Fashion

Ternyata Segini Besar Biaya untuk Belanja Fashion Sesuai Gaji

  by: Redaksi       15/4/2022
  • Seberapa sering kamu berbelanja kebutuhan fashion? Pakaian sendiri memang dikategorikan sebagai salah satu kebutuhan primer. Namun yang jadi permasalahan adalah frekuensi pembelian dan besaran biaya yang sering kita habiskan. Sering kali kita ‘lupa’ merencanakan anggaran untuk kebutuhan baju dan aksesori. Lalu sebenarnya berapa besaran biaya yang sebaiknya kita gunakan dari gaji untuk kebutuhan fashion?

    Pete Dunn seorang financial expert dalam tulisan di situsnya Pete the Planner mengemukakan besaran anggaran untuk fashion dari gaji adalah 5% per bulannya. Ini bahkan sudah termasuk dengan aksesori, biaya laundry, dan perbaikan. Itu berarti jika gajimu adalah Rp7 juta maka biaya untuk membeli baju dan aksesori perbulannya adalah Rp350 ribu. Kebutuhan dan gaya hidup setiap orang tentu berbeda-beda. Belum tentu semua orang akan membeli pakaian atau sepatu baru di tiap bulannya. Namun perhitungan 5 persen ini dapat dijadikan acuan. Berikut sejumlah pertimbangan lain untuk menghemat anggaran belanja fashion.

    Buat Perencanaan Apa yang Kamu Butuhkan




    Agar tidak overspend, kamu perlu membuat perencanaan baju apa yang paling kamu butuhkan. Blazer, kemeja, heels, celana panjang, dress hitam, dan celana hitam jadi kebutuhan mendasar bagi pekerja kantoran. Tak salah juga kamu memasukan party dress dalam daftar, yang penting keep it mind untuk menerapkan batasan anggaran.


    No Need to F.O.M.O


    Godaan untuk membeli baju baru memang bisa datang dari mana saja. Dari mulai teman sekantor hingga media sosial. Namun perlu diingat, etalase label baju favoritmu akan selalu berganti tiap minggu atau bulannya. Itu berarti akan selalu ada koleksi baru. Tak membeli sekarang bukan berarti kehilangan kesempatan untuk memiliki baju atau tas idaman.

    Jual Kembali


    Jika ingin mendapatkan anggaran tambahan, jangan ragu untuk menjual barang yang masih dalam kondisi layak pakai. Semisal jaket, dress, atau tas mungkin. Selain memberi ruang untuk barang baru, kamu juga bisa memutar uangnya kembali.




    Teks: Malcolm Rei/Foto:IMAXtree



    tags: tips belanja