Better You

Ini Dia 5 Manfaat Menulis, Bisa Bantu Ungkapkan Pikiran!

  by: Redaksi       6/4/2022
  • Tahukah kamu kalau ternyata menulis bisa membantu kamu untuk melepaskan stres? Yup.. untuk sebagian orang, selain menjadi media untuk mengungkapkan ide, menulis juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk melepaskan stres dan menjernihkan pikiran, lho!

    Ternyata masih ada beberapa manfaat lainnya juga dari menulis yang bisa kita rasakan. Yuk, simak!




    1. Bantu ungkapkan isi pikiran





    Kalau kamu sulit untuk mengungkapkan isi pikiran dan hati, kini kamu bisa menuangkannya dengan cara menulis. Bagi beberapa orang mungkin lebih senang mengungkapkan perasaan dan isi hati mereka dalam bentuk tulisan. Menulis juga bisa membantumu meredakan emosi dan menenangkan diri, girls!


    2. Meningkatkan kreativitas




    Dengan menulis kamu juga bisa melatih dan meningkatkan kreativitas yang kamu punya. Sebab dengan menulis kamu dilatih untuk mengolah konsep dan kata-kata yang terlintas dalam pikiranmu. Cara ini juga akan membantu agar kamu terhindar dari kondisi stuck saat melakukan pekerjaan.


    3. Membantu memperkuat daya ingat




    Menulis juga membantu dalam memperkuat daya ingatmu. Saat menulis, otak akan bekerja mencari ide tulisan, memikirkan kerangka tulisan, dan menyelesaikan tulisan tersebut menjadi sebuah cerita yang indah.

    Sehingga secara tak langsung, daya ingatmu akan terlatih karena otak dan tangan bekerja sama untuk menghasilkan sebuah karya.


    4. Menjadi lebih terorganisir




    Well… karena terbiasa membuat kerangka tulisan agar cerita yang dibuat tertata rapi, menulis juga bisa membuat kamu menjadi lebih terorganisir dalam melakukan pekerjaan lainnya. Apalagi kalau kamu terbiasa untuk membuat perencanaan, maka menulis bisa menjadi hobi baru yang patut kamu coba.


    5. Meningkatkan kemampuan berbahasa




    Terakhir, dengan rajin menulis juga akan membantu kamu dalam meningkatkan kemampuan berbahasa, seperti kemampuan memilih diksi yang tepat dalam kalimat. Kegiatan ini juga bisa mempermudah kamu dalam menyampaikan makna suatu hal secara sederhana namun tepat sasaran kepada orang di sekitarmu.





    (Margaretha Gabriella Ayudityas / GIO/Images: Photo by Karolina Grabowska on Pexels, Photo by Hannah Olinger on Unsplash, Photo by, Photo by Thought Catalog by Unsplash, Photo by Ivan Samkov on Pexels, Photo by Jess Bailey Designs on Pexels, Photo by Judit Peter on Pexels)