Better You

6 Olahraga yang Bisa Kamu Lakukan Saat Puasa

  by: Redaksi       12/4/2022
  • Memasuki bulan suci Ramadan, tentunya kamu tetap harus produktif dalam menjalani hari. Dan untuk menjaga kesehatan fisikmu saat menjalani puasa, salah satu yang bisa kamu lakukan adalah dengan berolahraga. Olahraga akan membantu tubuh untuk tetap dalam kondisi yang sehat agar kamu bisa menjalankan puasa dengan maksimal.

    Berikut, Cosmo berikan 6 jenis olahraga yang bisa kamu lakukan saat berpuasa:




    1. Yoga





    Yoga menjadi salah satu olahraga ringan yang bisa kamu pilih saat berpuasa. Ini merupakan salah satu olahraga senam gerak badan yang menggabungkan gerakan fisik dan meditasi. Olahraga jenis ini tidak akan membuat badan merasa terlalu kelelahan tetapi tetap memiliki manfaat baik untuk kesehatan.

    Umumnya yoga bertujuan untuk melatih pernapasan, fisik, dan mental yang bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Meskipun gerakan yang dilakukan cukup sederhana, namun yoga memiliki manfaat yang baik untuk kekuatan dan kelenturan otot.


    2. Fitball




    Fitball adalah jenis olahraga full body workout dengan bantuan menggunakan exercise ball. Gerakannya pun cukup bervariasi, mulai dari gerakan untuk bagian tubuh tertentu hingga untuk seluruh tubuh.

    Selain membuat tubuh fit, olahraga ini juga membantu untuk menantang keseimbangan badan dan stabilitas core. Manfaatnya bisa mengencangkan otot dan fleksibilitas dan membantu memperbaiki postur tubuh.


    3. Bersepeda




    Bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga yang bisa kamu lakukan juga saat berpuasa. Cobalah untuk bersepeda di sore hari sembari mencari takjil dan menunggu untuk berbuka.

    Atur kecepatan saat kamu bersepeda agar tak merasa lelah sebelum sampai tujuan. Pilihlah juga rute yang tak terlalu jauh dan mudah untuk dijalani.


    4. Jogging




    Jogging juga menjadi olahraga alternatif selanjutnya yang efektif dilakukan ketika berpuasa. Olahraga tersebut memberikan manfaat yang baik untuk tubuh terutama pada jantung.

    Sama seperti bersepeda, kamu bisa lakukan jogging saat sore hari menjelang berbuka puasa sambil mencari udara segar.




    5. Workout




    Kalau kamu malas untuk keluar rumah, workout bisa jadi opsi terbaik yang kamu pilih karena kamu bisa melakukannya di rumah atau di dalam kamar.

    Gerakan yang dapat kamu lakukan pun cukup beragam, seperti push up, sit up, jalan di tempat, dan squat jump. Waktu terbaik melakukan workout adalah sore menjelang azan magrib agar tubuh bisa mendapatkan nutrisi pengganti dengan cepat.


    6. Pilates




    Kalau kamu menikmati yoga tetapi ingin sesuatu yang lebih intens, coba saja olahraga satu ini!

    Sama seperti yoga, pilates juga melibatkan teknik pernapasan saat melakukan gerakan. Olahraga ini berfokus pada core, sehingga dapat memperkuat otot perut dan panggul sambil menjaga postur tubuh dengan baik.


    Bagaimana babes? Cukup mudah bukan untuk dilakukan saat puasa? Tapi perlu diingat durasi dalam melakukan olahraga saat berpuasa perlu diatur dengan baik. Hal itu dilakukan agar tidak menimbulkan efek terlalu kelelahan untuk tubuh kalian yang sedang berpuasa.



    (Margaretha Gabriella Ayudityas/ GIO / Images: Photo by Natalie on Pexels, Photo by Andrea Piacquadio on Pexels, Photo by Paolo Chiabrando on Unsplash, Photo by Gustavo Fring on Pexels, Photo by Jonathan Borba on Pexels, Photo by Burst on Pexels, Photo by MART PRODUCTION on Pexels)