Love & Sex

6 Tanda Kamu Terlalu Sering Bertengkar Dengan Pasangan

  by: Kezia Calesta       25/4/2021
  • Berargumen dengan pasangan itu hal yang sangat normal. But when do you know that the fighting is too much? Saat kamu dan pasangan menghabiskan waktu bersama setiap hari, konflik akan lebih mudah terjadi. Berikut tanda bahwa kamu terlalu sering bertengkar dengan pasangan!




    1. Kamu dan pasangan sulit berkomunikasi tanpa berargumen

    Di awal hubungan, kamu dan pasangan dapat mengobrol tentang banyak topik seru selama berjam-jam...namun sekarang, obrolan sehari-hari pun dapat berubah menjadi argumen. Jika satu hal kecil yang diucapkan oleh pasanganmu dapat menjadi trigger dan menyebabkan pertengkaran, that's a sign.



    2. Kamu dan pasangan jarang meminta maaf

    Jangan meremehkan kata "maaf". Bila kamu dan pasangan jarang meminta maaf dan memilih untuk mendiamkan satu sama lain hingga ada yang mengalah, inilah salah satu penyebab besar yang dapat menyebabkan dendam.


    3. Kamu mengungkit masalah lama saat bertengkar

    Bila kamu sering mengungkit masalah yang terjadi di masa lalu, ini artinya argumen tersebut belum terselesaikan secara tuntas. Karena itu, setiap argumen atau konflik harus dibicarakan dan diselesaikan dengan baik agar masalah tidak menumpuk.


    4. Kamu sulit menyampaikan perasaanmu

    Komunikasi sangat penting dalam suatu hubungan, dan menyampaikan perasaan satu sama lain secara jujur sangat dibutuhkan. Bila kamu merasa bahwa kamu lebih sering diam ketimbang menyampaikan isi hatimu kepada sang pasangan karena tidak ingin si dia marah atau sedih, this is a big red flag.


    5. Kamu lebih bahagia saat menghabiskan waktu sendiri

    Untuk apa memiliki pasangan jika kamu sebenarnya merasa lebih bahagia dan tenang saat menghabiskan waktu sendiri...atau bersama orang lain yang bukan pasanganmu? Saatnya mengintrospeksi diri. Apakah kamu lebih senang sendirian karena itu artinya kamu bebas dari konflik, atau kamu lebih nyaman karena kamu tidak perlu berhadapan dengannya?




    6. Kamu lebih sering dikritik ketimbang dipuji

    Pasangan yang baik dan perhatian akan sering memberikan saran atau kritik kepada orang yang ia sayangi, tetapi kamu perlu membedakan antara kritik yang constructive dengan yang destructive. Apakah ia sering menyemangatimu saat kamu merasa insecure, atau ia malah selalu mencari kesalahanmu dan membuatmu merasa malu? Do you often feel like you're not good enough? Awas, ini salah satu tanda bahwa kamu memiliki pasangan yang manipulatif.


    (Image: doc. @henrihere via Unsplash)