Better You

6 Tips Makan Sahur Agar Puasa Lancar & Bebas Lapar

  by: Redaksi       14/4/2022
  • Agar tetap berenergi dan terhindar dari rasa haus saat menjalankan puasa, kamu perlu mengonsumsi makanan dan minuman yang tak membuatmu merasa cepat haus dan lapar.

    Pasalnya, banyak di antara kita yang beranggapan dengan mengonsumsi makanan sebanyak-banyaknya saat sahur, bisa membuat kita tetap kenyang dan kuat saat puasa seharian. Namun ternyata, makan dalam porsi banyak saat sahur tidak selamanya menjamin kita akan merasa kenyang seharian. Malahan, makan terlalu banyak saat sahur berisiko menyebabkan gangguan pencernaan, lho!

    Berikut Cosmo berikan daftar 6 makanan sehat saat sahur yang bikin kenyang lebih lama untuk kamu makan:




    1. Pilih karbohidrat kompleks





    Saat sahur, sebaiknya kamu lebih mengonsumsi makanan yang mengandung sumber karbohidrat, seperti nasi merah atau oatmeal.

    Nasi merah termasuk jenis makanan yang bisa membuat kenyangmu lebih lama dikarenakan mengandung karbohidrat dan serat yang dapat menunda rasa lapar. Makanan ini juga memberi energi tambahan agar kamu tetap kuat puasa seharian.


    2. Tambahkan asupan protein di menu makananmu




    Untuk memenuhi kandungan nutrisi, protein juga dibutuhkan saat kamu sahur. Salah satunya dengan mengonsumsi telur.

    Telur mengandung tinggi protein yang fungsinya membantu sistem kekebalan tubuh hingga kebutuhan bahan pembentukan sel pada jaringan tubuh. Sumber protein ini juga bisa dikombinasikan dengan makanan lain, seperti nasi goreng, sosis, atau roti.

    Tips menu baru dari Cosmo: cobalah membuat telur orak-arik dengan sayur bayam yang dibungkus tortilla. Nikmat!


    3. Masukkan daging rendah lemak 




    Daftar makanan yang bikin kamu kenyang lebih lama berikutnya adalah daging dengan rendah lemak. Pasalnya, daging ini tinggi kandungan protein dan juga dapat membantu mengendalikan nafsu makan.

    Walaupun bernutrisi, tetapi sebaiknya kamu juga mengonsumsi daging rendah lemak dibarengi dengan sayuran, sehingga kebutuhan nutrisi makanan kita terpenuhi selama berpuasa.


    4. Jangan lupa sayuran




    Tidak kalah menarik dari daging, pilihan makanan yang bikin kenyang lebih lama berikutnya adalah sayur-sayuran.

    Untuk memenuhi kebutuhan serat dan cairan untuk tubuhmu, perbanyaklah konsumsi sayuran, vitamin, dan mineral agar energi kamu tetap terjaga dan membantu menahan haus serta lapar.

    Beberapa jenis sayur yang disarankan dikonsumsi saat sahur adalah timun, bayam, dan seledri. Sayuran ini memiliki banyak kandungan air yang menjaga tubuh agar tidak kekurangan cairan.


    5. Konsumsi juga buah-buahan




    Tak lengkap rasanya jika sahur tak mengonsumsi buah-buahan. Buah yang direkomendasikan untuk sahur contohnya buah alpukat.

    Alpukat menjadi salah satu makanan yang bisa bikin kenyangmu menjadi lebih lama. Tingginya kandungan lemak dan serat dalam alpukat dapat menunda rasa lapar saat berpuasa. Kamu bisa mengolahnya menjadi jus segar, babes!


    6. Air putih




    Setelah makan, jangan lupa juga untuk tetap menjaga tubuh agar terhidrasi dengan baik. Cukupi anjuran minum air putih minimal delapan gelas sehari. Dua gelas saat berbuka, empat gelas di malam hari, dan dua gelas saat sahur.






    (Margaretha Gabriella Ayudityas/ GIO / Images: Photo by Lisa Fotios on Pexels, Photo by Suzy Hazelwood on Pexels, Photo by Cup of Couple on Pexels, Photo by Alex Pelsh on Pexels, Photo by Daria Shevtsova on Pexels, Photo by Cats Coming on Pexels)