Beauty

Ingin Tindik Bibir? Ketahui Jenis, Rasa Sakit & Perawatannya!

  by: Astriana Gemiati       1/4/2022
  • Jadi, kamu sudah berpikir untuk melakukan lip piercing —congrats! Kamu secara resmi satu juta kali lebih keren dari Cosmo. Beberapa info latar belakang yang tidak diminta: Cosmo belum pernah menindik sejak tahun 2019 lalu ketika telinga Cosmo ditindik untuk pertama kalinya. Bukannya Cosmo tidak akan pernah ditindik lagi, tapi saya sudah selesai dengan toleransi rasa sakit yang sangat rendah. 


    Jika kamu membacanya sekarang dan sudah mempertimbangkan untuk membuat janji tindik bibir—atau, paling tidak, sangat mempertimbangkan...dan sangat sangat mempertimbangkan. Apa pun masalahnya, Cosmo akan mengatasi kecemasan kamu dengan bantuan dua penindik profesional dan dokter kulit bersertifikat. Keep scrolling untuk semua yang perlu kamu ketahui sebelum menindik bibir, dari banyak pilihan gaya yang berbeda, hingga berapa kira-kira biaya, dan seberapa sakit tindik bibir, serta banyak lagi.




    Apa itu lip piercing (tindik bibir)?

    Yang ini sebagian besar cukup jelas: Tindik bibir adalah jenis tindik badan yang menembus bibir kamu dan/atau daerah sekitarnya, seperti philtrum kamu (alur kecil yang membentang dari busur Cupid ke pangkal hidung kamu). Seperti halnya tindik telinga, ada banyak sekali gaya tindik yang dapat dipilih, tergantung pada ~estetika~ yang kamu inginkan.



    Apa yang terjadi selama tindik bibir?

    Prosedurnya serupa untuk semua gaya tindik. Setelah menandai penempatan tindik bibir kamu dengan spidol yang aman untuk kulit, penindik profesional (ini bukan aktivitas DIY, ya, guys) akan memegang penjepit bedah di tempat penindikan, kemudian membuat lubang tindik dengan jarum berlubang. Penindik kemudian akan menambahkan perhiasan pilihan kamu sebagai langkah terakhir, apakah itu gauge, stud, hoop, atau ring.


    Apa saja jenis tindikan bibir?

    Bukan untuk membuat bingung kamu, tetapi setidaknya ada 14 jenis tindikan bibir. Membuat masalah menjadi lebih rumit, mereka menggunakan nama yang berbeda dalam pengaturan profesional versus IRL. Jadi, untuk membantu memecah beberapa opsi, Cosmo bertanya kepada Johnny Pearce dari Nine Moons Piercing yang berlokasi di New York City. Sebelumnya, dapatkan pelajaran singkat tentang lima jenis tindik bibir paling populer.



    Image: Katie Buckleitner 


    Tindik philtrum (alias "Medusa")

    "Sebuah philtrum piercing yang ditempatkan di tengah bibir atas, tepat di atas puncak busur Cupid kamu," kata Pearce. "Ini ditusuk dengan kancing punggung datar dan pilihan kamu bisa aksesori permata atau atasan dekoratif." FYI, kamu mungkin pernah mendengar jenis yang disebut sebagai tindik medusa.

    Tindik labret

    Diucapkan dengan lafal "lah-bret, bukan lah-bray" (per Pearce), piercing ini berada pada "dead-center di garis tengah vertikal bibir bawah, ditempatkan tepat di bawah batas vermilion" (alias garis yang kamu lacak saat mengaplikasikan lip liner) . Penindik kamu akan menambahkan flat-back stud untuk tindik labret, tetapi Pearce mencatat bahwa beberapa orang mengganti cincin bibir setelah benar-benar sembuh.

    Tindik labret vertikal

    Penindik kamu akan menggunakan "jarum—diikuti dengan barbel melengkung—untuk melubangi puncak bibir bawah yang menonjol dalam gerakan vertikal," kata Pearce. "Paling sering, jenis tindikan ini ditempatkan di tengah bibir, di sepanjang garis tengah vertikal wajah." Tetapi jika kamu ingin mengubah keadaan, dia mengatakan jenis tindikan ini juga dapat diterapkan di salah satu atau kedua sisi bibir kamu.

