Love & Sex

6 Tips Agar Berani Membuka Hati dari Trauma Patah Hati

  by: Redaksi       26/4/2022
  • To be in love memang tak ada duanya, apalagi kamu bisa merasakan hari-harimu bahagia. Namun, ada beberapa orang yang merasa takut saat dia jatuh cinta akibat patah hati atau sakit hati yang membuatnya trauma. Sehingga mereka enggan untuk membuka hati kembali dan menutup diri agar rasa khawatirnya tak muncul lagi.

    But babes, kamu perlu keluar dari situasi seperti itu untuk membuat bahagia. Perlu beberapa usaha dan keberanian untuk membuka kembali hati yang pernah disakiti. So, berikut Cosmo berikan langkah-langkah yang bisa kamu mulai berani membuka hati dari rasa trauma




    1. Yakinkan diri bahwa kita berhak bahagia





    Saat memutuskan untuk memulai kembali membuka hati, kamu perlu menyadari dan meyakinkan bahwa dirimu berhak untuk bahagia. Ikhlaskan yang sudah berlalu dan ambil pelajarannya agar kamu lebih mudah untuk menerima dirimu seutuhnya. Jika orang lain bisa bahagia, maka kamu pun berhak bahagia dengan caramu sendiri.

    2. Jangan membanding-bandingkan diri




    Jangan coba untuk membanding-bandingkan pasangan barumu dengan masa lalumu, itu hanya akan membuat dirimu merasa tertekan dan tak bisa melepaskan yang sudah terjadi. Perlu diingat, setiap orang pasti memiliki sifat dan karakter yang berbeda pula.


    3. Jujur pada diri sendiri




    Jujur pada diri sendiri merupakan salah satu langkah yang harus kamu jalani jika ingin membuka hati setelah mengalami trauma. Jujurlah pada diri sendiri dan percayalah bahwa nantinya kamu akan mendapat kasih sayang dan cinta yang lebih baik lagi.


    4. Jangan asal memilih pasangan




    Jangan asal memilih pasangan, pilihlah pasangan sesuai dengan kriteria dan keinginanmu. Kenali si dia lebih dalam sehingga kamu tahu bagaimana caranya memperlakukan kamu.

    Bila perlu lakukan proses PDKT dalam jangka waktu yang lebih panjang supaya hatimu yakin bahwa ia adalah sosok pasangan yang tepat. Cara ini akan membantumu untuk menghindari diri dari pasangan yang tak bertanggung jawab.


    5. Percaya pada pasangan




    Yang paling penting saat ingin memulai hubungan kembali adalah percaya pada pasangan bahwa ia akan menyayangi kamu dengan tulus. Kunci pada suatu hubungan adalah kepercayaan. Jika kamu masih ragu untuk memulai sebuah hubungan, jangan pernah mencoba apalagi memberinya harapan palsu, girls!


    6. Cintai dirimu sendiri




    Last but not least, yang paling terpenting adalah cintai dirimu sendiri. Kamu harus bisa mencintai dirimu sendiri sebelum memutuskan untuk mencintai si dia.

    Kamu juga bisa belajar membuka hati secara perlahan dengan menambah teman / kenalan, sehingga rasa patah hatimu dapat terobati. Siapa tahu dari sana kamu bisa mendapat banyak insight baru dari mereka.



    (Margaretha Gabriella Ayudityas / GIO / Images: Photo by KoolShooters on Pexels, Photo by KoolShooters on Pexels, Photo by cottonbro on Pexels, Photo by Andrea Piacquadio on Pexels, Photo by Keira Burton on Pexels, Photo by Andrea Piacquadio on Pexels, Photo by Hassan OUAJBIR on Pexels)