Better You

Wajib Tahu! Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

  by: Haninadhira Husaini       19/4/2022
  • Girls, puasa itu tak hanya ritual yang harus dijalani untuk memenuhi tradisi atau tuntutan agama, lho. Tetapi, banyak manfaat puasa bagi kesehatan, termasuk memperbaiki kondisi kesehatan kamu. Selain itu, puasa juga dapat dilakukan sebagai salah satu cara untuk diet. Psst, penasaran apa saja manfaatnya? Let’s find out!

    Menjaga kesehatan jantung


    Well, beberapa riset menunjukkan orang yang rutin berpuasa selama sekitar 1 bulan memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena penyakit jantung dibandingkan orang yang tidak menjalani puasa. Hal ini terjadi karena biasanya selama berpuasa, orang dapat mengatur dan mengubah pola makannya dengan lebih sehat, termasuk dengan mengurangi makanan yang berlemak. Selain itu, kebanyakan orang yang berpuasa lebih rutin mengonsumsi teh sehingga baik untuk kesehatan karena teh diketahui mengandung flavonoid.



    Menurunkan risiko diabetes


    Tak hanya menjaga kesehatan jantung, berpuasa juga dapat menurunkan risiko terkena diabetes, lho! Dikarenakan dengan efek puasa yang dapat merangsang perbaikan metabolisme tubuh dan meningkatkan kinerja insulin, yaitu yang mengatur kadar gula darah sehingga gula akan terbawa menuju sel tubuh dan menjadikannya sumber energi.


    Meningkatkan metabolisme


    Dengan berpuasa dapat memberikan waktu bagi sistem pencernaan untuk beristirahat. Sehingga, sistem metabolisme menjadi lebih efisien untuk membakar kalori yang ada di dalam tubuh. Dengan begitu kerja usus menjadi lebih baik dan hal ini akan membuat fungsi metabolisme tubuh menjadi lebih lancar dan efektif.

    Membantu melawan infeksi


    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berpuasa dapat memberikan manfaat bagi kesehatan yang mampu membantu menurunkan level peradangan dan infeksi. Penelitian lain juga mengatakan bahwa dengan rutin melakukan puasa selama satu bulan, akan mampu menurunkan tingkat peradangan secara signifikan.

    Membantu untuk detox




    Untuk menjaga kesehatan kamu, tubuh membutuhkan detoksifikasi yang berfungsi untuk membuang racun yang ada. Sama halnya dengan dapat meningkatkan metabolisme, dengan berpuasa selama satu hari penuh dapat memberikan kesempatan bagi sistem pencernaan untuk beristirahat. Ketika berpuasa, proses pembakaran lemak akan lebih maksimal sehingga racun yang disimpan di dalam lemak juga akan cepat hilang.

    Memperbaiki fungsi dan kinerja sel


    Dengan berpuasa secara teratur, sistem metabolisme tubuh menjadi lebih stabil sehingga dapat membantu proses peremajaan fungsi dan kinerja sel bisa berlangsung dengan baik. Dengan fungsi dan kinerja sel yang menjadi lebih baik, akan memberikan manfaat seperti kulit tampak lebih sehat dan awet muda.

    Meningkatkan fungsi otak


    Psst, berpuasa juga bermanfaat untuk meningkatkan neutropik yang berfungsi untuk memproduksi lebih banyak sel-sel otak, lho. Dengan hal tersebut berdampak pada meningkatnya fungsi otak sehingga kemampuan berpikir akan tetap terjaga serta meningkatnya kecerdasan.



    (Haninadhira Husaini / Image: PNW Production, Puwadon Sang-ngern, Polina Tankilevitch, Andrea Piacquadio, Ivan Samkovemre keshavarz on Pexels)