerawat pada sel kulit manusia.


    Lebih lanjut, centella asiatica dapat berfungsi sebagai anti-penuaan yang membantu mengurangi tampilan penuaan seperti keriput dan age spots, berkat antioksidan kuat di dalamnya.


    Ingredients ini juga dapat membantu mencerahkan kulit, meningkatkan hidrasi kulit, membantu perbaikan sel, meningkatkan sirkulasi dan aliran darah ke kulit. Jadi, jika kamu ingin mengencangkan, memperbaiki, mencerahkan, menghidrasi dan menenangkan kulit, atau bahkan menghilangkan masalah jerawat, kandungan skincare ini bisa menjadi pertimbangan.


    Jenis kulit apa yang terbaik untuk centella asiatica? Dan adakah efek samping yang ditimbulkan?


    Pada dasarnya, centella asiatica kemungkinan besar dapat digunakan oleh semua jenis kulit, tidak terkecuali untuk pemilik kulit sensitif. Berkat kandungan-kandungan yang disebutkan sebelumnya, produk perawatan kulit centella asiatica dapat membantu menenangkan kulit setelah melakukan perawatan kulit tertentu, seperti chemical peel, perawatan IPL, atau setelah penggunaan produk skincare retinol.


    Jika kamu menggunakan produk dengan kandungan cica dalam bentuk krim, kamu bisa mengaplikasikannya sebagai step terakhir, karena biasanya cica cream memiliki tekstur tebal sehingga dapat menghalangi penyerapan produk skincare yang lebih cair. Jika kamu menggunakan produk dengan kandungan cica dalam bentuk serum, kamu bisa mengaplikasikannya sebelum pelembap, lalu dilanjutkan dengan penggunaan sunscreen setelahnya pada pagi hari.




    Meskipun tergolong tanaman herbal, namun centella asiatica juga memiliki risiko efek samping, terutama bagi mereka yang tidak cocok dengan kandungan skincare ini. Efek samping yang dapat ditimbulkan bisa berupa iritasi dan rasa perih pada kulit.


    Oleh karena itu, Cosmo menyarankan untuk selalu melakukan patch test sebelum menggunakan produk skincare cica ke seluruh wajah. Jika kamu tertarik untuk merasakan manfaat dari centella asiatica, pilihlah produk skincare dengan kandungan cica sebesar 2.5% dan 5%. Apabila timbul reaksi alergi setelah menggunakan produk skincare cica, segera hentikan pemakaian dan konsultasikan lebih lanjut dengan dokter kulit.


    (Fariza Rahmadinna/VA/Images: Doc. Andrea Piacquadio/Pexels)