Celebrity

Lyodra, Sang Jawaranya Semua Tantangan!

  by: Giovani Untari       5/4/2022
  • Lyodra, Sang Jawara!

    Muda, berbakat, dan penuh energi positif, ada alasan mengapa Lyodra Ginting menjadi sosok penyanyi muda yang paling bersinar saat ini.

    Tapi satu hal yang mungkin belum Anda ketahui, pelantun Dibanding Dia ini selalu berani menghadapi setiap tantangan dan keluar dari zona nyamannya. Jadi bersiaplah melihat lebih banyak persona sang jawara ini di masa depan!




    Hai Lyodra, apa saja kesibukan kamu saat ini?

    Hai Cosmo! Saat ini saya sedang sibuk dengan beberapa jadwal menyanyi, proyek akting, serta ada iklan juga.



    Mari kita berbicara tentang karier bermusik kamu. Seperti apa prinsip yang selalu Lyodra pegang saat berkarya di dunia musik?

    Sebagai penyanyi yang masih terbilang baru di industri musik sebenarnya saya masih belajar dari banyak orang dan penyanyi senior bagaimana cara untuk konsisten. Pada intinya, prinsip yang selalu saya pegang adalah menjadi sosok yang terus konsisten dan produktif dalam berkarya.


    Apakah Lyodra memiliki keinginan untuk semakin mengeksplor dunia musik, misalnya menjadi penulis atau pencipta lagu?

    Pertanyaan menarik! Sebenarnya sekarang ini saya juga mulai mencoba untuk menulis lagu. Tapi mari kita lihat bagaimana ke depannya ya. Saya sudah belajar untuk menulis beberapa lirik dan mulai merasa mendapat inspirasi dari beberapa hal.


    Jaket & gaun: Berskha. Anting: House of Jealouxy.


    Kira-kira lagu tentang apa yang akan kamu tulis liriknya?

    Bisa jadi tentang percintaan sih, tapi kehidupan yang saya alami sepertinya juga akan asyik kalau dijadikan sebuah lagu. Doakan ya!


    Sepertinya kamu juga semakin serius menekuni dunia akting. Apa yang membuat Lyodra menyukai akting?

    Saya memang sudah tertarik dengan akting sejak masih sekolah. Dulu saya suka pura-pura akting dan berbicara sendiri di depan cermin. Saya juga tidak pernah menyangka kalau akan benar-benar terjun ke dunia akting. Bisa dibilang ada banyak sekali mimpi saya yang ternyata bisa terwujud! Kalau bercerita tentang mimpi, saya suka merasa amazed sendiri dengan apa yang saya alami.


    Well... peran / genre seperti apa yang ingin kamu eksplor ke depannya?

    Saya tidak ingin menutup segala kemungkinan yang akan hadir dalam hidup saya. Tetapi jika bisa memilih, saya ingin berakting antagonis lagi. Atau mungkin mencoba peran perempuan yang tidak bisa diam atau ceroboh sekali di tempat kerjanya. Akan seru sepertinya berakting untuk peran seperti itu.


    "Saya tidak ingin orang terpaku dengan stigma Lyodra hanya seorang penyanyi, karena saya senang mengeksplor diri."


    Sebagai seorang penyanyi gen Z yang paling bersinar saat ini, apa kesulitan terbesar yang kamu rasakan?

    Tantangannya mungkin lebih kepada kepada kesiapan mental. Karena saya berkarier dari usia muda dan harus menghadapi kerasnya dunia, serta netizen. Dulu saya sempat berpikir “Enggak ada lah mulut netizen yang jahat”. Tetapi ternyata adalah lho yang sampai berkomentar parah! Waktu awal-awal saya jelas sempat shock. Tapi semakin ke sini saya lebih memilih untuk bersikap bodo amat dan tidak terlalu peduli dengan orang yang tidak menyukai saya. Karena saya rasa itu adalah hak setiap orang untuk suka atau tidak suka kepada kita. Saya belajar agar tetap fokus berkarya dan mengontrol apa yang memang ingin saya pikirkan.



    Crop blazer dan celana cargo: SVH. Anting: House of Jealouxy.


