Beauty

Ini Cara Memulai Rutinitas Anti Aging Di Usia 20, 30, Dan 40an!

  by: Astriana Gemiati       30/4/2021
  • Mari kita hadapi ini… 10-step-Korean-skincare atau ‘Face Bra’ yang aneh bukanlah yang kamu bayangkan dalam hal ritual kecantikan yang menentang usia.

    Dari hyaluronic acid hingga retinol, terkadang sangat membingungkan tentang bahan super kecantikan yang sedang tren —mana yang harus kamu gunakan, bagaimana cara penerapannya, dan mana produk yang lebih penting. Apakah kamu terlalu muda untuk melakukan rutinitas anti-aging?

    Nah, di zaman sekarang ini, tidak ada kata terlalu dini untuk mulai merawat kulit kamu. Tingkat polusi yang meningkat dan gaya hidup yang penuh tekanan membuat penuaan dini sering terjadi. Jadi, Cosmo pikir sunscreen adalah bagian terbesar paling penting dari rutinitas anti-aging kamu dan tidak ada batasan usia untuk itu.






    Di usia 20an

    Anti penuaan untuk kelompok usia ini lebih pada perawatan pencegahan dan menutrisi kulit daripada mengkhawatirkan keriput. Meskipun keriput mungkin tidak menjadi perhatian di usia 20an, bintik hitam dan warna kulit yang tidak merata adalah beberapa keluhan yang umum. Kulit kamu mungkin mulai kehilangan cahaya alami, terlihat stres dan kusam karena paparan sinar matahari, serta gaya hidup yang penuh tekanan. 


    Jadi, inilah langkah-langkah yang perlu kamu sertakan dalam rejimen kecantikan kamu:

    1. Selalu hapus riasan kamu

    Hack ini tidak memerlukan batasan usia, sejujurnya! Jadi, jika kamu tidak menghapus riasan sebelum menekan “tombol tunda”, kamu mungkin ingin memperbaiki cara kamu.

    2. Kebersihan sangat penting dalam rutinitas kita sehari-hari

    Kamu harus selalu menghapus setiap riasan sebelum tidur karena dapat menyumbat pori-pori, menyebabkan pigmentasi, komedo, dan jerawat. Menghapus setiap sisa riasan mata di penghujung hari dapat memainkan peran besar dalam mencegah lingkaran hitam dan baggy eyelids.

    3. Tingkatkan SPF

    Kerusakan akibat sinar matahari itu nyata, seperti yang ditunjukkan oleh para ahli. Cara termudah untuk memasukkan sun protection dalam rutinitas skincare kamu adalah dengan memilih pelembap dengan SPF. Jika kamu melawan jerawat atau kulit berminyak, pilih medicate sunscreen dan sertakan krim pengontrol sebum dalam rutinitas kamu.

    4. Belilah krim mata

    Usia 20an adalah waktu yang tepat untuk mulai berinvestasi dalam krim mata dan krim malam. Seiring bertambahnya usia, kamu dapat menambahkan AHA-BHA acids, serum, krim malam, dll. 


    Di usia 30an

    Pencegahan dan perawatan meningkatkan serum di usia tiga puluhan. Menambahkan eksfoliasi secara teratur dan serum yang bagus untuk rutinitas cleansing, toning, moisturising yang baik sangat disarankan. Penuaan bukan hanya tentang kulit kamu namun juga memengaruhi organ, tulang, otot, mata, dan rambut kita juga. Hidup bersih dan hidrasi optimal yang dikombinasikan dengan produk yang tepat mengurangi kemungkinan munculnya kerutan dan garis.


    Jadi, inilah yang perlu kamu tambahkan ke rutinitas cleansing, toning, moisturising reguler kamu untuk mencapai kesehatan kulit terbaik kamu:

    1. Double cleansing

    Seiring bertambahnya usia, kulit kita membutuhkan sedikit dorongan ekstra untuk mempercepat proses regenerasi. Di sinilah pengelupasan dan pembersihan ganda berperan. Tambahkan double cleansing kamu dengan micellar water, pencuci muka dengan pH seimbang, dan exfoliating toner yang ringan dalam rutinitas kamu.

    2. Gunakan vitamin C dan retinol

    Keduanya adalah pemain kuat dari skincare apapun berkat kemampuan ajaib mereka yang bantu untuk memudarkan bintik hitam, mencerahkan kulit, dan merangsang pertumbuhan kolagen. Kamu juga bisa mulai menggunakan serum vitamin C dan memanfaatkan potensinya saat kulit kamu terbiasa. Ini untuk memerangi pigmentasi atau melasma yang sering terlihat selama kehamilan. Kamu dapat meningkatkan kekuatan bahan kecantikan dengan memilih retinol dengan antioksidan kuat seperti Ferulic Acid di malam hari.

    3. Tingkatkan SPF



    Selamat pagi, yang terbaik dalam memilih tabir surya adalah dengan SPF yang lebih tinggi untuk mencegah kerusakan dan day cream berbasis hyaluronic acid untuk melembapkan.


    Di usia 40an

    Usia 40an adalah tentang mengatasi berbagai tanda penuaan seperti keriput dalam, kendur, dan hilangnya hidrasi dengan perawatan kulit yang mengatasi gejala lanjutan ini. 


    Inilah cara untuk kamu dapat melakukannya:

    1. Retinol produk yang layak sebagai pelengkap rutinitas kecantikan

    Menambahkan retinol ke dalam rejimen kamu dan lihat bagaimana reaksi kulit kamu. Kamu juga dapat memilih variasi berbeda yang menggabungkan hyaluronic acid atau ferulic acid.

    2. Tingkatkan kelembapannya

    Saat kemampuan regenerasi kulit kamu semakin lambat, kamu perlu meningkatkan kelembapannya. Sunscreen, eye cream, dan facial oil bisa menambahkan kelembapan yang sangat dibutuhkan pada kulit kamu. Krim peptida yang membantu meningkatkan kolagen juga sangat cocok untuk kamu.

    3. Beauty tools

    Kita semua bisa bertahan dengan sedikit bantuan ekstra: collagen supplements, alat pijat, dan perawatan wajah profesional adalah BFF kamu saat ini. Di usia empat puluhan, investasikan serum atau facial oil yang sesuai dengan tekstur kulit dan jenis kulit kamu, lalu oleskan secara teratur untuk menjaga hidrasi. Kamu juga bisa menggunakan pijat wajah jika diperlukan. Sebaiknya sertakan perawatan wajah profesional atau medis secara rutin dalam rutinitas kamu.










    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.in / Nara sumber: Dr Geetika Mittal Gupta, founder & medical Director at ISAAC Luxe, Dr. Simal Soin, cosmetic dermatologist & founder, AAYNA Clinic, Dr Bharti Magoo, cosmetologist, aesthetician & founder, Golden Touch Clinic, Dr Kiran Kaur Sethi, skin and cosmetic specialist, founder Isya Aesthetics / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: [email protected], GIPHY.com )