Career

19 Pekerjaan yang Bisa Bikin Kamu Kerja dari Mana Saja

  by: Givania Diwiya Citta       7/4/2022
  • Apakah kamu sudah terbiasa dengan WFH – alias kerja dari rumah – sejak pandemi? Mungkin kamu pernah memimpikan kerja dengan ganti pemandangan dapur rumah jadi deretan pegunungan? Atau setelah kini kamu sudah masuk kantor lagi, kamu justru ingin kerja dari mana saja selain di kantor...?


    Cosmo berbicara dengan situs Glassdoor untuk mengumpulkan daftar pekerjaan yang memungkinkan kita untuk WFA – work from anywhere. Berikut adalah daftar yang sudah diberi peringkat sesuai peluang ketersediaannya – inilah sederet titel pekerjaan yang berkesempatan untuk kerja di luar kantor, alias di mana pun itu yang kamu sukai!




    19. Operations Manager



    18. Data Engineer


    17. Business Development Manager


    16. Front End Engineer


    15. Programme Manager


    14. Marketing Manager





    13. Cloud Engineer


    12. Software Engineer


    11. Consultant


    10. Corporate Recruiter


    9. Data Scientist


    8. Customer Success Manager


    7. Product Manager


    6. Devops Engineer







    5. Delivery Manager


    4. Enterprise Architect


    3. Full Stack Engineer


    2. HR Business Partner


    1. UX Designer


    Tip untuk meraih pekerjaan impian dari ahlinya:

    Sebelum kamu melakukan apapun, coba tanyakan pada diri sendiri pertanyaan yang sama, baik saat kamu melamar peran pekerjaan yang berbasis di kantor atau yang memiliki pilihan untuk WFA.

    • Apakah saya bersemangat dengan peran ini?
    • Apakah nilai dan budaya perusahaan cocok dengan saya?
    • Apakah kemampuan saya relevan terhadap pekerjaan ini?
    • Akankah perusahaan dan posisi ini memenuhi keinginan saya dari pekerjaan?


    “Jika jawaban Anda semuanya adalah ‘iya’, maka ingatlah bahwa kompetisi untuk pekerjaan WFA jadi semakin sengit,” ujar Jill Cotton, yang merupakan ahli karier di Glassdoor. “Dengan adanya segudang orang berbakat di skala global, maka Anda harus memastikan bahwa Anda bisa memberi kemampuan terbaik dan mampu menunjukkan pada sang perekrut mengapa Anda adalah pilihan yang tepat untuk peran tersebut.”


    “Ketika melamar suatu posisi, lakukan apapun yang dibutuhkan pekerjaan tersebut,” saran Jill. “Jika perusahaan ingin CV Anda dalam format tertentu, maka ikutilah panduannya untuk memastikan Anda lolos tahapan yang pertama. Bacalah juga dengan hati-hati seluruh spesifikasi pekerjaan tersebut, dan pastikan kemampuan Anda yang ditulis di CV cocok dengan yang dibutuhkan oleh pekerjaan tersebut. Jika Anda sedang beralih dari industri lain dan belum punya pengalaman yang dibutuhkan pekerjaan tersebut, jelaskan saja kemampuan peralihan yang dimiliki dan bagaimana kemampuan Anda bisa memberi sumbangsih pada pekerjaan tersebut.”


    Bahkan jika lamaran pekerjaan tersebut menyebutkan bahwa surat lamaran tidak wajib dibuat – namun lebih baik sertakanlah. “Inilah kesempatan Anda untuk menunjukkan gairah Anda kepada perusahaan dan mengapa Anda adalah orang yang cocok untuknya,” jelas Jill.


    Lalu untuk opsi WFA, Jill menyebutkan bahwa perekrut akan ingin tahu apakah kamu memiliki kemampuan berikut ini:

    • Kemampuan untuk bekerja independen:Micromanagement tak akan bisa dilakukan, jadi bos Anda akan butuh kepercayaan bahwa Anda punya pemahaman dan kemampuan yang dibutuhkan oleh pekerjaan,” ujar Jill.
    • Komunikasi yang kuat: “Frustrasi bisa dengan cepat muncul jika Anda tidak mampu berkomunikasi dengan jelas lewat bicara dan tulisan. Tunjukkan bahwa Anda gesit dalam membangun hubungan dengan kolega dan bersiaplah untuk berkomunikasi lewat bermacam platform – email, Slack, telepon, video, dan lainnya – sepanjang hari untuk bisa terhubung dengan tim.”
    • Memotivasi diri sendiri: “Keberhasilan WFA membutuhkan kepercayaan, dan Anda butuh mendemonstrasikan bahwa Anda bisa menyelesaikan pekerjaan tanpa kehadiran fisik Anda di depan bos.”
    • Mampu terbiasa menggunakan alat online dan sumber digital: “Alat yang dibutuhkan akan beragam dari satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya, karena inilah satu-satunya koneksi yang akan Anda punya dengan perusahaan baru Anda. Jadi, pastikan saja Anda menunjukkan bahwa Anda bisa beradaptasi dengan cara bekerja yang seperti ini,” ujar Jill.


    Good luck, Cosmo babes! Jadi, mungkin kita bisa bertemu sambil bekerja dari pantai?


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan.com/uk / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Givania Diwiya / Image: Pavel Danilyuk dari Pexels / Alice Snape)



    tags: work anywhere