Better You

Wajib Baca! 6 Tips Hilangkan Rasa Iri Hati ke Orang Lain

  by: Redaksi       1/4/2022
  • Iri hati merupakan salah satu emosi negatif yang biasanya dimiliki oleh setiap orang akibat adanya perasaan tak suka. Namun, jika kamu membiarkan iri hati tersebut berkembang dalam diri, itu hanya akan membuat dirimu kewalahan dan berujung menjadi perilaku toxic. Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa iri hati yang kamu miliki.

    Berikut, Cosmo berikan tips untuk hilangkan iri hati pada orang lain!




    1. Mencari tahu penyebab munculnya rasa iri tersebut





    Pertama, kamu bisa mencari tahu apa penyebab munculnya rasa iri hati tersebut. Jika kamu telah mengetahui penyebab dari iri hati itu, maka kamu bisa menemukan cara untuk mengatasi iri hati dan tak memikirkannya lagi.


    2. Jangan selalu membandingkan dirimu dengan orang lain




    Hilangkan kebiasaan membandingkan dirimu dengan orang lain, babes! Sebab ini hanya akan membuat dirimu merasa kurang percaya diri.

    Rasa kurang percaya diri tersebut akan memicu kamu yang terus membandingan diri dengan orang lain. Padahal semua orang jelas memiliki jalan hidup, keistimewaan, talenta, dan rejekinya masing-masing. Jadi, mari berhenti membandingkan hidupmu dengan orang lain, ya.


    3. Coba gali potensi diri




    Hampir mirip dengan poin kedua, setiap orang memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal inilah yang harus kamu tanamkan dalam pikiranmu untuk membantu mengurangi sifat iri hati.

    Coba cari tahu potensi yang ada dalam diri agar kamu, dear! Percayalah bahwa setiap orang memiliki talenta tersendiri yang bisa memberikan manfaat kepada orang lain.


    4. Fokus pada kelebihan yang kamu punya




    Fokuslah pada bakat dan kelebihan yang ada dalam diri kamu. Salurkan semua energi dan pikiran kamu untuk fokus pada kelebihanmu tersebut. Kamu juga bisa menambah kepercayaan diri dengan cara terus belajar mengasah kelebihan diri tersebut. Ingat, sesuatu yang positif pasti akan membawa hasil yang positif pula.


    5. Jauhi semua yang memicu pikiran negatif




    Jika kamu merasa internet dan media sosial membuatmu menjadi berpikiran negatif, kamu bisa menjauhinya agar tak menimbulkan rasa iri hati. Lebih baik gunakan waktumu tersebut untuk melakukan hobi atau sesuatu yang kamu suka.


    6. Carilah lingkungan yang mendukung




    Tinggalkanlah lingkungan pertemanan yang toxic, karena mereka hanya akan membuatmu memiliki pikiran yang buruk dan jadi tidak percaya diri pada apa yang kamu punya. Cobalah untuk mencari lingkungan yang mendukung bakat dan kelebihan dirimu agar kamu terlihat lebih dihargai.





    (Margaretha Gabriella Ayudityas/ GIO / Images: Photo by Mental Health America (MHA) on Pexels, Photo by Monstera on Pexels, Photo by ThisisEngineering RAEng on Unsplash, Photo by Avel Chuklanov on Unsplash, Photo by Christin Hume on Unsplash, Photo by Keira Burton on Pexels)