    Lyodra sudah melalui banyak tantangan sejak saat masih berkompetisi di sebuah ajang pencarian bakat. Dan jelas karier setelah kompetisi pun membawa kamu pada tantangan yang lebih besar lagi. Bagaimana cara kamu terus maju dan membuktikan diri menjadi yang terbaik?

    Kalau saya prinsipnya adalah tidak perlu ada pembuktian ke orang lain. Jalani saja sesuai alurnya, tetap berkarya, produktif, dan menjadi diri sendiri. Orang mau suka atau tidak, silakan. Karena kalau membuktikan kesannya seperti ada dendam ya. Sesuatu yang dipendam itu jelas bisa meledak suatu hari nanti. Rasanya hati juga jadi tidak tenang. Lalu kalau mau terus dibuktikan itu takutnya sampai kapan pun juga akan selalu merasa kurang. Yang penting jalan terus supaya hati dan pikiran tetap damai. Karena saya sadar dalam hidup kita juga perlu kebahagiaan dan rasa damai.


    Menurut Lyodra, apa arti sebuah tantangan dalam hidup?

    Tantangan jelas perlu ya dalam hidup kita. Karena kalau hidup terlalu mulus sepertinya juga jadi tidak asyik. Saya sering menamai tantangan itu keluar dari comfort zone. Bagaimana cara saya berani untuk tampil beda dan keluar dari zona aman. Saya sering beberapa kali mencoba keluar dari comfort zone, misalnya dengan meng-upgrade kemampuan diri. Orang tahu saya adalah penyanyi, tapi saya mencoba berakting dan mungkin suatu hari saya juga bisa buka usaha atau berbisnis. Saya senang mencoba dan mempelajari hal-hal yang ada di luar zona nyaman. Saya tidak ingin orang terpaku dengan stigma Lyodra hanya seorang penyanyi, karena saya senang mengeksplor diri.


    Atasan: H&M. Celana: Bershka.


    Apa satu tantangan yang paling sulit dan berhasil kamu lalui selama berkarier?

    Tantangan tersulit sebenarnya bukan dari segi menyanyi, tetapi dari segi kehidupan. Karena sebagai manusia kita tidak bisa selalu memiliki mood yang baik, kan? Tetapi kita harus tetap profesional dan tersenyum di depan kamera. Orang lain tidak boleh tahu apa yang kita rasakan. Itu satu kesulitan yang cukup menantang bagi saya. Semua orang yang bekerja di bidang entertainment mungkin ikut merasakan hal tersebut. Tapi saya sadar itu adalah bagian dari risiko profesi ini dan setiap pekerjaan perlu dijalani dengan penuh tanggung jawab. Akhirnya saya memilih membawanya dengan lebih enjoy.



    Kalau saya prinsipnya adalah tidak perlu ada pembuktian ke orang lain. Jalani saja sesuai alurnya, tetap berkarya, produktif, dan menjadi diri sendiri.


    Karier dan popularitas kamu semakin meningkat setiap tahunnya. Adakah momen tertentu yang membuat kamu merasa kesulitan menghadapi segala popularitas ini? 

    Ada kalanya saya rindu dengan diri saya yang dulu. Tapi bukan berarti saya tidak mensyukuri apa yang saya miliki sekarang, cuma kadang ada momen di mana saya merasa "Oh menjadi publik figur ternyata tidak semuanya enak ya." Karena saya harus memikirkan banyak orang dan hal tertentu. Saya harus lebih memerhatikan diri sendiri juga dibanding dulu. Tapi saya bersyukur karena ada banyak sisi positifnya juga. Saya percaya kalau kita melihat suatu hal secara positif dan baik, maka hal baik tersebut juga akan datang kepada kita. Saya tidak pernah menyangka akan sampai di titik ini. Jadi saya sangat bersyukur dan berusaha agar bisa selalu meningkatkan kualitas diri.


    Dengan segala kesibukan kamu, apa benda yang selalu dibawa setiap harinya?

    Smartphone pastinya! Karena semua hal ada smartphone saya tersebut.




    Gaun: Onitsuka Tiger.


    Apa fitur yang selalu kamu perhatikan ketika memilih sebuah ponsel?

