Lifestyle

Ini Dia, 7 Musisi Thailand yang Lagunya Wajib Kamu Dengar!

  by: Redaksi       23/4/2022
  • Apa hal pertama kali yang melintas di kepalamu saat mendengar kata Thailand? Apakah Bangkok? Pusat belanja murah Chatuchak? Atau gajah? Betapa identik hal-hal tersebut pada negara tetangga, bahkan tidak jarang penduduk Indonesia ingin menghabiskan masa berlibur singgah ke sana sebagai pelepas penat. Namun, tidak hanya berkunjung dan berliburan saja yang rupanya jadi pilihan belakangan tentang Thailand. Industri hiburannya pun perlahan diminati, baik dari serial televisi, film, hingga musik.

    'Tak kenal maka tak sayang' terdengar cocok disematkan kepada orang yang kerap beranggapan bahwa musik dari Thailand memiliki jenis yang sama. Nah, kali ini Cosmo ingin mengajak Cosmo Babes untuk berkenalan dengan 7 musisi dari Thailand yang karya-karyanya patut diperhitungkan dan wajib masuk playlist kalian! Siapa saja? Mari simak!




    1. 9x9





    NINE BY NINE adalah grup yang digawangi oleh 9 pemuda tampan nan berbakat dan berada dalam naungan 4NOLOGUE ini resmi debut pada tahun 2018. Meskipun grup ini adalah grup project 9 aktor yang digabungkan dalam harmonisasi musik, NINE BY NINE berhasil menyita perhatian masyarakat, bahkan mempunyai fandom cukup besar!

    Sayangnya, grup beranggotakan Jaylerr, Jackie, Paris, Ryu, JamyJamess, Captain, Porsche, Third, dan Thanapob ini telah resmi bubar pada 9 Maret 2019 dengan lagu terakhirnya "Eternity". Tapi, bukan berarti musik mereka lantas 'mati', kan?



    2. STAMP



    Bernama lengkap "Apiwat Ueathavornsuk", Stamp ialah seorang singer-songwriter sekaligus aktor teater musikal Thailand yang namanya sudah mencetak namanya dalam industri musik Thailand bersama karyanya. Karirnya dimulai dari band yang dicetuskan saat Apiwat masih duduk di bangku kuliah, 7thScene, pada tahun 2004.

    Lantas, 4 tahun setelahnya ia mulai merilis EP solonya, "Million Ways to Write Part I" hingga akhirnya diakui kemampuannya lantaran menjadi juri untuk The Voice Thailand pada 2012. Dia bahkan tidak hanya sampai sana berhasil memukau pendengar musik di Thailand. Apiwat telah berkolaborasi dengan banyak musisi dari luar negeri, seperti Crowd Iu, DEPAPEPE, YMCK, dan POPETC.



    3. TRINITY



    Meskipun debut sebagai boygroup, keempat member TRINITY ini nyatanya mengawali karier sebagai aktor, juga pernah tergabung dalam grup project yang sudah Cosmo sebutkan di atas, NINE BY NINE. Masih bernaung di bawah 4NOLOGUE, awalnya ternyata grup ini digawangi hanya oleh Porsche, Third, dan Jackie. Anggota terakhir yang bergabung, James, lantas mendapatkan posisi vokalis TRINITY.

    Dan, seperti kebanyakan boygroup pada umumnya, mereka memiliki nama fandom, yakni TWILIGHT!





    4. COSTLYWOOD



    Kamu bisa mendeskripsikan band ini sebagai band indie yang memiliki 'bumbu' dan perpaduan antara musik alternative dan britpop. Lagu-lagu milik COSTLYWOOD adalah jenis musik addictive pop yang akan membuatmu tanpa sadar bergerak, mengetukkan jari, hingga bergumam saat mendengarnya. Bahkan sudah terbayang deh, kalau ternyata mereka sampai mengadakan konser atau bermain musik secara live, penggemar mereka akan tanpa sadar ingin bernyanyi bersama sepanjang waktu, selama COSTLYWOOD menampilkan kebolehan mereka di atas panggung.



    5. DOGWHINE



    Percaya dengan nama musisi satu ini. Lima orang yang bergabung dengan DOGWHINE ini memang punya sesuatu untuk dikeluhkan, yang dituang dalam lagu-lagunya. Karya-karya mereka akan mengingatkanmu pada nuansa lagu milik The Beatles lantaran seringkali mengusung kekhawatiran mereka seputar social justice dan membawa topik-topik yang seharusnya diperhatikan dalam negara mereka. Kemampuan DOGWHINE dalam menggarap musik terdengar berbeda; atmospheric, tetapi juga membawa rasa frustasi yang dirasakan dalam bersosialisasi atau bermasyarakat; dan Cosmo yakin akan ada Cosmo Babes yang sulit lepas dari lagu-lagu mereka dalam sekali dengar.


    6. FOLK9



    Kuartet yang bisa kita kategorikan sebagai grup yang kreatif. Pasalnya, lagu-lagu yang diusung oleh FOLK9 ini adalah gabungan dari surf pop, dream pop, dan lo-fi yang akan membuatmu sulit sekali tidak terkena adiksi mendengarkan karya-karya mereka. Band ini mengeksplorasi genre tersebut secara mendalam dan punya 'rumus khusus' yang menjadikan lagu-lagunya terdengar energik sekaligus unik. Jangan khawatir tidak memahami bahasanya, sebab FOLK9 bernyanyi dalam bahasa Inggris juga Thailand kok, Cosmo Babes!


    7. Seal Pillow



    Seal Pillow adalah band yang beranggotakan lima orang dari Bangkok. Memadukan lirik pop yang catchy dengan petikan gitar yang jelas dan synth tidak terlalu kuat, lagu-lagu mereka memancarkan masa muda yang menyukai hal-hal di sekitar mereka, menuangkannya ke lagu dengan tepat. Kalau kamu ingin mendengarkan lagu-lagu pop yang menggambarkan masa muda riang dan ringan, Seal Pillow patut kamu pertimbangkan nih, Cosmo Babes!



    Images: Dok. Youtube 4NOLOGUE, LOVEIS+, COSTLYWOOD, DOGWHINE, FOLK9, Parinam Music // Teks: Saca F.