Lifestyle

Kenali Generation17 Dan Gerakan Mencapai Global Goals 2030

  by: Givania Diwiya Citta       13/4/2022
  • Girls, sudahkah kamu mendalami 17 Sustainable Development Goals yang ditargetkan tercapai pada 2030 mendatang? Jika belum mendalaminya, maka kini adalah saatnya kamu melek terhadap Global Goals yang bertujuan untuk melindungi populasi dan planet Bumi tersebut. Karena Generation17 yang beranggotakan para pemimpin muda usia 18 hingga 32 tahun, yang mendedikasikan dirinya untuk memberi inovasi pada kehidupan modern umat manusia, adalah sosok berpengaruh yang mampu memercik inspirasi kita dalam menjadi warga dunia nan bertanggung jawab.


    Generation17 yang diinisiasi oleh Samsung dan UNDP ini bertujuan untuk menggaungkan suara serta cerita para sosok pemimpin muda yang tersebar di berbagai penjuru dunia dalam perjuangannya meraih Global Goals. Semangat mereka dalam memecah batasan dan mendorong perubahan untuk masyarakat global inilah yang dibutuhkan agar mendorong kita membangun masa depan yang lebih baik bersama-sama. Beranggotakan 14 sosok pembuat perubahan (dengan enam anggota baru yang salah satunya merupakan perwakilan Indonesia!), para young leaders ini akan membangun solusi yang berdampak nyata dalam mencapai planet yang lebih sejahtera pada tahun 2030.







    Sejak Generation17 diluncurkan, inisiasi ini memanglah ditujukan mendukung generasi muda untuk tekun meningkatkan perubahan positif pada pendidikan, inklusi, serta iklim. Bukan hanya dari jenis kepemimpinan baru yang mampu mendorong masyarakat jadi lebih berkelanjutan, namun juga karena generasi muda inilah yang turut membuktikan bahwa teknologi bisa dimanfaatkan untuk kebaikan. Oleh karenanya, Generation17 berisikan ragam visioner, advokat, pelopor gerakan, hingga pengusaha yang berasal dari negara-negara di Asia, Afrika, Timur Tengah, Eropa, hingga Amerika Utara dan Amerika Latin. 


    Kegiatan yang dilakukan oleh Generation17 pun akan membuat kita lebih memelajari 17 Global Goals hingga mengajak kita untuk bergabung dalam misi kolektif mencapai masa depan cerah. Karena nyatanya, arti dari hidup sustainable tak hanya berkutat dalam memelihara lingkungan dan alam agar tetap lestari, lho, namun juga dalam membangun masyarakat global yang sehat. Mulai dari segi pemberdayaan perempuan, pertumbuhan ekonomi, hingga gaya produksi yang lebih bertanggung jawab. 






    Ya, seperti perjuangan salah satu anggota baru dari Generation17 yang *drum rolls please...* merupakan perwakilan dari Tanah Air, yaitu Tamara Dewi Gondo Soerijo. Pendiri bisnis yang bergerak di bidang sosial ini memberdayakan pengungsi perempuan untuk bekerja dan berkarya di organisasi yang dipimpinnya, Liberty Society. Di sini, para pengungsi perempuan yang nyatanya memiliki berbagai macam latar pendidikan dan kaya budaya, berkesempatan untuk meningkatkan keterampilannya agar bisa memiliki peluang akses masuk ke pasar lapangan kerja. Perjuangan Tamara bahkan tak hanya bergerak di Global Goals no. 5 yaitu Gender Equality serta dalam Global Goals no. 8 yaitu Decent Work And Economic Growth. Namun bisnis sosialnya pun menjual barang nan ramah lingkungan hingga menyentuh Global Goals no. 12 yaitu Responsible Consumption And Production. Inspiring!



    Jika kamu semakin tertarik mendalami tentang cara aktif berkontribusi pada Global Goals, kamu bisa lebih menggali ke-17 tujuan tersebut di sini, atau juga lewat aplikasi Samsung Global Goals, di mana kamu bisa belajar sekaligus berbagi kisah di dalam platform, hingga mendapat peluang bimbingan ataupun hadir ke UN ECOSOC Youth Forum. Yasss, just count Cosmo in!


    (Givania Diwiya / Image: Dok. Samsung & UNDP / Opening Image: Senivpetro on Freepik)