    Tindik philtrum vertikal (alias "jestrum")

    Vertikal philtrum—alias "medusa vertikal" atau "jestrum"—memadukan aspek visual labret vertikal dan tindik philtrum. "Dengan vertikal philtrum, kami menembus lurus melalui puncak bibir atas, sehingga bagian atas anting barbel melengkung terletak di tengah philtrum kamu, sementara ujung lainnya keluar melalui bagian bawah bibir atas," kata Pearce.

    Tindik labret vertikal terbalik (alias "Ashley")

    Gaya ini (dijuluki Ashley piercing) terletak di bagian tengah bibir bawah. “Itu menembus langsung melalui jaringan mukosa — bagian merah muda yang empuk dari bibir — dan keluar dengan punggung rata duduk di bagian dalam bibir kamu,” kata Pearce. "Metode penindikan, saya menggunakan stud punggung datar, namun beberapa metode menggunakan barbel melengkung."


    Apakah tindik bibir itu menyakitkan?

    Ini mungkin akan sedikit menyakitkan, tetapi tingkat rasa sakit yang tepat bervariasi dari orang ke orang. "'Seberapa sakit ini?' mungkin adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan klien kepada saya," kata Pearce, menambahkan bahwa hampir tidak mungkin untuk mengukur bagaimana perasaan tindik bibir bagi kamu karena semua faktor yang berperan: "biologi, variabel anatomi, lokasi, metode, kecepatan , kualitas bahan, dll." dia berkata. "Ini jauh lebih kompleks dari sekadar toleransi rasa sakit pribadi Anda."


    Namun, jika ini menghibur, penindik profesional yang berbasis di Atlanta Cozmo Faris mengatakan, "tindik bibir cenderung sangat mudah pada umumnya." Dia mencatat bahwa mereka yang memiliki bibir lebih penuh mungkin mengalami lebih banyak peradangan selama proses penyembuhan, yang mungkin tidak nyaman, tetapi sebaliknya, dia menganggap tindik bibir sebagai "situasi dengan intensitas yang cukup rendah." Tentu saja, rasa sakit itu sangat pribadi, jadi kamu tidak akan tahu sampai kamu mencobanya.


    Bagaimana waktu penyembuhan untuk tindik bibir?

    Duduk dengan tenang: Faris mengatakan waktu penyembuhan untuk tindikan umumnya dua hingga empat bulan, tetapi kadang-kadang bisa memakan waktu hingga enam bulan. Banyak faktor yang memengaruhi berapa lama penyembuhan dapat berlangsung, terutama ketika kamu mempertimbangkan "aftercare, kesehatan pribadi, dan diet" setiap orang, katanya.

    Sementara itu, dokter kulit bersertifikat Jenny Liu, MD, mengatakan beberapa minggu pertama setelah ditindik sangat penting untuk proses penyembuhan, karena penindikan perlu epitelisasi ulang (yaitu, membuat jaringan parut untuk menutup lubang literal di bibir dan melindungi bibir kamu). dari bakteri). Jadi aftercare sangat penting, yang membawa kita ke…




    Bagaimana cara membersihkan tindik bibir?

    Untuk membersihkan tindik bibir selama masa penyembuhan, yang kamu butuhkan hanyalah larutan garam steril. "Saline wash adalah campuran sederhana dari garam laut dan air suling yang bagus untuk membilas tindikan baru dan menghilangkan krusta atau kotoran," kata Faris. (Dan tidak, kamu tidak boleh mencoba DIY yang satu ini—sterilisasi adalah kuncinya!). Cukup semprotkan langsung ke tindikan kamu selama lima detik, lalu biarkan mengering, atau keringkan dengan handuk kertas bersih saja. "Kamu ingin menghindari produk seperti kapas atau handuk kain karena dapat tersangkut dan meninggalkan sedikit serat," katanya.


    Bagaimana cara merawat tindik bibir?

