Fashion

Tips untuk Membuat Sepatu Boots Terasa Lebih Nyaman

  by: Redaksi       29/4/2021
  • Periode awal dimana kamu baru memakai sepatu baru bisa menjadi sebuah pengalaman yang sangat menyakitkan. Tidak jarang kaki akan berakhir dengan luka lecet dan rasa nyeri yang membuatmu bersumpah untuk tidak akan lagi mengenakan sepatu jenis tertentu. Tapi, ugh, sepatu-sepatu ini terlalu keren untuk dilewatkan! Secara pribadi, saya merasa bahwa pengalaman ini akan lebih sering terjadi, dan terasa lebih buruk, apabila saya sedang memakai sepatu boots kulit karena seluruh permukaan kaki tertutup sempurna dan terasa sedikit sesak.




    “Meregangkan sepatu boots-mu secara perlahan akan menyelamatkan dirimu dari ketidaknyaman selama berhari-hari,” ujar Theresa Ebagua, pendiri dan desainer dari Chelsea Paris. “Jika kamu merasa sedikit sesak di bagian tumit atau jari kakimu, itu adalah pertanda kalau boots-mu butuh sedikit peregangan.”




    Tapi, tunggu, apa saja yang dapat meregangkan bahan kulit?

    Ebagua menjelaskan kalau material kulit terbentuk dari kolagen yang dapat mendorong adanya elastisitas. “Jika terpapar panas dan tekanan, elastisitas pada material kulit akan dapat dengan mudah dimanipulasi.” Mungkin kamu juga menyadari bahwa ketika kamu sudah sering menggunakan sebuah sepatu kulit, sepatu tersebut akan mendapat perasaan “terpakai” karena ketika berjalan kita menghasilkan energi panas yang akan melembutkan material tersebut. Hal ini memungkinkan sepatu itu untuk terbentuk sesuai dengan bentuk kaki penggunanya.


    Tapi, harus kamu ingat, begitu boots-mu mulai longgar, kamu tidak bisa mengembalikannya ke ukuran semula. “Boots kulit dibentuk dengan sebuah cetakan menyerupai kaki sehingga mereka diproduksi sesuai ukuran,” tutur Ebagua. “Karena material kulit memiliki sifat yang khas, material ini tidak dapat berkontraksi dan mengecil.” Jadi, berhati-hatilah. Jangan sampai kamu terlalu meregangkan boots-mu dan membuatnya terlihat aneh.


    Beberapa metode untuk meregangkan sepatu boots kulit

    Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, hanya dengan berjalan pun lama kelamaan boots-mu akan longgar dengan sendirinya. Tetapi, jika kamu sudah tidak kuat menahan rasa sakit di kakimu, Cosmo sudah menyediakan beberapa opsi yang dapat kamu coba:


    Gunakan shoe-shaper berbahan dasar kayu

    Alat ini tidak hanya membantu sepatumu untuk tetap mempertahankan bentuknya, tetapi juga dapat melebarkan sedikit ukurannya dengan memberi tekanan pada permukaan sepatu. Secara keseluruhan, alat ini juga dapat mencegah sepatumu mengerut dan memberi aroma segar pada alas kakimu. Bau kayu > bau keringat, kapan saja.


    Gunakan semprotan khusus

    Stretching spray dapat melembutkan bahan kulit dan sehingga sepatu boots-mu dapat lebih mudah membentuk ukuran kakimu. Kamu hanya perlu menyemprotnya di bagian dalam sepatu yang dirasa terlalu ketat, memakai sepasang kaus kaki, lalu memasukkan kakimu ke dalam sepatu. Kamu juga dapat memilih untuk menyemprotnya, kemudian gunakan shoe-shaper kayu untuk membantu melonggarkan sepatu boots tersebut.


    Blow dry

    Kunci utama dari melonggarkan sepatu boots adalah dengan mengaplikasikan panas. Jadi, kenakan boots-mu dengan sepasang kaus kaki tebal dan secara perlahan lakukan blow dry ke permukaannya. Metode ini akan mengurangi rasa kaku pada boots-mu dan terasa nyaman.




    Berikan pada seorang profesional

    Ebagua mengatakan, para ahli sepatu pada umumnya memiliki sebuah mesin untuk meregangkan sepatu boots dengan benar. Kamu mungkin ingin mengambil rute ini dengan sepasang sepatu boots mahal dan khawatir akan merusaknya jika berusaha untuk melakukan ini sendiri.


    Apakah metode ini dapat diaplikasikan pada boots dengan bahan dasar selain kulit?

    “Kebanyakan material boots tergolong rapuh, maka dari itu saya selalu berkonsultasi pada profesional untuk menghindari kerusakan,” jelas Ebagua. “Tapi, jika sepatu boots-mu dilapisi dengan kulit, mungkin metode ini bisa dicoba.” Beberapa stretching spray juga dikatakan dapat digunakan pada sepatu berbahan dasar kanvas dan kain, tetapi kamu harus membaca petunjuk penggunaannya dengan seksama. Meskipun mungkin bisa dicoba, namun hasilnya tidak bisa dijamin.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan US / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Nabila Nida Rafida/ EDT: DA / Image: GIPHY.com, Unsplash)