Career

Cemas dengan Kondisi Finansial? Ini Cara Menghadapi Money Anxiety

  by: Redaksi       4/4/2022
  • Permasalahan mengenai keuangan memang seolah tidak ada habisnya. Belakangan sedang ramai dibicarakan mengenai money anxiety. Terdapat berbagai macam jenis faktor yang melatarinya. Seperti stres akan hutang, gaji yang dinilai tidak cukup, lalu merasa takut akan hidup serba kekurangan sekalipun sekarang sedang berkecukupan, hingga di titik enggan menyelesaikan tagihan.

    Tentu hampir setiap hari kita memikirkan mengenai keuangan, namun dilansir dari laman New View Psychology Australia, money anxiety biasanya disertai rasa takut dan penghindaran terhadap situasi yang berhubungan dengan keuangan.

    Corbin Blackwell, seorang certified financial planner dari Betterment juga memberi definisi lain. “Ini bukan hanya tentang terobsesi mengenai kondisi finansial Anda, tapi juga ketika merasa gagal dikarenakan situasi yang sedang Anda hadapi,” ujarnya seperti dikutip dari CNBC.



    Lalu bagaimana mengatasinya?

    Ceritakan Kepada Seseorang



    Jangan ragu untuk menceritakan akan rasa cemas dan ketakutan yang kamu alami kepada orang yang bisa kamu percaya. Baik itu keluarga, sahabat, atau ahli seperti psikolog maupun financial planner.

    Tulis Faktor Penyebab


    Alih-alih menghindar dari permasalah ada baiknya kamu menghadapi sekaligus menerima kenyataan. Menuliskannya pada notes bisa jadi cara. Diharapkan ini bisa memberikan pencerahan akan hal yang mesti dilakukan kedepannya seperti dilansir New View Psychology Australia.

    Misal kamu menulis ‘saya punya tagihan kartu kredit yang belum dibayar, namun saya bingung bagaimana bisa melunasinya’. Kamu mungkin akan tergerak untuk meminta bantuan semisal menghubungi bank untuk mendiskusikan skema pembayaran sesuai kemampuanmu.

    Buat Jadwal Cek Status Keuangan


    Mengatur keuangan bisa jadi hal yang membuat kita overwhelmed. Ini bukan hanya tentang membayar kartu kredit atau sewa kamar kos, tapi juga bisa jadi ketika membagi gaji untuk menabung dan sebagainya. Buat timeline pembayaran agar kamu tidak perlu langsung sekaligus membayar atau mengatur semuanya langsung sekaligus dalam satu hari.

    Mencari Informasi




    Jangan merasa ragu atau malas untuk menggali informasi mengenai keuangan. Sekarang ada banyak kelas webinar atau laman informasi yang membahas berbagai topik mengenai keuangan bagi Gen Z dan Millennial. Baik itu tips mengatur keuangan hingga mengenal produk perbankan.

    Cosmo Babe, jika rasa cemas yang kamu rasakan membuatmu depresi, jangan ragu untuk meminta bantuan profesional ya.

    Teks: Malcolm Rei/Foto: Freepik/Freepik-benzoix/Freepik-jcomp/pexels-Karolina Grabowska




    tags: tips keuangan