Lifestyle

Daftar Buku Bertema Feminisme Yang Sesuai dengan Karakter Kamu

  by: Givania Diwiya Citta       30/4/2021
  • Baik kamu mengerti sedikit ataupun banyak tentang gerakan kaum perempuan, buku-buku feminis ini akan mendorong kamu untuk memperjuangkan ketidaksetaraan. 'Cause all you need is juicy feminist book!


    Kalau kamu benar-benar masih 'noobs' terhadap gerakan kaum perempuan...



    The Dream of A Common Language – Adrienne Rich


    Welcome to the club! Tak pernah terlambat untuk memberi amunisi pengetahuan terhadap diri sendiri, apalagi tentang topik perempuan yang patut kita perjuangkan bersama. Antologi puisi ini akan membukakan sudut pandang kamu pada prinsip sosial yang mesti diubah, demi menciptakan ‘bahasa yang sama’ bagi perempuan dan pria.


    (Books & Beyond, harga: Rp278.000,-)


    Kalau kamu sudah mulai melek terhadap isu kesetaraan untuk sesama...

    Feminists Don’t Wear Pink and Other Lies – Scarlett Curtis


    You have woke, and the world is proud of you! Tambahkan insight mengenai feminisme yang telah kamu pantau, lewat kurasi esai dan cerita dari para tokoh feminis dunia, mulai dari Keira Knightly, Saoirse Ronan, sampai aktivis tersohor Alicia Garza. You’re ready to get more involved with the cause!

    (Periplus, harga: Rp294.000,-)


    Kalau kamu paham dengan konsep self-love dan ingin agar perempuan lain merasakan hal sama...

    Akibat Menabukan Seks – Ester Pandiangan


    Kamu penuh dengan kesadaran diri yang tinggi, hingga mampu peka terhadap keadaan yang dialami oleh representasi kamu, yaitu kaum perempuan. Kumpulan tulisan ini akan semakin menguatkan perspektif self-love sekaligus mendorong topik kesetaraan, karena kamu paham seluruh rasa seluk-beluknya.

    (Stanbuku.com, harga: Rp75.000,-)




    Kalau kamu percaya bahwa ikatan antar perempuan akan membuat dunia jadi lebih ramah bagi semua...

    The Power – Naomi Alderman


    Kamu layaknya induk dalam squad yang mampu menyatukan semua anggota dalam ikatan sister-brother-hood. Dan novel fiksi tentang kekuatan sesungguhnya perempuan yang fantastis ini adalah cara paling efektif untuk mengumpulkan society di lingkaran kamu untuk berjuang melawan ketidakadilan, sekalipun itu adalah tentang kesenjangan gender. U go girl!

    (Kinokuniya, harga: Rp293.000,-)


    Kalau kamu adalah feminis pemikir kritis yang punya aspirasi untuk mengubah dunia...

    The Bell Jar – Sylvia Plath


    Kamu sudah mendalami feminisme, jadi Cosmo akan menyarankan kamu untuk baca novel tak lekang waktu dari tahun 1963 tentang struggle yang dialami perempuan (sekaligus kesehatan mentalnya), yang bahkan isunya masih relevan hingga sekarang. Believe in yourself that you are too an agent of change, bb.

    (Books & Beyond, harga: Rp297.000,-)


    Artikel ini dipublikasikan pada majalah Cosmopolitan Indonesia edisi April 2021. Untuk artikel lengkapnya, dapatkan majalah tersebut di sini.


    (Givania Diwiya / FT / Image: Dok. Goodreads.com / Layout: Rhani Sakurani)