Better You

6 Cara Mencegah Sariawan Selama Bulan Puasa

  by: Giovani Untari       15/4/2022
  • Selain masalah pencernaan, salah satu gangguan kesehatan yang kerap menjadi mimpi buruk selama bulan puasa adalah munculnya sariawan di area mulut. 

    Meski bisa sembuh dengan sendirinya, tetapi sariawan membuat area mulut terasa nyeri, munculnya bau mulut, bahkan berujung kesulitan makan. Apalagi saat berpuasa di mana kita tidak makan dan minum dalam jangka waktu tertentu, kondisi ini membuat mulut lebih kering dan memicu sariawan terasa lebih sakit dari biasanya.




    Ada beberapa hal yang menjadi penyebab sariawan, dear! Mulai dari infeksi virus dan baktei di mulut, perubahan hormon, kekurangan zat nutrisi tertentu, sampai urusan makanan yang terlalu berminyak dan pedas.

    Jadi agar puasamu selalu berjalan lancar, berikut 6 cara mencegah sariawan selama bulan puasa yang bisa kamu terapkan.



    1. Selalu mengonsumsi makanan bernutrisi

    Seperti yang dijelaskan di awal, salah satu penyebab munculnya sariawan saat puasa adalah kekurangan zat nutrisi tertentu (seperti vitamin C, vitamin B12, dan zinc). Untuk itu usahakanlah agar kamu selalu mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan lemak baik bagi tubuh. Pilihlah makanan yang kaya protein seperti ikan, daging ayam, dan telur selama berpuasa.

    Lengkapi juga asupan serat dengan menambahkan lebih banyak sayur dan buah dalam menu makananmu. Apabila kamu merasa nutrisi dari asupan makananmu masih kurang, tak ada salahnya juga mengonsumsi suplemen multivitamin dan mineral. 

    Berkonsultasilah lebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui apa asupan suplemen yang tepat dan dibutuhkan oleh kondisi tubuhmu.



    2. Jagalah kebersihan mulut

    Mulut adalah salah satu tempat yang memiliki banyak bakteri. Agar bakteri dan virus tidak berkembang dan menyebabkan sariawan saat puasa, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan area mulut.

    Gosok gigi secara rutin minimal dua kali sehari, kemudian kamu juga bisa lanjutkan dengan membersihkan sela gigi menggunakan dental floss.  Untuk perawatan yang lebih menyeluruh, tak ada salahnya juga mengunjungi dokter gigi.


    3. Hindari makanan panas dan berminyak

    Siapa sih yang tidak suka menyantap gorengan saat buka puasa? Tetapi makanan panas dan berminyak seperti gorengan ternyata menjadi salah satu penyebab sariawan. Apalagi jika kamu mengonsumsinya setiap hari, babes






    4. Bye-bye makanan pedas dan asam

    Tak hanya menjadi pemicu munculnya gangguan pencernaan saat puasa, makanan pedas dan asam juga bisa menimbulkan sariawan dan sakit tenggorokan. Makanan jenis ini berpotensi menyebabkan iritasi area mulut!


    5. Minum air putih yang cukup

    Air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya membantu membuang racun di tubuh dan menjaga kesehatan pencernaan. Mengonsumsi air putih juga membuat kita terhindar dari mulut kering, di mana kondisi tersebut menyebabkan area mulut retan terinfeksi bakteri penyebab sariawan. 

    Jadi minumlah air putih yang cukup selama waktu berbuka dan sebelum sahur. Kamu juga bisa minum air putih terlebih dahulu saat berbuka puasa, baru dilanjutkan dengan mengonsumsi takjil.




    6. Hindari penyebab stres

    Stres memengaruhi banyak hal dalam tubuh dan kesehatan kita. Salah satunya membuat imun tubuh melemah. Saat imun tubuh melemah, kita akan lebih muda mengalami peradangan. 

    Kelola stresmu dengan cara menghindari pemicunya. Buatlah tubuh lebih rileks dengan melakukan aktivitas yang kamu suka seperti memasak, menonton drama Korea / series favoritmu, jalan-jalan, atau berolahraga.



    (Giovani Untari / Images: Dok. Ron Lach from Pexels,  ANTONI SHKRABA from Pexels, Chan Walrus from Pexels).