Celebrity

Yuk Kenalan sama Devano Danendra, Penyanyi Muda yang Penuh Talenta!

  by: Giovani Untari       22/4/2021
  • Setelah sempat rehat dari dunia hiburan, di tahun 2021 ini Devano Danendra memutuskan untuk menyalakan kembali spotlight miliknya (sebagai penyanyi gen Z paling dinanti) di industri hiburan Tanah Air. So, what's new from him


    Hai Devano, selamat atas perilisan single Rembulan. Ini merupakan lagu comeback kamu setelah satu tahun dari single sebelumnya. Apakah sempat merasa deg-degan saat merillis lagu ini?

    Hai Cosmo! Saya jelas deg-degan, karena sebenarnya ada momen di mana saya sempat berpikir untuk berhenti dari dunia musik, jadi tidak hanya sekadar istirahat saja. Saya merasa pada saat itu masih belum bisa berkomitmen dengan segala risiko yang ada di dunia entertainment. Jadi saya banyak merasa down-nya, memikirkan terlalu banyak konsekuensi yang ada, dan sempat merasa takut tidak bisa sukses di sini. Tapi pada akhirnya saya melihat antusiasme yang besar dari para teman dan tentu saja penggemar, hal ini jelas membuat saya bersemangat untuk bangkit lagi dan menunjukkannya di lagu ini. Yang pasti senang sekaligus dan deg-degan dengan lagu Rembulan ini.




    Apa ekspektasi kamu terhadap lagu ini?

    Ekspektasi saya tidak berlebihan sebenarnya, yang penting saya dan tim senang dengan lagunya. Saya harap tim label dan para pendengar juga bisa menyukai lagu ini. Naik atau tidaknya, saya anggap itu adalah sebuah bonus tersendiri.



    Nama Devano langsung melejit berkat lagu Menyimpan Rasa. Dan saat itu Anda masih berada di usia 15 tahun! Seperti apa rasanya menerima popularitas yang besar di usia yang masih terbilang muda?

    Sebenarnya ini merupakan hal yang tidak pernah saya duga sama sekali. Dan jujur hal tersebut juga sempat membuat saat di pertengahan karier saya menyadari bahwa ternyata saya belum sekomitmen itu untuk menjalani segala risiko yang ada di dunia entertainment. Saya sempat merasa anxiety dan menjadi lebih mudah takut! Apalagi berita-berita yang ada setelahnya sempat membuat saya down dan ingin berhenti. Tapi semakin dewasa, saya sadar bahwa kita semua pasti butuh proses untuk sukses. Pasti semua orang harus melalui proses ups and downs dalam hidupnya saat mencapai kesuksesan. Mau tidak mau kita harus tetap maju dan melakukan segala hal yang ada untuk terus menjadi yang terbaik.



    Keseluruhan busana: Uniqlo +J.


    Apakah kamu sempat memiliki ketakutan tersendiri ketika merilis sebuah karya, namun ternyata tidak se-booming sebelumnya?

    Pastinya! Tetapi sekarang saya mengubah pola mindset dengan berpikir bahwa yang terpenting diri saya sendiri sudah menyukai dan puas dahulu dengan lagu atau karya yang dihasilkan tersebut, daripada melihat hasil ke depannya. Itu yang paling penting buat saya sekarang ini.


    Apa perubahan terbesar yang Devano paling rasakan dalam setelah berkarier selama tiga tahun terakhir? 

    Sekarang rasanya saya lebih bisa memililh mana yang baik atau tidak untuk diri saya sendiri. Saya sendiri termasuk tipe orang yang selalu berusaha belajar dari pengalaman, supaya ke depannya saya tidak salah melangkah lagi. Perubahan lainnya? Sekarang saya lebih menjalani apa yang ada di depan mata saya. Walau pun banyak beban dan hal yang tidak saya sukai, saya berusaha untuk menjalaninya dengan sebaik mungkin. Saya juga jauh lebih santai dibanding sebelumnya.


    Jadi apa bisa dibilang kamu dulu lebih ambisius dibanding sekarang?

    Kalau melihat lagi video-video lama saya, rasanya memang saya jauh lebih bersemangat. Karena mungkin dulu saya masih tidak memikirkan konsekuensi dari setiap tindakan. Saya tahu beberapa hal yang dulu saya lakukan adalah hal yang buruk. Tetapi karena dulu seambisius itu untuk bergaul di usia muda dan ingin menjadi penyanyi, saya tidak berpikir jauh. Akhirnya sekarang saya justru menyesalinya. Namun pengalaman itu saya jadikan sebuah pelajaran agar ke depannya bisa memilah mana yang terbaik untuk diri saya.



    Keseluruhan busana: H&M.


    Persaingan antar sesama penyanyi Gen Z di Indonesia jelas sangat berwarna. Menurut kamu apa yang membedakan Devano dengan para penyanyi lainnya?

