Fashion

Cara Memilih Kacamata yang Tepat Sesuai dengan Bentuk Wajah

  by: Redaksi       30/4/2021
  • Kacamata adalah salah satu aksesori yang patut jadi perhatian saat menciptakan sebuah penampilan. Kenapa? Karena mengenakan kacamata adalah salah satu cara mudah untuk menyulap pakaianmu agar terlihat lebih modis. Entah itu kacamata baca atau kacamata hitam, keduanya dapat dijadikan statement piece dalam penampilanmu.

    Tetapi, memang, memilih kacamata yang tepat untuk wajahmu bukan perkara yang mudah. Banyak faktor yang harus kamu pertimbangkan, mulai dari bentuk bingkai, warna, hingga gaya dari kacamata itu sendiri bisa sangat berpengaruh terhadap bagaimana orang-orang melihat dirimu. Untuk mempermudah proses ini, alangkah baiknya kamu sudah mengetahui bentuk wajahmu dan sudah punya sedikit gambaran akan kacamata jenis apa yang kamu cari.





    Memang, ada berapa tipe bentuk wajah?

    Secara garis besar, terdapat lima bentuk wajah yang paling umum ditemukan, antara lain

    • Persegi
    • Bulat
    • Hati
    • Segitiga
    • Oval

    Setiap bentuk wajah memiliki karakteristiknya masing-masing sehingga aspek wajah yang dapat ditonjolkan pun berbeda-beda. Biasanya, untuk dapat menentukan apa bentuk wajahmu, kamu dapat mengukur lebar dahi, tulang pipi, tulang rahang, dan panjang wajah secara keseluruhan.


    Oke, lalu bagaimana cara menentukan kacamata yang sesuai dengan bentuk wajah?

    Fun fact: Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Eye Care Business Canada, sebagian besar orang mengganti kacamatanya kurang lebih setiap tiga tahun sekali. Selain karena faktor harga, kebanyakan orang malas untuk mengganti kacamatanya karena merasa sudah nyaman dengan apa yang dia miliki. Mereka khawatir, jika mereka mengganti kacamatanya ke model lain justru akan merusak penampilan mereka. Maka dari itu, untuk melepas kekhawatiran tersebut, Cosmo akan memberi sedikit panduan agar kamu tidak salah pilih model kacamata.


    Bentuk wajah persegi



    Karakteristik: Bentuk wajah persegi biasanya dapat dikenali dengan fitur wajah yang tebal dan bersudut sehingga menghasilkan sebuah garis lurus yang rapi dari dahi ke rahang. Secara keseluruhan orang dengan bentuk wajah seperti ini memiliki panjang dan lebar wajah yang sama.

    Tips: Sebisa mungkin alihkan perhatian dari sudut-sudut wajahmu. Kamu bisa melakukan ini dengan memilih kacamata dengan bingkai oval dan bulat yang kontras dengan bentuk wajah persegi. Untuk kacamata hitam, kamu bisa memilih kacamata dengan bingkai lebar yang melengkung untuk mengimbangi tulang pipimu.


    Bentuk wajah bulat



    Karakteristik: Bentuk wajah bulat memiliki karakteristik wajah dengan pinggiran yang tidak bersudut dan proporsi antara rahang ke alis yang sama. Bagian pipi biasanya terlihat lebih penuh dengan dagu yang agak bulat.

    Tips: Kacamata untuk bentuk wajah bulat sebisa mungkin harus bisa memberi tambahan “sudut” ke dalam proporsi wajah. Kamu dapat mencoba kacamata dengan bingkai persegi untuk membuat wajahmu lebih panjang, bingkai geometris untuk memperkuat bentuk wajah, dan bingkai cat-eye untuk menarik perhatian ke matamu.


    Bentuk wajah hati



    Karakteristik: Wajah berbentuk hati terlihat lebih lebar di bagian alis lalu semakin sempit hingga dagu namun dengan tulang pipi yang tinggi. Bentuk wajah seperti ini biasanya membuat pemiliknya terlihat lebih manis dan ceria.

    Tips: Wajah berbentuk hati akan cocok dengan bingkai kacamata yang sedikit lebih lebar dari dahi mereka dan memiliki bentuk sedikit bulat. Untuk kacamata hitam, kamu bisa coba memilih kacamata aviator atau d-shape.




    Bentuk wajah segitiga



    Karakteristik: Kebalikan dari wajah berbentuk hati, wajah dengan bentuk segitiga memiliki proporsi yang lebar di bawah dan semakin sempit ke bagian atas.

    Tips: Kacamata yang akan terlihat bagus di wajah dengan bentuk ini adalah kacamata dengan bingkai yang berat di atas tapi ringan di bawah seperti d-frames, aviator, dan cat-eye.


    Bentuk wajah oval



    Karakteristik: Individu yang memiliki wajah berbentuk oval biasanya memiliki dahi dan dagu yang lebarnya sedikit sempit dan tulang pipi yang lebar. Bentuk wajah ini dinilai sebagai bentuk wajah paling umum sehingga hampir semua tren bentuk kacamata akan terlihat cocok di wajah ini.

    Tips: Kacamata yang baik seharusnya dapat menyeimbangkan bentuk wajahmu sehingga terlihat lebih proporsional. Untuk bentuk wajah oval, hal ini berarti menonjolkan keseimbangan wajah dan menambah sedikit “sudut.” Kamu bisa memilih kacamata dengan bingkai persegi, persegi panjang, dan geometris.


    (Nabila Nida Rafida / EDT: DA / Image: Instagram @selenagomez, @annakendrick47, @beyonce, @lucyhale, @jenniferaniston)