Better You

Anti Batal! Ini 5 Cara Mengatasi Emosi Saat Puasa

  by: Redaksi       13/4/2022
  • Selain menahan lapar dan haus, berpuasa juga mewajibkan kita untuk menahan emosi serta marah.

    Bagi sebagian orang, menahan amarah menjadi tantangan sendiri untuk melakukannya. Namun, jika emosi tersebut tak diatasi dengan baik maka akan memberikan dampak yang tak baik untuk kesehatan mental.

    Kali ini, Cosmo akan berikan beberapa cara mengatasi emosi saat berpuasa agar tidak batal. Yuk, simak:




    1. Beristirahat sejenak





    Jika kamu merasa lelah dengan pekerjaan yang sedang kamu jalani, cobalah untuk beristirahat sejenak untuk mengendalikan emosi. Terkadang kita jadi lebih mudah emosi dan sensitif karena kelelahan. So.. take care of yourself, girls!


    2. Menulis jurnal




    Dengan menulis, bisa membantu kamu untuk mengatasi emosi, lho! Jadi ketika kamu mulai merasakan marah atau kesal, kamu bisa menuliskan apa yang sedang kamu pikirkan dan rasakan di jurnal tersebut. Cara ini akan membuat emosimu jadi lebih terkontrol.


    3. Menghirup udara luar




    Jika kamu merasa sangat penat dan kesal, coba berhenti sejenak dan pergi ke luar untuk menghirup udara luar. Udara luar serta pemandangan hijau akan menenangkan pikiran dan membuatmu kembali fresh.


    4. Lakukan hal-hal produktif




    Coba arahkan kekesalan dan amarahmu saat ini pada hal-hal yang produktif. Alih-alih mengalihkan kekesalanmu dengan orang lain, kamu bisa mengarahkan emosi negatif tersebut pada aktivitas yang lain.

    Misalnya melakukan beberapa aktivitas seperti membersihkan rumah, melipat baju, menata kembali meja kerja atau melakukan tugas yang sempat tertunda. Hal ini akan mengalihkan pikiranmu dari sesuatu yang negatif.


    5. Bebaskan dari perasaan dendam




    Apa gunanya menyimpan rasa dendam saat berpuasa, babes? Menyimpan rasa dendam adalah sesuatu yang toxic dan hanya akan menambah emosi kita pada orang lain.

    Di bulan suci ini, lepaskan rasa dendam itu agar kamu menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan lebih mudah dalam menjalani hidup.





    (Margaretha Gabriella Ayudityas/ GIO / Images: Photo by Maksim Goncharenok on Pexels, Photo by Andrea Piacquadio on Pexels, Photo by Los Muertos Crew on Pexels, Photo by Artem Beliaikin On Pexels, Photo by cottonbro On Pexels, Photo by Liza Summer on Pexels, Photo by Andrea Piacquadio on Pexels)