Fashion

Kolaborasi Klamby x Bazaar Menghadirkan Koleksi “Mashrabiya”

  by: Haninadhira Husaini       5/4/2022
  • Girls, Wearing Klamby kembali memberi kejutan di tahun ini. Wearing Klamby adalah brand lokal yang konsisten menghadirkan koleksi baju bertemakan Indonesia. Biasanya koleksi yang diluncurkan berupa blouse, tunic, dress dan hijab. Dengan mengambil inspirasi kekayaan Indonesia label ini selalu berhasil menyuguhkan busana yang ditunggu-tunggu oleh fashionista.


    Kali ini menggandeng media fashion & lifestyle yaitu Harper’s Bazaar, Klamby menghadirkan sebuah koleksi terbaru untuk Spring/Summer yang bernama “Mashrabiya”. Ketika brand busana modest wear dan media fashion bertukar ide, maka pada tanggal 1 April 2022 kolaborasi tersebut berhasil menciptakan sebuah gelaran peragaan busana yang diselenggarakan di The Dharmawangsa Jakarta. Tentu saja ini menjadi suatu acara yang ditunggu-tunggu oleh para pecinta mode di Indonesia.


    Klamby menyajikan banyak pilihan busana istimewa untuk bulan Ramadhan. Label ini menghadirkan Exclusive Raya Collection Series untuk pecinta modest wear dan keluarga Klamby yang diberi nama Mashrabiya yaitu sebuah koleksi busana istimewa dengan sentuhan pattern elegan dan warna glamor.







    Psst, koleksi Mashrabiya ini terinspirasi dari perpaduan timur tengah dan Indonesia, lho! Jalur sutra yang pada zaman dulu terjadi menciptakan perdagangan & pertukaran ide dari kedua belah pihak di wilayah negara Asia. Dari timur tengah Mashrabiya terlihat pada dekorasi arsitektur berupa kisi - kisi kayu berukir yang digunakan pada jendela. Sedangkan Indonesia mengangkat rempah - rempah yang diperdagangkan oleh Kerajaan Sriwijaya. Kedua inspirasi tersebut melahirkan corak floral yang merupakan pengembangan visual dari rempah - rempah yang kemudian diadaptasi menjadi ciri khas koleksi ini. 




    Koleksi Mashrabiya menghadirkan 30 pilihan busana dengan desain yang memiliki nuansa baju tradisional indonesia dalam warna-warna lembut seperti merah muda, semi biru dan cream. Ilustrasi pattern diambil dari pola-pola gambar yang menghiasi interior bangunan peninggalan di Timur Tengah.

    “Dengan kesempatan kali ini Klamby dengan bangga mempersembahkan koleksi Mashrabiya ini di acara peragaan busana tunggal kami di The Dharmawangsa Jakarta, karena hanya tempat inilah yang mempresentasikan nuansa interior dan history yang sama dengan koleksi kami yang diambil dari Kerajaan Sriwijaya. Aku berharap para pecinta modest wear dan keluarga klamby dapat menikmati koleksi ini serta mengetahui bahwa Indonesia dan timur tengah ternyata memiliki kekayaan sejarah yang indah serta beragam. “ tutup Nadine Gaus.



    (Haninadhira Husaini / Image: Dok. Klamby x Bazaar)