    Yang penting nyaman untuk digunakan sebagai sarana berkomunikasi dengan orang terdekat kita. Terus faktor baterai yang awet dan mendukung fast charging juga penting. Karena kadang kalau sedang syuting saya bisa sampai malam bahkan pagi pagi. Makanya butuh smartphone yang memiliki baterai maksimal. Itu mengapa saya memilih Redmi Note 11 Pro yang punya kapasitas baterai besar 5.000 mAh dan 67W turbo-charging yang mampu mengisi baterai hingga 50% hanya dalam waktu 15 menit.


    Sebagai Gen Z, konten foto dan video jelas penting untuk diunggah ke media sosial. Apakah Lyodra termasuk yang sering memakai fitur kamera ponsel?

    Benar sekali! Meski terkadang ada fotografer, tapi jelas ada banyak momen di mana sehari-hari saya lebih menggunakan fitur kamera di smartphone. Biar lebih praktis juga!


    Apa yang kamu sukai dari fitur kamera di Redmi Note 11 Pro?

    Kamera depan Redmi Note 11 Pro dengan 16MP. Fitur ini membantu menghasilkan foto selfie yang jernih dan alami. Kamera belakangnya juga tidak kalah keren dengan sensor utama 108MP. Saya suka hasil foto kamera belakang ponsel ini karena detailnya yang nyata dan beresolusi tinggi. 



    Atasan: ZARA. Rok: Onitsuka Tiger. Kalung: H&M.


    Apa yang biasanya Lyodra lakukan ketika memiliki waktu luang?

    Tidur, nonton, dan main ke wahana hiburan. Setiap ada waktu kosong saya berusaha untuk mengggunakan waktu tersebut dengan sebaik mungkin.



    Tahun 2021 lalu nama kamu masuk sebagai peringkat ke-8 sebagai Perempuan Tercantik di Dunia Peringkat versi TC Candler 2021. Bagaimana perasaannya saat mendengar kabar baik ini?

    Saya kaget dan bingung awalnya, itu award apa? Bagaimana saya bisa masuk ke sana? Haha... Namun saya rasa ketika ada orang yang mengapresiasi kita, kita juga harus mengapresiasi mereka kembali. Jadi jelas saya berterima kasih atas dukungannya di penghargaan tersebut. Saya membawa award ini sebagai sesuatu yang fun dan seru. 


    Saya percaya kalau kita melihat suatu hal secara positif dan baik, maka hal baik tersebut juga akan datang kepada kita. 


    Apa keinginan terbesar Lyodra di tahun 2022? 

    Semoga di tahun 2022 ini saya bisa merilis sebuah album baru dan mengeluarkan beberapa single juga. Saya juga ingin sekali bisa berkolaborasi dengan seorang musisi internasional yang spesial. Belum bisa saya bocorkan sekarang, tapi semoga segera terealisasi. Tungguin saja ya!


    Atasan & celana: SVH.


    Terakhir, bisa berikan satu pesan kepada Cosmo Babes yang mungkin saat ini sedang struggle dalam mewujudkan mimpinya supaya bisa menjadi jawara dalam menghadapi tantangan hidup?

    Semangat terus untuk kalian. Semua orang pasti punya mimpi dan bukan sesuatu hal yang salah untuk bermimpi setinggi-tingginya. Siapa tahu suatu saat impian tersebut bisa terwujud. Intinya semangat terus dalam menghadapi semua tantangan dan percaya bahwa kita semua sudah diberikan talenta kok. Tinggal bagaimana cara kita agar lebih peka mengenali talenta tersebut. Gali terus, temukan talenta kamu dan kembangkan. Semangat!


    Seluruh foto diambil menggunakan smartphone Redmi Note 11 Pro.


    Simak juga E-magazine Cosmopolitan edisi Maret - April 2022 dengan cover star Lyodra Ginting berikut:





    Fotografer: Hadi Cahyono
    Fashion Stylist: Dheniel Algamar
    Digital Imaging: Raghamanyu Herlambang
    Layout: S. Dewantara
    Text: Giovani Untari / FT
    Assistant Fashion Stylist: Haninadhira Husaini
    Makeup: Ryan Ogilvy
    Hair: Firda Jean
    Wardrobe: SVH Official, Onitsuka Tiger, H&M, Bershka
    Aksesoris: House of Jealouxy
    Location: Timezone Lippo Mall Kemang Lantai 3, Jakarta Selatan.