Lifestyle

Mandarin Oriental Jakarta Tawarkan Staycation & Mencoba Scuba Diving

  by: Astriana Gemiati       22/4/2021
  • Bagi kamu yang gemar traveling ke daerah pantai dan sedang rindu akan diving atau menyelam, ada opsi paket menarik yang ditawarkan oleh salah satu hotel bintang lima di Jakarta. Ya, Mandarin Oriental Jakarta tawarkan paket staycation terbaru yang bertajuk ‘Dive into the Weekend’. Tawaran ini tak hanya berlaku bagi kamu yang sudah ahli menyelam, namun bagi kamu yang juga ingin menikmati keseruan belajar scuba dive atau ingin mengasah keahlian.


    Menggandeng Livingseas Explorers Indonesia sebagai mitra dengan tim profesional dan bersertifikat, kamu bisa menikmati pengalaman menyelam yang serupa dengan scuba diving. Dan tak perlu khawatir mengenai perlengkapan menyelam, kamu cukup datang karena seluruh perlengkapan plus instruktur profesional telah disiapkan.




    Sambil menikmati pengalaman menginap di akhir pekan, Mandarin Oriental Jakarta menyiapkan beberapa opsi paket ‘Dive into the Weekend’ dengan tiga level berbeda yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Berikut lengkapnya:


    Try Scuba

    Paket ini ditujukan bagi pemula yang ingin belajar dan mengeksplorasi kegiatan bawah air dengan keamanan khusus dari hotel. Kamu cukup melakukan reservasi Deluxe Room yang dibanderol dengan harga Rp2.550.000++/malam, atau Urban Suite dengan harga Rp2.800.000++/ malam dengan minimal menginap selama dua malam saat akhir pekan untuk dapat menikmati satu sesi Try Scuba (min. usia 8 tahun).


    Elevate Scuba

    Jika kamu rindu menyelam dan ingin mengasah keterampilan scuba diving, paket ini bisa jadi pilihan. Elevate Scuba sendiri mencakup opsi Open Water, Advance Open Water, atau Rescue Pool Sessions untuk satu orang. Kamu cukup memilih kategori kamar Deluxe Room dengan harga Rp4.150.000++/malam, atau Urban Suite dengan harga Rp4.400.000++/malam dengan minimal menginap selama dua malam saat akhir pekan. Ingin menambah peserta untuk sesi ini? Kamu cukup menambah biaya sebesar Rp7.000.000/orang.


    Premium Diving Weekend

    Paket ini wajib coba! Selain dapat menginap di Mandarin Oriental Jakarta, kamu dan sahabat akan diantar bepergian (maksimal lima orang) untuk perjalanan pribadi yang aman ke Kepulauan Seribu. Paket ini juga termasuk perjalanan dengan kapal pribadi, sarapan, dan check out terlambat gratis hingga pukul 19.00. Kamu cukup menginap selama dua malam saat akhir pekan dan memilih kamar Deluxe Room dengan harga Rp8.130.000++/malam, atau Urban Suite dengan harga Rp8.385.000++/malam.



    Cosmo Tried and Tested:

    Beberapa minggu lalu, Cosmo sempat mencoba pengalaman belajar diving di Hotel Mandarin Oriental Jakarta bersama Livingseas Explorers Indonesia. Untuk belajar diving, kamu hanya perlu membawa swimsuit, baju ganti, dan tentu saja sunblock. Karena saya belum pernah mencoba diving secara profesional, maka saya mencoba paket Try Scuba.


    Sebelum mulai menyelam, dive guide membekali Cosmo dengan berbagai tips dan trik mengenai cara menyelam, termasuk menggunakan alat diving, serta teknik pernapasan yang benar dan aman. Setelah sesi briefing selesai, saya pun mulai menyelam berbekal peralatan dasar selam yakni masker khusus menyelam, fins, dan tabung scuba. Untuk menyelam ke bawah air, ternyata saya perlu menekan tombol khusus untuk memberatkan tubuh agar saya bisa turun secara perlahan. Setelah merasa aman, saya pun mulai mengatur napas dengan menggunakan mulut—awalnya memang terasa kurang nyaman, namun setelah saya mengatur ritme napas dengan benar (sedikit tips, jangan panik!), lama kelamaan saya pun mulai terbiasa. Oh ya, sebelum menyelam ke bawah air pun, instruktur akan mengajari cara berkomunikasi dengan menggunakan tangan sebagai kode. Setelah semua aman terkendali, saya pun melanjutkan eksplorasi di bawah air. So much fun! Rasanya tak sabar untuk melanjutkan diving ke level berikutnya.




    Diving Tips:

    1. Jangan pernah melakukan diving sendirian



    Sedikitnya menyelamlah berdua. Hal ini dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, semisal kamu mengalami kram kaki sehingga memerlukan bantuan seseorang.


    2. Mengetahui kode komunikasi di bawah laut

    Sangat penting mengetahui kode melalui tangan untuk mengetahui kondisi pada saat menyelam.


    3. Memperhatikan instruksi

    Contohnya, jika instruktur memutuskan untuk kembali ke permukaan air, maka sebaiknya seisi grup melakukan hal yang sama.


    4. Jangan panik

    Panik tidak akan menguntungkanmu ketika menyelam. Berusahalah untuk bernapas dengan teratur dan tenang.


    5. Tidak bisa berenang? Tetap bisa diving, kok!

    Tentu saja selama kamu tidak memiliki fobia, kamu bisa mencoba menyelam ke bawah air bersama bantuan seorang instruktur. Siap mencoba?



    ( Astriana Gemiati/VA / Image: Dok. Mandarin Oriental, Jakarta / Layout: Rhani Sakurani )