Career

Benarkah Bertahan di Zona Nyaman Buruk Bagi Karier?

  by: Redaksi       19/4/2022
  • Seringkali kita mendengar bahwa salah satu kiat untuk sukses di karier adalah berani keluar dari zona nyaman. Hal ini sering diartikan bahwa kita perlu keluar dari pekerjaan sekarang dan memulai karier di tempat atau bahkan bidang baru. Namun benarkah ini adalah sebuah solusi yang tepat bagi semua orang?

    Pertama-tama mari kita definisikan ‘apa yang dimaksud dengan zona nyaman?’. Dr. Abigail Brenner, seorang psychiatrist basis San Francisco dalam artikel lansiran Walden University menerangkan bahwa “Zona nyaman adalah konstruksi psikologi/emosional/perilaku yang mendefinisikan rutinitas kehidupan kita sehari-hari. Di mana memiliki keterkaitan akan sesuatu yang familier, keselamatan, dan keamanan,”.Dilansir dari artikel yang sama terdapat sejumlah keuntungan dan kerugian untuk bertahan di zona nyaman.

    Keuntungan




    Bertahan di zona nyaman dapat memperkaya pengalaman akan pekerjaan yang kita lakoni sehari-hari. Selain itu juga dapat membentuk rasa percaya diri, meminimalisir energi karena kita sudah hafal akan segala teknis, dapat mengantisipasi segala resiko yang ada, dan membantu ‘memulihkan’ diri pasca bergelut menghadapi situasi yang dirasa menantang dan tak menentu.

    Kekurangan



    Terkait kekurangan, bertahan di zona nyaman dapat membuatmu melewatkan kesempatan yang ada, lalu tidak memiliki skills baru, kurang berani beresiko di karier juga biasanya berbanding lurus dengan reward yang dicapai, dan gagal untuk memperluas zona nyamanmu. Dalam artian ketika kamu menghadapi sebuah tantangan, tak hanya belajar keahlian baru dan rasa percaya diri tapi juga menambah “jenis” zona nyamanmu yang lainnya.

    Leave or Expand?


    Jika sudah menganalisis kelebihan dan kekurangan, hal yang paling sulit dicari sebenarnya adalah harus kah kita keluar dari zona nyaman atau mencari pekerjaan baru?

    Heather Clarke, Managing Director dari Harris Clarke sebuah perusahaan recruitment spesialis level Executive dan posisi senior di bidang keuangan sektor publik menuliskan bahwa sebenarnya bertahan di zona nyaman bukanlah hal yang buruk. Apalagi jika di pekerjaan yang sekarang kamu bahagia menjalaninya dan tetap merasa tertantang dan banyak yang masih bisa dicapai.



    “Zona nyamanmu dapat menawarkan perlindungan di saat kamu mencoba hal baru dan berkembang secara pelan tapi pasti tanpa harus banyak mengambil resiko.” Ia juga menambahkan bahwa yang penting adalah mengikuti rencana kariermu sembari menambah dan mengembangkan skills, pengetahuan, dan pengalaman.

    Teks:Malcolm Rei/Foto:Freepik-benzoix, Freepik-wayhomestudio, Freepik,




    tags: karier