Love & Sex

18 Istilah Kencan yang Sedang Tren Saat Ini! Pernah Mengalaminya?

  by: Giovani Untari       23/4/2021
    • Ghosting, zombieing, situationship, type-casting, hingga benching! Familier dengan ini semua? Not really?!
    • Mari Cosmo ajak untuk mengetahui seputar 18 istilah kencan terbaru dan relatable bagi para Gen Z saat ini. Thank us later!


    Kamu pasti sudah tak asing lagi soal istilah ghosting, tapi pernah dengar soal dengan zombieing, situationship, love bombing, cushioning, atau type-casting?

    Terima kasih kepada internet, teknologi, dan para bad guy di luar sana yang membuat banyak orang jadi begitu kreatif dalam hal menciptakan istilah kencan terbaru. Beberapa di antaranya bahkan kini begitu populer dan mungkin sedikit terdengar unik di telinga kita semua. Jadi mari meng-update pengetahuan kencan kamu, siapa tahu sebagian dari dating terms di bawah ini mungkin saja pernah kamu alami atau bahkan... pernah kamu lakukan! Oops...




    1. Ghosting 

    Istilah di mana seseorang mendadak ‘menghilang’ dan berhenti menghubungi kamu saat sedang berkencan atau pada masa pendekatan. Mereka benar-benar menghilang tanpa jejak dan tidak memberi penjelasan apapun, sehingga membuat orang yang di tinggalkan merasa kebingungan.





    2. Zombieing

    Saat mereka yang pernah melakukan ghosting mendadak menghubungi kamu kembali inilah yang disebut zombieing! Para zombie ini seolah bangkit dari ‘kematian’ untuk mulai mendekati kamu dengan segala usaha mereka. Big no!


    3. Breadcrumbing 

    Cara flirty untuk menarik perhatian seseorang (seperti menyukai semua unggahan kamu di media sosial, melihat hingga mengirim stiker respons pada Instagram Stories) tanpa mereka harus berusaha menghubungi dan melakukan aksi nyata kepada sosok yang mereka incar. Dengan melakukan ini mereka berharap bisa terus membuat kamu merasa tertarik dan mengingat mereka.


    4. Netflix & Chill

    Istilah ini bukan tentang kamu duduk bersama dengan pria kesayangan kamu sambil menonton series terbaru Netflix. Netflix & chill di sini adalah sebuah kode untuk melakukan sesuatu yang bersifat seksual, ehmm... you know what i mean, right?


    5. Friends With Benefits (FWB)

    Sering dengar istilah ini di sejumlah media sosial? Friends with benefits mengacu pada dua orang yang berteman sepakat untuk menambahkan unsur hubungan seks di antara mereka. Tetapi pada dasarnya mereka hanya berteman dan tidak terikat pada status apapun.




    6. Situationship

    ‘Hubungan’ tanpa label resmi di dalamnya. Yang mana situationship bisa dikatakan terasa lebih deep dan intimate dari sekadar friendship, tetapi hubungan ini juga tidak bisa disebut berpacaran. Complicated? Of course!


    7. Love Bombing

    Tindakan manipulatif yang dilakukan oleh seseorang kepada pasangannya dengan cara menghujani pasangannya dengan pujian, hadiah, dan tindakan manis. Mereka memberi perhatian berlebih karena biasanya mereka juga butuh diperhatikan. Dengan love bombing tersebut, mereka juga mulai berusaha untuk mengontrol hidup pasangannya.



    8. Benching

    Saat seseorang menyukai dan merasa nyaman berhubungan dengan satu orang lain selain pasangannya. Ia pun menjadikan sosok tersebut sebagai ‘cadangan’ dan kembali pada sosok ini hanya saat membutuhkannya. Di sisi lain, ia akan terus berkencan dengan kekasihnya atau tetap mencari teman kencan lain.


    9. Type-casting

    Apabila kamu memilih teman kencan berdasarkan apa zodiaknya, hasil tes MBTI, hingga love language-nya, selamat kamu sudah melakukan type-casting!


    10. Catch & Release

    Ketika seseorang mengerahkan seluruh effort-nya untuk mengejar dan membuat kamu jatuh cinta kepadanya. Ketika kamu sudah ‘jatuh’ dan berkencan dengannya, ia mendadak kehilangan rasa kepada kamu dan mulai mencari target baru. Ouch!




    11. Cushioning

    Saat seseorang mencari sosok lain di luar hubungannya untuk dijadikan sandaran atau ‘cushion’. Jadi ketika hubungannya tidak berjalan baik atau harus berakhir, ia sudah memiliki sosok ini sebagai ‘back up’.




    12. Catfishing

    Istilah yang digunakan saat seseorang berpura-pura menjadi orang lain di dunia maya. Mereka bisa menggunakan foto palsu di aplikasi kencan hingga berbohong soal identitasnya demi menarik perhatian para teman kencannya. Be careful, dear!


    13. Daterview

    Saat kencan yang kamu lalui tidak memiliki spark dan berlangsung kaku, seperti sedang melakukan sebuah interview pekerjaan. Terlebih topik yang kalian bicarakan sepanjang kencan pun begitu serius seperti: “Kapan terakhir kamu berkencan?”, “Apa mimpi terbesar kamu di lima tahun mendatang?” “Apa pendapat kamu soal isu...” Pernah mengalami kencan seperti ini? Itulah daterview!



    14. Roaching

    Sayangnya ini merupakan istilah saat pasangan / calon pasangan kamu ternyata menyembunyikan fakta bahwa ia tengah berkencan dengan orang lain! Saat kamu mencoba mengklarifikasinya, ia justru mengelak akan hal tersebut.


    15. Textationship

    Hubungan romantis dan intimate yang dibangun hanya melalui percakapan teks atau pembicaraan telepon semata. Tipe relationship ini biasanya minim pertemuan fisik, tetapi sangat dekat dan merasa terhubung hanya melalui teks.


    16. Emergency Call

    Oh well, ada saatnya kamu pergi menemui teman kencan yang terlihat cute dari sebuah aplikasi kencan, tetapi ternyata di tengah kencan kamu merasa kencan kalian begitu mengerikan. Ini saatnya berpura-pura menerima panggilan darurat (berikut alasan terbaik yang sudah disiapkan, "Ya hallo.. apa?? Kucing kesayanganku diare?), agar kamu bisa lebih cepat mengakhiri kencan tersebut.




    17. Tindstagramming

    Ketika seseorang yang kamu swipe left profilnya di Tinder (oops!), tiba-tiba saja menghubungimu melalui DM di Instagram. Alias ia men-stalking kamu melalui Instagram, meski sudah jelas kamu tidak tertarik pada profilnya di Tinder. Bye!


    18. Orbiting

    Adalah saat mantan kekasih / para teman kencan kamu selalu berada di sekitar media sosialmu. Di mana ia selalu menekan tombol likes untuk setiap postingan kamu, mengomentari foto yang diunggah, sampai menonton setiap Instagram Stories harian kamu. Tetapi mereka sama sekali tidak pernah berusaha menghubungi kamu lagi di dunia nyata.



    (Giovani Untari / FT / Artikel dimuat di Cosmopolitan Indonesia edisi April - Mei 2021 dengan judul "FOR YOUR (DATING TERMS) INFORMATION!" / Images: Dok. cottonbro from Pexels. tom balabaud from Pexels, Tim Douglas from Pexels, Tenor.com)