Lifestyle

Bikin Nostalgia! 8 Film Indonesia Tentang Kisah Cinta Masa Remaja

  by: Redaksi       11/4/2022
  • Kisah cinta pada masa remaja pastinya selalu dikenang karena merupakan salah satu momen yang paling indah dalam kehidupan manusia. Momen masa remaja selalu dipenuhi dengan persahabatan yang seru, pencarian jati diri, persiapan untuk menggapai cita-cita, hingga percintaan yang manis.

    Sehingga tak heran jika banyak rumah produksi film Indonesia yang mengangkat kisah cinta saat remaja untuk dijadikan film yang bisa membangkitkan memori seru pada masa sekolah.

    Berikut ada beberapa rekomendasi film Indonesia bertemakan kisah cinta remaja yang bikin kamu nostalgia saat menontonnya. Yuk, simak!




    1. Ada Apa Dengan Cinta (2002)




    Film yang satu ini tak ada matinya meski sudah dirilis sejak 20 tahun yang lalu. Ada Apa Dengan Cinta a.k.a AADC bercerita tentang kisah cinta antara Rangga (Nicholas Saputra) dan Cinta (Dian Sastrowardoyo) yang memiliki sifat bertolak belakang.

    Kisah cinta mereka juga cukup diuji hingga penonton ikut terbawa suasana saat menontonnya. Tak hanya bercerita tentang hubungan asmara semasa SMA, AADC juga membahas mengenai drama persahabatan geng Cinta yang beranggotakan Alya (Ladya Cherill), Karmen (Adinia Wirasti), Maura (Titi Kamal), dan Milly (Sissy Priscillia).


    2. Surat Kecil untuk Tuhan (2011)



    Surat Kecil untuk Tuhan merupakan film yang diadaptasi dari kisah nyata Gita Sesa Wanda, lho. Film ini tak cuma menampilkan serunya masa SMA, tetapi juga berkisah tentang perjuangan seorang gadis melawan kanker yang menginspirasi.

    Gita alias Keke yang memiliki sifat periang dan cerdas, diharuskan menerima kenyataan bahwa dirinya menderita kanker Rhabdomyosarcoma (kanker yang terbentuk di jaringan lunak, terutama di jaringan otot rangka).

    Kenyataan itu tentu pahit adanya, bagaimana bisa masa-masa SMA yang begitu indah harus ia lalui bersama sakitnya ini. Namun, dukungan dari teman hingga pacar pun terus mengalir.


    3. Refrain (2013)



    Refrain merupakan film yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama milik Winna Efendi.

    Film ini berkisah tentang antara Niki (Maudy Ayunda) dan Nata (Afgansyah Reza) saat masih duduk di bangku SMA. Telah bersahabat sejak lama, diam-diam Nata menyimpan perasaan terhadap Niki.

    Namun, perasaan itu Nata sembunyikan lantaran Niki sudah berpacaran dengan kapten tim basket sekolah, Oliver (Maxime Bouttier).Berhasilkah Nata mengungkapkan perasaannya pada Niki?


    4. Posesif (2017)



    Tampak seperti film remaja degan kisah cinta biasa, tapi siapa sangka film Posesif berkisah tentang sisi kelam dari sebuah hubungan toxic yang tak banyak dibahas dari film remaja umumnya.

    Berawal dengan sederhana tentang dua remaja bernama Lala (Putri Marino) dan Yudhis (Adipati Dolken) yang saling jatuh cinta dan memutuskan untuk pacaran. Lambat laut Yudhis mulai menunjukkan sifat posesifnya yang berlebihan. Ia selalu ingin bersama Lala, bahkan ketika sebenarnya Lala sedang sibuk dengan kegiatannya sendiri. Dari situlah segala konflik hingga kekerasan pun terjadi. Film ini juga disebut sebagai film remaja Indonesia pertama yang bergenre romantic-suspense.


    5. Galih dan Ratna (2017)



    Galih dan Ratna merupakan hasil remake dengan konsep yang lebih modern dari film populer Gita Cinta dari SMA (1979).

    Film ini menceritakan tentang Galih (Refal Hady) seorang murid teladan yang menyukai musik dan Ratna (Sheryl Sheinafia) yang merupakan murid pindahan. Benih-benih cinta di antara mereka muncul berkat kesukaan mereka terhadap musik. Namun, perbedaan yang ada menjadi rintangan yang harus mereka hadapi.

    Buat kamu yang menyukai musik, film Galih dan Ratna ini akan membuat kamu bernostalgia saat masih mendengarkan mixtape melalui walkman dan indahnya kasmaran semasa SMA di masa lalu.


    6. Dear Nathan (2017)



    Siapa di sini yang pernah membaca Dear Nathan sejak versi Wattpad-nya dirilis?

    Film yang disutradarai oleh Indra Gunawan ini mengisahkan tentang kisah cinta anak muda antara Nathan dan Salma yang penuh konflik. Mulai dari Nathan yang berulah karena memukul seorang siswa, sampai kehadiran Rebecca dalam hidup Salma. Kesalahpahaman yang sering terjadi di antara keduanya menjadi ‘bumbu’ yang berhasil menghidupkan cerita dalam film ini.


    7. Dilan 1990 (2018)



    Film remaja yang populer pada 2018 ini berkisah tentang cinta monyet semasa SMA antara Dilan (Iqbaal Ramadhan) dengan Milea (Vanesha Prescilla). Segudang gombalan yang Dilan lontarkan sukses membuat siapa saja yang mendengarnya melting, termasuk Milea.

    Konflik pun muncul karena kebiasaan Dilan sebagai panglima tempur yang sering nongkrong dan tawuran bersama geng motornya mulai mengganggu hubungannya bersama Milea.


    8. Bebas (2019)



    Bebas merupakan film yang diadaptasi dari film Korea Selatan dengan tajuk Sunny. Film ini mengisahkan tentang persahabatan sebuah geng bernama 'Bebas' yang beranggotakan Vina (Maizura), Kris (Sheryl Shenafia), Gina (Zulfa Maharani), Jessica (Agatha Pricilla), Suci (Luthesa), dan Jojo (Baskara Mahendra).

    Dengan alur yang unik, kamu akan dibawa dalam kenangan semasa SMA di era 90-an. Di mana saat itu, masa sekolah diisi dengan manisnya jalinan persahabatan hingga kegiatan nongkrong bareng sepulang sekolah.





    (Margaretha Gabriella Ayudityas/ GIO / Images: Photo by IMDB)