Love & Sex

Catat! Ini 12 Tanda Pasangan yang Menghargai Kamu!

  by: Giovani Untari       21/4/2022
  • Selain cinta dan kasih sayang, ada begitu banyak faktor penting yang tak boleh dilewatkan agar sebuah hubungan bisa terus bertahan. Salah satunya adalah bagaimana setiap pasangan mau belajar untuk saling menghargai satu sama lain

    Melepaskan ego masing-masing untuk belajar mendengarkan, memahami, dan menghargai pasangan jelas bukanlah sebuah hal yang mudah. Bahkan terkadang ini masih menjadi suatu hal yang challenging untuk dilakukan pada pasangan yang telah menjalani hubungan lama sekalipun. 




    Tetapi satu yang pasti: kamu bisa menilai sejauh mana kualitas pasanganmu dengan melihat bagaimana cara ia memperlakukan dan menghargai kamu. Apabila pasanganmu saat ini jauh dari 12 tanda di bawah ini... mungkin tak ada salahnya untuk memikirkan ulang hubungan kalian sebelum terlambat, dear



    Berikut 12 tanda pasangan yang mau menghargai kamu:


    1. Ia selalu menanyakan pendapatmu

    Pasanganmu tak pernah melewatkan bertanya mengenai pendapatmu terhadap hal-hal besar yang terjadi dalam hidupnya. Seperti ia yang meminta saran tentang pekerjaannya atau saat bertengkar dengan teman baiknya. 

    Ia mungkin tak selalu meminta saranmu, tetapi insight darimu adalah sesuatu yang dianggap penting olehnya.


    2. Tidak mencoba mengatur setiap detail hidupmu

    Ia percaya bahwa kamu bisa melakukan setiap urusan pribadimu. Ia tidak pernah mencoba untuk mengatur hidupmu terlalu jauh atau menginterupsi pekejaanmu. Ia begitu percaya kamu bisa melaksanakan setiap tanggung jawabmu dengan baik. 


    3. Tidak mudah cemburu

    Pasanganmu tidak membombardir kamu dengan banyak pesan saat kamu pergi tanpanya. Ia tidak khawatir bahwa kamu akan berselingkuh saat tak bersamanya.

    Si dia percaya pada hubungan kalian dan yang terpenting ia percaya kepadamu dan menghargai kehidupan personalmu.



    4. Bersikap jujur, meski ia tahu kamu mungkin tak akan suka dengan jawabannya

    Ciri pasangan yang menghargaimu selanjutnya adalah ia mau berbagi tentang rasa insecure dan masa lalunya. Meski ia juga tahu kamu mungkin tidak akan senang dengan ceritanya tersebut.

    Di sini ia tidak mencoba menyembunyikan tentang dirinya karena ia tahu kamu akan mengerti hal ini.


    5. Percaya pada keputusanmu

    Meski terkadang ia mungkin tidak sepenuhnya paham dengan apa yang sedang terjadi, tetapi ia percaya pada setiap keputusan yang kamu ambil serta selalu berada di pihakmu.

    Ia mungkin hanya mendengar dari satu sisi, tetapi ia yakin bahwa kamu adalah pihak yang benar.


    6. Ia tidak akan mengabaikan kamu

    Ia tidak berselingkuh di belakangmu atau membatalkan rencana secara tiba-tiba Pasanganmu juga tidak pernah menganggu saat kamu sedang hang out bersama para bestie-mu. Apabila ia harus membatalkan rencana kalian, itu karena ada hal yang sangat penting. Intinya ia tidak akan meng-ghosting kamu!





    7. Mendorong kamu agar lebih berani menggambil risiko

    Hal ini ia lakukan karena ingin melihat kamu sukses! Pasanganmu tersebut juga percaya bahwa kamu bisa lebih berkembang dan memaksimalkan potensi yang ada dalam dirimu.

    Ia juga tidak khawatir saat kamu mengambil risiko dan keluar dari zona nyaman karena ia tahu kamu bisa mengatasinya, bahkan jika gagal sekalipun.


    8. Tidak membuatmu ragu saat mengambil keputusan

    Lagi-lagi ia percaya kepadamu, sehingga tidak ingin kamu mengubah pikiran hanya karena pendapatnya. Ia tahu setiap keputusan yang kau buat adalah sesuatu yang terbaik untukmu.


    9. Pasanganmu selalu jujur kepadamu

    Si dia tidak merasa harus menyembunyikan sesuatu darimu. Ia berbagi semua hal kepadamu, bahkan pada hal-hal yang memalukan sekalipun.

    Ia bahkan tak ragu berkata jujur saat mantan kekasihnya mengirim pesan untuknya. Tidak ada rahasia dalam hubungan kalian.


    10. Mau menerima perbedaan yang ada

    Ia tidak mencoba agar kamu mengikuti pendapatnya atau bahkan menjatuhkan opini kamu. Pasanganmu ini mau menghargai pemikiran dari sudut pandangmu, bahkan meski pandangan tersebut tidak sama dengannya.



    11. Ia membuat effort dalam hubungan

    Quality time bagi kalian bukan hanya sekadar makan bersama atau menonton bioskop. Tetapi ia yang mau membuat effort dalam hubungan kalian serta selalu menyempatkan waktu untukmu.


    12. Tidak mendesak kemana arah hubungan kalian

    Ia tidak memaksa agar hubungan kalian cepat berganti status menjadi sesuatu yang lebih serius. Atau ia juga tidak memaksa agar kalian cepat menikah atau memiliki anak. Bagaimana pun hubungan kalian, ia percaya pada hubungan ini dan tahu apa yang inginkan saat bersamamu.






    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Giovani Untari / Images: Dok. KoolShooters from Pexels, Pavel Danilyuk from Pexels, Luis Zambrano from Pexels, Andrea Piacquadio from Pexels, Bethany Ferr from Pexels).