Lifestyle

7 Kegiatan untuk Menghabiskan Waktu Menjelang Berbuka Puasa

  by: Redaksi       25/4/2021
  • Hai, Cosmo Babes! Setelah hampir dua minggu menjalani puasa di bulan suci ramadan, apakah kalian sudah mulai terbiasa dengan menahan rasa lapar dan haus seharian? Kalau belum, tenang saja, kamu tidak sendiri karena saya juga, kok. Untuk mengalihkan diri dari rasa lapar dan haus, saya biasanya berusaha untuk mencari kegiatan baru yang dapat menyita perhatian. Terutama menjelang waktu berbuka dimana kedua hasrat tersebut terasa seperti lima kali lipat lebih besar.


    Mulai dari kegiatan outdoor hingga indoor, bisa dilakukan sendiri atau bersama teman, berikut daftar aktivitas yang dapat kamu lakukan untuk menghabiskan waktu menjelang buka puasa. Let’s check it!





    Museum Hopping


    Melakukan museum hopping, atau banyak juga yang menyebutnya sebagai “museum date,” sepertinya sedang banyak diminati oleh kalangan muda beberapa bulan belakangan. Museum hopping sendiri merujuk pada kegiatan berkunjung satu museum ke museum lainnya. Di Jakarta, ada cukup banyak jenis museum yang dapat kamu jumpai. Mulai dari museum budaya Indonesia, museum sejarah, hingga museum seni. Museum seni sendiri terbagi menjadi interaktif dan noninteraktif. Kamu tidak perlu merasa minder jika tidak mengenal siapa artis di balik karya yang terpajang di museum tersebut, asal kamu bisa menghargai karyanya, itu sudah sangat baik, kok.


    Digital Playground


    Selain museum, tingkat popularitas digital playground juga meningkat beberapa bulan belakangan. Di dalamnya, para pengunjung diajak untuk berpetualang untuk menyelesaikan suatu misi besar melalui berbagai wahana yang disediakan. Seluruh wahana di tempat ini biasanya dilengkapi dengan sensor motorik sehingga lebih interaktif dan mengasyikkan.


    Maraton Film

    Maraton film cocok dilakukan untuk kamu yang sedang malas keluar rumah, atau bahkan keluar kamar. Kamu hanya perlu menyalakan laptop, pergi ke streaming platform favoritmu, dan memilih berbagai film atau series yang kamu suka. Sekarang juga kamu bisa mengakali untuk melakukan nonton bersama teman dalam jarak jauh dengan screen sharing melalui video call atau penyedia layanan nonton bersama seperti Netflix Party.


    Group Video Call

    Mengingat situasi dunia yang masih di tengah-tengah pandemi, terdapat kemungkinan kalau kamu terpisah dengan teman-teman dekatmu. Entah karena mereka kembali ke kota asalnya atau sekadar tidak bisa bertemu karena membatasi kontak fisik. Untuk mengatasi hal tersebut, melakukan group video call bisa menjadi solusi yang tepat. Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan, mulai dari bertukar kabar, menonton film bersama, atau bahkan bermain game untuk menjaga ikatan pertemanan kalian.


    Mengadakan Sesi Foto

    Mengalihkan perhatian dari jauhnya waktu berbuka dan mendapat konten bagus untuk post Instagram-mu selanjutnya? Count me in! Kamu bisa melakukannya dengan temanmu sambil mencari spot foto atau melakukan self-photoshoot di rumah. Jika kamu memilih untuk melakukan self-photoshoot, jangan pusing, karena sebenarnya untuk melakukan hal tersebut bukanlah hal yang rumit. Kamu bisa menggunakan furnitur di rumahmu sebagai properti dan untuk pemilihan latar belakang pun bisa kamu kreasikan sesuka hati. Mulai dari menggunakan tembok polos, menempel berbagai poster, atau kain besar sekalipun dapat kamu sulap menjadi sebuah latar belakang foto yang bagus.




    Olahraga

    Oke, untuk tips satu ini mungkin dapat dikatakan sedikit berisiko. Salah sedikit bisa saja malah membuatmu semakin merasakan lapar dan haus yang berusaha kamu lupakan. Di sisi lain, berolahraga bisa membuatmu merasa semakin segar dan pikiranmu menjadi lebih tenang. P.S.: Kalau kamu merasa sedang tidak berenergi, kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti yoga.


    Berburu Makanan Berbuka

    Last but not least, sebuah tradisi di bulan ramadan yang entah sudah ada sejak berapa puluh tahun yang lalu, kamu bisa berburu makanan ringan untuk disantap saat berbuka puasa. Di mana pun tempatmu tinggal, sudah hampir bisa dipastikan kalau menjelang berbuka puasa jalanan di sekitar rumahmu dipenuhi oleh para pedagang kaki lima yang menjual makanan takjil. Tentu menghabiskan waktu dengan berburu makanan berbuka ini terasa menyenangkan apalagi jika kamu bersama teman dan keluargamu.


    (Nabila Nida Rafida / EDT: DA/ Image: GIPHY.com, Instagram @immersiveland.id, @isaart.id, Unsplash)