Career

Mengenal 7 Jenis Rasa Malas, Mana yang Sering Kamu Alami?

  by: Redaksi       11/4/2022
  • Salah satu tantangan terbesar yang kita hadapi setiap harinya selain jalanan macet, mungkin adalah menyingkirkan rasa malas. Apalagi di awal dan akhir minggu, berat rasanya untuk menjalani rutinitas. Siapa sangka bila rasa malas ada banyak jenisnya. Apa yang kita sebut procrastination atau menunda nyatanya berbeda, dan malas bukanlah penyebabnya melainkan gejala.

    Ada 7 jenis malas yang sering dialami dan mindset yang perlu kamu tanamkan untuk bisa mengatasinya.

    Confusion: “I don’t know what to do.”




    Ketika diberi tanggung jawab baru, entah itu sesuatu yang memang kita familiar atau asing, pasti kita pernah merasakan kebingungan untuk memulai darimana. Laman Psychcentral melansir untuk mengatasinya kamu perlu menemukan ketenangan. Jika masih bingung, maka terima lah perasaan ini, stay fully present. Diharapkan kamu akan mendapat gambaran akan langkah yang perlu diambil.

    Neurotic Fear: “I just can’t.”

    Kemalasan sering disertai ketakutan untuk menghadapi tanggung jawab atau permasalahan yang ada di depan mata. Ini adalah perasaan yang wajar terjadi. Hal yang perlu kamu lakukan untuk mengatasinya, well, hadapi saja rasa takutmu.


    Fixed Mindset: “I’m afraid I’ll fail or look stupid.”

    Selain takut gagal, kadang kita malas melakukan sesuatu juga karena merasa kita tak punya kemampuan. Kegagalan adalah resiko yang harus kita ambil ketika ingin berhasil. Tanamkan mindset bahwa ‘setiap kegagalan yang saya alami adalah proses pembelajaran untuk jadi lebih baik lagi’.

    Lethargy: “I’m too tired. I don’t have the energy.”


    Bahkan untuk menghadapi rasa malas saja kadang kita merasa tak punya energi. Psychcentral menuliskan bahwa mandi air dingin bisa jadi cara untuk memulihkan energi. Olahraga juga bisa jadi cara lain. Jika kamu tipe yang malas berolahraga berat, ada banyak teknik dan jenis olahraga ringan yang bisa kamu lakukan lho baik itu dari kamar ketika sedang WFH atau bahkan di meja kerja.

    Regret: “I’m too old to get started. It’s too late.”

    Merasa tertinggal dibanding orang lain, atau menyesal telah melewatkan tawaran yang ada? Don’t be! Menerima situasi yang ada dan kemudian berani untuk melanjutkan rutinitas seperti biasa adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.

    Apathy: “I just don’t care about anything.”


    Malas sering berujung kita tak mau tahu menahu tentang apapun yang berhubungan dengan urusan terkait. Coba cari hal yang paling kamu senangi dan jadikan sebagai reward jika kamu berhasil mengatasi rasa malas. Semisal, kamu akan binge drama korea favorit sehabis menyelesaikan pekerjaan ini.

    Identity: “I’m just a lazy person.”


    Rasa malas adalah hal yang bisa kita atasi. Bukan sesuatu yang mendefinisikan diri kita. Coba ingat kembali ketika kamu berhasil mengatasi permasalahan atau menyelesaikan pekerjaan berat di masa lalu. Hal itu membuktikan bahwa kamu punya kapabilitas untuk memikul tanggung jawab yang diberikan.



    Teks:Malcolm Rei/Foto: Unsplash-Hanna Postova/Pexel-Anna Shvets/Freepik-lookstudio/Freepik-diana.grytsku




    tags: karier