Lifestyle

Daftar Akun IG Puisi yang Bisa Kamu Follow Sekarang

  by: Givania Diwiya Citta       23/4/2022
  • Puisi telah mendapatkan rumah baru di Instagram, dan para penyair IG telah banyak membuat unggahan puitis berhasil menghiasi layar kita. Kekuatan dari bahasa di era digital muncul dalam bentuk kotak kecil di Instagram, dan diisi oleh rangkaian kata-kata. Cosmo pun percaya pasti ada saja beberapa puisi yang membuat kamu berhenti scrolling sejenak, karena kata-kata yang disampaikannya amat menyentuh hati.


    Jadi, Cosmo telah mengumpulkan beberapa penyair IG hebat dari seluruh dunia yang menjamin kamu bisa merasa ~perasaan~ itu lebih dalam. Mulai dari tema persahabatan, cinta romantis, hingga self-love, kesehatan mental, juga identitas gender dan politik, kumpulan penyair ini menampilkan segalanya. Bersiaplah untuk tertawa, terisak, dan tersenyum dibuatnya…




    Rupi Kaur @rupikaurˍ




    Ia adalah penyair IG yang orisinal, karena Rupi mulai menggaungkan syairnya sejak tahun 2009. Syairnya mencakup tema cinta, kehilangan, trauma, penyembuhan, feminitas, dan migrasi, semuanya diiringi oleh ilustrasi garis yang indah.


    Charly Cox @charlycox1



    Seorang penyair IG sekaligus advokat kesehatan mental ini mengeksplorasi tema kesehatan mental dan segalanya tentang perempuan. Koleksi debut She Must Be Mad miliknya adalah panggilan kuat untuk mendobrak stigma kesehatan mental, dan cocok untuk semua perempuan yang pernah merasa bahwa ia “berlebihan”.


    Parker Lee @itsparkerlee



    Parker punya segudang koleksi puisi yang bertema cinta serta kesehatan mental, seperti salah satu syair dari Coffee days Whiskey nights, “You are a work in progress. Learning and growing, healing and evolving.”


    Morgan Harper Nichols @morganharpernichols



    Morgan sangat terbuka tentang dirinya yang merupakan penulis autis, dan dengan syairnya yang hebat, penuh afirmasi sekaligus animasi, ia menghidupkan kata-kata dalam puisinya. Ia pun memiliki buku Peace is a Practice, dan punya aplikasi di mana para pengguna bisa mendapatkan lebih banyak konten darinya.


    Monika Radojevic @monikaradojevic



    Monika adalah seorang penyair feminis dan jurnalis yang merilis debut puisinya Teeth in the Back of My Neck tahun lalu. Ia menulis banyak tema penting seperti kesehatan mental, identitas, dan gender.


    Alison Malee @alison.malee



    Puisi Alison terkadang sangat pendek, bisa hanya satu baris. Namun yang ia tuliskan amatlah empowering.


    Yrsa Daley-Ward @yrsadaleyward



    Koleksi puisi Yrsa yang berjudul Bone mengisahkan cerita menggugah tentang pendewasaan, trauma, dan hubungan. Ragam puisi dan ucapan kata-kata yang bisa ditemukan dalam feed miliknya amat menenangkan dengan animasi dan musik yang menggugah.


    Hollie McNish @holliepoetry





    Hollie punya fokus besar terhadap parenting, dan karyanya diwarnai oleh banyak karakter personal, yang bisa kamu lihat di feed IG-nya. Syairnya menawarkan humor tapi ia pun tak segan mengungkapkan kenyataan. Seperti dari bukunya yang berjudul Slug, yaitu tentang kondisi manusia dalam kelahiran dan kematian, dan bagaimana kita bisa mengelola segala kemungkinan yang ada.


    L E Bowman @l.e.bowman.poetry



    Tulisan Lauren itu lugas, berani, dan mengungkap secara jujur permasalahan personal tentang hubungan, penerimaan jati diri, dan self-love. Bukunya yang berjudul The Evolution of a Girl menceritakan tentang perjalanan seorang anak perempuan yang menjadi wanita sejati, hingga feed miliknya dipenuhi oleh kata-kata tentang patah hati dan penyembuhan diri.


    Charlotte Moore @charlotte.a.moore



    Kata-kata Charlotte mengungkap tentang hati yang kerap overthinking, ia pun sangat lugas terhadap kesehatan mentalnya. Ia menuliskan puisi yang mengingatkan kita tentang kesenangan sederhana seperti menyantap strawberry, namun juga bisa menangkap rasa takut seperti saat pulang ke rumah sendirian pada malam hari.


    Catriona Innes @catreenaah



    Features Director Cosmopolitan UK ini kerap berbagi syair indahnya dalam bentuk puisi di Instagram. Seperti salah satunya yang mengungkap tentang duka dan kenangan tentang ibunya: “She raised a glass and made a toast to life, even on her deathbed.” Syairnya bisa membuat kita terisak, namun salah satu yang Cosmo suka adalah anekdot tentang nuansa tahun baru. 


    Charlie Brogan @charlieblergh



    Mulai dari pertemanan spontan yang terbentuk dari sekumpulan perempuan di toilet, hingga semua yang ia kagumi dari sosok perempuan – seperti menyimpan barang dalam bra, kuku akrilik, hingga bunyi kuku yang menyentuh layar ponsel – Charlie sukses menangkap semua keindahan yang kerap tak kita hiraukan itu.


    Sam Bruce @aqueerpoet



    Sam adalah penyair sekaligus ilustrator, jadi kamu akan mendapat banyak unggahan magis dan lucu dari feed miliknya. Kalau kamu sedang tak menemukan puisi, maka kamu akan menemukan kopi, atau berbagai foto yang memanjakan mata, dilengkapi dengan rangkaian kata bertema inklusivitas.


    Kristiana Reed @kristiana.reed



    Kristiana adalah seorang advokat kesehatan mental yang kerap membagikan pengalamannya dalam mengarungi penyakit mental, kecanduan, kehilangan, juga cinta. Feed miliknya juga berwarna ramah, dan sering memainkan metafora.


    Chloe Laws @chloegracelaws



    Baik itu syairnya yang menceritakan tentang perjalanannya mengonsumsi obat anti depresi, atau ketika ia menuliskan tentang kentang, kata-katanya sungguh relatable. Seperti saat ia menuliskan: “Often hard, edges weak but the inside tough. Maybe it’s just a game of timing until you think I’m perfect. The perfect consistency to consume.” Ia sungguh bisa membuat kita merasa seperti sebuah kentang rebus.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan.com/uk / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Givania Diwiya / Image: Suzy Hazelwood dari Pexels)



    tags: puisi, instagram