    Tolong diingat: Aftercare sangatlah penting saat merawat tindikan baru kamu, dimulai dengan menjaga luka tetap bersih, calm, dan bahagia. Berikut daftar singkat tentang cara merawat tindik bibir Anda:

    Dibilas

    Untuk bagian dalam mulut kamu, Faris merekomendasikan untuk menggunakan obat kumur bebas alkohol setiap kali kamu makan atau minum apa pun selain air, yang akan memastikan bahwa kamu tidak "mengiritasi jaringan penyembuhan".

    Jangan

    Tindik baru KAMU adalah luka terbuka yang sebenarnya, jadi jangan menyentuhnya—terutama dengan jari yang kotor. Menusuknya akan membuat luka terkena bakteri yang berpotensi berbahaya, dan infeksi adalah hal terakhir yang kamu inginkan.

    Hindari iritasi

    Setelah janji tindik kamu, Faris mengatakan untuk menghindari alkohol dan makanan pedas selama dua minggu, karena mereka dapat "membakar luka segar". Menyenangkan! Hal lain yang harus dihindari selama beberapa minggu? Rokok, camilan yang lengket, dan makanan renyah.

    Lewatkan makeup 

    Serius, sementara jauhkan riasan dari tindikan kamu selama penyembuhan, kata Faris. Aturan yang sama berlaku untuk produk perawatan kulit, termasuk oil, pelembap, dan pencuci muka. "Sebagai aturan praktis yang baik, kamu ingin pencuci saline menjadi satu-satunya produk yang menyentuh tindikan kamu secara langsung," katanya.

    Pikirkan kembali seks 

    Maaf, tapi ini bukan waktunya untuk foreplay atau seks yang penuh gairah. "Setiap kontak seksual yang dapat memasukkan cairan tubuh orang lain ke penindikan harus menunggu sekitar delapan minggu, idealnya." Kedengarannya seperti banyak, tetapi infeksi — atau tindikan yang robek — jauh lebih buruk daripada aman.


    Kapan bisa mengganti tindikan bibir?

    Setelah memberanikan diri menindik dan membersihkannya dengan baik, hal terakhir yang ingin kamu lakukan adalah melepasnya terlalu dini dan menanggung risiko lubangnya tertutup. "Saya biasanya meminta klien untuk kembali dua minggu setelah hari penindikan awal untuk memperpendek perhiasan," kata Faris (catatan: Perhiasan awal biasanya terlalu besar untuk memungkinkan pembengkakan), "karena sebagian besar peradangan cenderung hilang saat itu, " ucap Faris. "Perhiasan harus benar-benar keluar untuk proses ini, jadi ini saat yang tepat bagi kamu untuk mengubah penampilan jika memutuskan untuk tidak menyukai aksesori pilihan kamu.


    Bagaimana jika kamu tidak ingin kembali untuk mengganti tindikan ketika sudah dua minggu? "Saya meminta klien untuk menunggu sampai mereka benar-benar sembuh sebelum mencoba mengganti perhiasan," kata Faris, dan ketika kamu melakukan penukaran, serahkan pada ahlinya. "Kebanyakan studio akan memasang perhiasan secara gratis atau biaya yang sangat kecil jika kamu membelinya dari mereka," katanya. "Memiliki instalasi studio akan menjamin keamanannya dan juga panjang dan ketebalan yang tepat untuk tindikan kamu."


    Berapa harga tindik bibir?

    Biaya tindik bibir tergantung pada lokasi kamu, pengalaman profesional penindik, dan bahan perhiasan yang dipilih. Harga bervariasi secara signifikan dari satu negara bagian ke negara bagian, tetapi rata-rata sekitar 200 ribu rupiah tidak termasuk perhiasan. Tentu saja, kualitas perhiasan juga akan memainkan peran utama dalam harga total tindik bibir kamu. Baja tahan karat tingkat bedah dan titanium tingkat implan harus lebih murah daripada logam mulia, seperti emas 14 karat atau platinum.









    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: Dok. Katie Buckleitner, Dok. Freepik.com / Layout: S. Dewantara).