Love & Sex

10 Tanda Kamu Memiliki Hubungan yang Kuat dengan Si Dia!

  by: Giovani Untari       28/4/2022
  • Bagaimana cara kamu mengetahui apakah hubungan asmaramu bersama pasangan berada di situasi yang baik? Sebab setiap hubungan jelas berbeda. begitu juga pasangan yang menjalaninya. 

    Namun tentu saja ada sejumlah hal yang menjadi penanda bahwa kamu berada di sebuah hubungan yang sehat. Mungkin beberapa tanda di bawah ini bisa menjadi salah satu yang bisa kamu lihat di dalam hubunganmu bersama si dia. 

    Tetapi saran Cosmo, apa yang berhasil bagi satu pasangan mungkin belum tentu berlaku untukmu dan si dia. Asalkan kalian berdua merasa bahagia dan saling menghormati satu sama lain, that’s enough!




    Berikut 10 tanda kamu memiliki hubungan yang kuat dengan si dia:



    1. Kamu tidak stres saat ia pergi bersama teman-temannya

    Tidak peduli apakah ia jauh darimu, kamu percaya bahwa pasanganmu tersebut bisa menjaga diri dan membuat keputusan yang baik untuk dirinya.

    Kamu bisa tidur dengan tenang tanpa mengkhawatirkan bahwa ia akan berselingkuh atau melakukan sesuatu yang buruk. Kamu juga merasa tidak perlu membombardirnya dengan pesan atau telepon setiap 10 menit sekali. Sebab kamu yakin ia memang sedang melakukan urusannya dan juga akan kembali mencarimu.


    2. Kamu tidak merasa harus mengecek isi handphone-nya

    Rasa penasaran jelas menjadi sesuatu yang manusiawi bagi manusia. Tetapi bersama pasanganmu ini, kamu merasa tidak terlalu penasaran dengan apa yang ia lakukan di belakangmu.

    Kamu tidak tertarik untuk memeriksa handphone-nya, seperti saat ia sedang pergi ke toilet atau sedang mandi. Sebab kamu tahu ia bisa dipercaya.


    3. Saling mendukung satu sama lain, tetapi tidak membuat kamu bergantung padanya

    Ada perbedaan jelas antara saling mendukung atau hanya memberikan afeksi dan membuat pasangan jadi ketergantungan. Untuk hal yang kedua jelas masuk ke dalam kategori hubungan toxic di mana kalian akhirnya jadi saling membutuhkan satu sama lain.

    Hubungan yang sehat adalah ketika mereka yang menjalaninya memahami bahwa mereka adalah individu yang kuat. Dan dukungan dari pasangan adalah hal yang melengkapi sebuah hubungan.




    4. Tidak meributkan hal-hal kecil

    Tentu setiap hubungan pasti tidak akan selamanya berjalan mulus. Akan ada pertengkaran yang mewarnainya. Tetapi di hubunganmu bersama si dia, kalian menjalaninya dengan penuh toleransi dan pengertian. Tidak ada hal-hal kecil yang perlu diributkan seperti misalnya siapa yang membuat sampah atau karena merasa cemburu.


    5. Kalian saling mengapresiasi apa yang dilakukan satu sama lain

    Tidak hanya sekadar mengapresiasi apa yang kalian perbuat dalam hubungan, tetapi kalian juga saling menghargai segala hal yang ada. 


    6. Jika bertengkar, maka kalian akan berusaha untuk mencari solusinya

    Semua pasangan tentu bertengkar, bahkan pada best couples sekalipun!



    Perbedaannya adalah pasangan yang memiliki hubungan kuat selalu berusaha untuk mencari solusi dari masalah mereka. Mereka akan berusaha memahami pola pikir sang pasangan, meski mereka juga belum tentu menyetujui pemikiran tersebut.



    7. Kalian selalu meluangkan waktu untuk berkencan

    “Kencan” dapat menjadi sesuatu yang cukup tricky, apalagi jika kalian semakin dewasa dan telah memiliki anak. Adalah hal yang cukup sulit untuk menikmati momen berjalan romantis di tepi pantai atau melakukan candle light dinner. 

    Tapi untuk hubungan ini kalian mau berusaha meluangkan waktu di tengah kesibukan satu sama lain, bahkan untuk sekadar melakukan dinner romantis di rumah.


    8. Tetap dapat saling membuat satu sama lain tertawa

    Kamu dan pasanganmu dapat saling membuat lelucon dan memiliki selera humor yang sama. Kalian berdua bahkan masih sering melakukan hal-hal konyol satu sama lain!


    9. Kalian merasa bahagia

    Hubungan biasanya akan mengalami fase penurunan setelah fase honeymoon. Setelahnya hubungan akan lebih mengarah pada kualitas bukan kuantitas. Yang terpenting adalah kalian tetap merasa bahagia dan nyaman dengan hubungan yang dijalani.



    10. Kamu tetap bisa menjadi diri sendiri bersama si dia

    Ini mungkin terdengar silly bagi pasangan yang telah menjalani hubungan lama, tetapi tanda ini juga tak kalah penting. Hal-hal yang sengaja ditahan agar menghindari pertengkaran juga jelas bukan sesuatu yang dilakukan dalam hubungan yang sehat.

    Hubungan yang baik dan kuat juga mengajarkan kita untuk tetap menjadi diri sendiri, termasuk di hadapan pasangan sendiri.




    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Giovani Untari / Images: Dok. Pavel Danilyuk from Pexels, Ron Lach from Pexels, Kate Andreeshcheva from Pexels, Bethany Ferr from Pexels).