    Sebenarnya cukup sulit menjawab pertanyaan ini, tapi mungkin yang membuat saya berbeda dari penyanyi lainnya adalah karena saya berdiri berkat keinginan dan passion saya sendiri bukan karena label atau karena hal lainnya. Dan saya masuk ke industri hiburan pun sebenarnya tidak langsung menyanyi, saya memulai dari menjadi host dahulu dari pensi ke pensi sampai bisa dilirik oleh teman-teman musisi. Saya benar-benar memulainya dari bawah! Orang mungkin tahu saya adalah anaknya Iis Dahlia, tetapi saya sebenarnya tidak mendompleng nama besar ibu saya. Ini adalah passion saya sendiri. Orangtua saya bahkan awalnya tidak tahu bahwa saya ingin menjadi seorang penyanyi. 


    Media sosial berperan penting dalam hidup Gen Z seperti kamu. Ada saran bagaimana menggunakannya agar lebih maksimal?

    Saya senang kita sekarang berada di era digital, di mana para generasi penerus bisa meng-improve bakat mereka melalui media sosial. Ini juga membantu kita lebih mudah untuk terkenal. Yang saya bingung kenapa para pemuda di luar sana masih suka insecure dan tidak percaya diri? Justru ini kesempatan bagi kalian untuk mengembangkan dan menunjukkan bakat yang kalian punya di media sosial! Jadi jangan cuma menggunakan media sosial untuk hal-hal yang kurang bermanfaat. Jika punya bakatnya mengapa tidak disalurkan di media sosial, bukan?



    Keseluruhan busana: H&M.


    Apa kesulitan serta tantangan terbesar menjadi seorang penyanyi di era saat ini? 

    Netizen! Karena apapun yang kita lakukan bahkan yang positif sekalipun, pasti ada saja komentar-komentar buruk. Jadi saya juga terkadang bingung dengan komentar tersebut, haha.. Saya termasuk orang yang cukup memerhatikan komentar netizen, karena tidak bisa dipungkiri saya memiliki ibu yang bekerja di dunia hiburan juga. Saya sadar ibu saya membangun karakter yang mungkin jauh dari dirinya sendiri dan merelakan hujatan itu selama kariernya. Dengan adanya hujatan tersebut beliau akhirnya selalu berusaha dan menjadi lebih sukses. Jadi saya berharap para netizen bisa lebih bijak dalam hal berkomentar.




    Kamu juga sempat berakting di sejumlah film. Tertarik untuk mencobanya lagi? 

    Tentu! Di bulan April ini saya juga akan syuting sebuah web series. Karena masih muda, saya merasa ingin mengeksplor banyak hal terutama di bidang perfilman. Sejak pandemi ini saya juga jadi lebih sering menonton film dan melihat para aktor berakting. Saya juga ingin berada di sana dan bermain berbagai jenis film. Amin!



    Keseluruhan busana: Uniqlo +J.


    Boleh sebutkan satu fakta yang masih banyak orang lain tidak ketahui tentang Devano Danendra?

    Mungkin di luar sana saya dikenal pendiam dan cool, padahal sebenarnya saya tidak seperti itu. Saya itu sebenarnya sosok yang “gila”, haha..


    Devano sempat meng-cover lagu BTS berjudul Life Goes On, apakah kamu juga menyukai grup ini dan mendengar lagu-lagu K-pop?

    Sejak pandemi, di Youtube saya banyak sekali muncul rekomendasi video BTS. Akhirnya saya menontonnya dan ternyata saya jadi suka dengan musik mereka! Itu membuat saya juga tertarik mencoba untuk meng-cover lagu BTS. Saya suka lagu-lagu mereka seperti: Life Goes On, Dynamite, Boy with Luv, dan DNA!


    Okay let’s talk a little bit about love! Pernah menangis karena seorang perempuan? 

    Pernah dong! Saya termasuk tipe yang sensitif dan gampang menangis. Gampang terluka, haha...


    Keseluruhan busana: Uniqlo +J.


    Apa yang biasanya membuat kamu langsung tahu bahwa ia adalah sosok yang click dan bisa dijadikan pasangan?

    Saya tidak neko-neko dalam hal kriteria, yang pasti ia harus bisa mengerti saya. Karena saya orangnya labil dan suka mendadak butuh sesuatu. Jarang ada yang mau memahami hal ini dan bisa melakukannya. Syukurlah pasangan saya yang sekarang bisa mengerti sifat saya yang satu ini.


    Terakhir, apakah tipe pasangan ideal kamu harus seseorang yang mengerti musik?

    Tidak juga sih. Saya lebih suka sosok yang lucu dan humoris, karena saya butuh tertawa dalam hidup saya. Kalau di rumah itu saya termasuk yang pendiam dan penyendiri. 



    Fotografer: Grego Gery

    Fashion Stylist: Dheniel Algamar

    Teks: Giovani Untari / FT

    Makeup & Hair: Claudya Christiani

    Asst Makeup Artist: Rika Alfiany

    Lokasi: Impact Hub Jakarta

    Ilustrasi Opening: Rhani Shakurani