Official Content

Art Jakarta Gardens 2022 Kembali Hadir Secara Luring 7-14 April

  by: Redaksi       8/4/2022
  • Art Jakarta Gardens 2022 kembal hadir secara luring atau offline mulai dari 7 sampai 14 April 2022 di Hutan Kota by Plataran, Jakarta. Pameran seni tahunan tersebut sempat diselenggarakan seacar daring karena pandemi Covid-19.

    Konsep bau, inovatif dan terbuka diusung oleh Art Jakarta Gardens 2022. Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo turut hadir sekaligus meresmikan pameran Art Jakarta.




    "Tahun ini dengan situasi yang lebih baik, saya senang sekali bahwa Art Jakarta Gardens 2022 bisa dilaksanakan secara fisik dengan menerapkan protokol kesehatan dan bahkan menggunakan konsep semi-outdoor yang pastinya lebih baik dari segi sirkulasi udara," kata Angela saat memberikan sambutan sekaligus membuka pameran.


    Angela yakin pagelaran seni tersebut bisa menembus 8000 dan berjalan baik. Dirinya juga berharap pekan seni ini bisa meningkatkan apresiasi publik dan transaksi terhadap karya seni rupa, dan juga bisa menarik wisatawan khususnya pencinta seni kontemporer untuk datang ke Jakarta. Meski pameran seni yang diadakan secara luring penting, Angela mengingatkan untuk tidak mengabaikan digitalisasi dan mengajak untuk mencari konsep kombinasi antara daring dan luring demi menyasar konsumen muda yang tak asing dengan dunia digital.


    Art Jakarta Gardens 2022 melibatkan 100 seniman dalam dan luar negeri. Karya para perupa Indonesia terkemuka, antara lain I Nyoman Nuarta yang dipresentasikan oleh Linda Gallery, Dolorosa Sinaga yang dipresentasikan oleh Facade x Kiniko Art, Nus Salomo yang dipresentasikan oleh SAL Project, dan Sunaryo yang dipresentasikan oleh Bale Project dan menghiasi Art Jakarta Gardens. Sementara Karya seniman mancanegara, seperti Ashley Bickerton dan Dusadee Huntrakul juga ikut dipamerkan.




    Area pameran dalam ruang pada Art Jakarta Gardens berlangsung di dalam dua tenda khusus yang menampung 20 galeri seni rupa. Dari Indonesia, akan hadir karya dari ROH, Jakarta; Artsociates, Bandung; Kohesi Initiatives, Yogyakarta. Sementara dari mancanegara akan hadir karya dari Gajah Gallery, Singapura dan A+ Works of Art, Kuala Lumpur.

    Tidak ketinggalan, mengiringi maraknya seni rupa digital dan teknologi blockchain yang berkembang belakangan ini, Art Jakarta Gardens berkolaborasi dengan Solana untuk menampilkan pameran NFT. Art Jakarta Gardens 2022 dibuka pada 7-8 April khusus untuk undangan. Lalu bagi Cosmo Babes yang ingin menghadiri pameran seni tersebut bisa berkunjung mulai 9 hingga 14 April 2022. Tiket tersedia di website rersmi artjakarta.com.


    (Fadia Syah Putranto / Image / Dok.Jakarta Art Gardens)