Lifestyle

5 Cara Menanggapi Teman yang Curhat Tentang Masalah Dirinya

  by: Haninadhira Husaini       2/4/2022
  • Ketika pikiran kamu dipenuhi masalah, atau ada hal-hal yang sulit untuk diucapkan, salah satu cara terbaik untuk melepaskan pikiran dan perasaan tersebut adalah curhat kepada teman. Berbagi cerita kepada teman merupakan hal yang mudah untuk dilakukan, namun jika posisinya kamu adalah sebagai pendengar cerita temanmu, apakah kamu mengetahui apa tindakan yang harus kamu lakukan? Well, memiliki rasa peduli dan emosional yang besar itu penting untuk memperhatikan teman sekitar kamu. Nah, kalau kamu masih bingung, berikut Cosmo sudah merangkum cara terbaik untuk menanggapi teman yang sedang curhat tentang masalah dirinya. Yuk, simak!

    Menjaga ceritanya dengan baik

    Girls, jika teman kamu memilih untuk menceritakan masalahnya kepada kamu, artinya mereka sudah menganggap kamu adalah orang yang bisa dipercaya. Dengan begitu, kamu harus menjaga cerita atau rahasia tersebut untuk dirimu sendiri karena belum tentu temanmu ingin ceritanya diketahui oleh orang lain.

    Pahami cerita temanmu

    Sebagai pendengar, kamu harus mengetahui apa yang dibutuhkan oleh temanmu ketika mereka sedang menceritakan masalahnya. Apakah mereka hanya butuh didengar atau membutuhkan saranmu karena tidak setiap orang memiliki penanganan masalah yang sama. Terkadang, seseorang hanya butuh curhat untuk melepaskan penat dalam pikirannya sehingga mereka hanya ingin didengar tanpa ingin menerima saran apapun. Cukup dengarkan dan berikan ucapan penyemangat agar temanmu tidak menyerah seperti "tenang saja, aku akan selalu ada di sini untuk mendengarkan cerita kamu".



    Perlihatkan kepedulianmu

    Selama temanmu bercerita, tutup handphone kamu dan perlihatkan kepadanya bahwa kamu benar-benar mendengarkan ceritanya tanpa terganggu dengan hal lain. Setelah mendengarkan dengan baik apa yang mereka sampaikan, tunjukkan bahwa kamu memahami apa yang temanmu rasakan karena pasti apa yang dialaminya itu pasti tidak mudah. Ucapkan kalimat seperti “aku ngerti di posisi ini pasti berat banget buat kamu, aku tahu kamu sedih, and it is okay to be sad”.

    Berikan apresiasi

    Terkadang tidak mudah untuk seseorang berbagi cerita kepada orang lain mengenai masalah yang ada dalam dirinya sehingga kamu perlu memberikan apresiasi padanya karena mau berbagi cerita denganmu. Kamu harus memposisikan diri untuk memberikan temanmu kesempatan untuk berbicara dan meluapkan emosinya agar membuat perasaannya lega. Kamu bisa berikan ucapan kepada temanmu "terima kasih ya sudah percaya untuk cerita sama aku, yuk luapkan semua kesedihan kamu biar lega"




    Terimalah jika nasihatmu tidak didengar

    Orang memiliki masalah yang berbeda-beda sehingga cara menanggapi masalah setiap orang juga akan berbeda. Terkadang, hal yang menurutmu terbaik, belum tentu baik untuk temanmu. Sehingga jika kamu memberikan saran tetapi temanmu tidak menjalankan cara tersebut, terima saja. Kamu bisa memberikan ucapan seperti "aku tau yang kamu jalani sangat berat, kalau aku boleh berikan saran..., tetapi semua kembali ke diri kamu"


    (Haninadhira Husaini / Image: Dok. Liza Summer on Pexels)