Lifestyle

Intip 6 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

  by: Redaksi       28/4/2022
  • Cosmo babes, Lebaran tinggal menghitung hari. Tahun ini momentum Lebaran banyak dimanfaatkan masyarakat Indonesia untuk mudik karena pemerintah telah memperbolehkan masyarakat mudik dengan sejumlah syarat tertentu.

    Saat mudik dan harus meninggalkan rumah dalam kurun waktu tertentu, kamu mungkin akan merasa khawatir. Tentu saja, kamu juga tak ingin merayakan hari raya dengan pikiran was-was karena kondisi rumahmu, bukan?

    Berikut Cosmo berikan beberapa tips tetap aman meninggalkan rumah saat mudik Lebaran:




    1. Mengunci pintu dan jendela rumah





    Pastinya, sebelum kamu dan keluarga meninggalkan rumah untuk mudik Lebaran, jangan lupa untuk memastikan telah mengunci pintu serta menutup jendela rumah secara rapat. Hal ini tentunya untuk menghindari kejadian yang tak diinginkan.

    Kamu juga bisa menambah jumlah gembok dan keamanan agar rumah terkunci lebih aman.


    2. Jangan tinggalkan barang berharga




    Sebisa mungkin saat ingin meninggalkan rumah untuk mudik, jangan meninggalkan barang berharga seperti surat-surat penting, perhiasan, gadget, dan uang tunai di rumah.

    Kamu bisa menitipkannya di bank atau ikut membawanya bersamamu agar lebih aman.


    3. Matikan semua peralatan elektronik, air, dan gas




    Sebelum mengunci dan meninggalkan rumah, pastikan kamu sudah mematikan semua peralatan elektronik yang masih tersambung dengan aliran listrik.

    Tak hanya itu, pastikan juga kompor, peralatan memasak di dalam dapur, dan sumber air dalam keadaan mati untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.


    4. Nyalakan lampu teras dan beberapa bagian




    Kamu juga bisa membiarkan lampu teras rumahmu dan juga beberapa bagian rumah tetap menyala agar rumah tak terlihat gelap saat malam hari.


    5. Bersihkan rumah saat ingin meninggalkannya




    Sebelum meninggalkan rumah, kamu juga perlu membersihkan beberapa area terlebih dahulu, girls!

    Sebab kalau kamu meninggalkan rumah dalam kondisi kotor dalam jangka waktu lama, rumah akan rentan berdebu dan didatangi oleh binatang kecil. Luangkan waktumu sejenak untuk bersihkan rumah ya!


    6. Titipkan hewan peliharaanmu




    Kalau kamu memiliki hewan peliharaan di rumah, kamu bisa menitipkan hewan peliharaan tersebut ke pet shop. Hal ini berguna untuk memastikan hewan milikmu tetap terawat dan terjaga saat kamu tinggal mudik.

    Atau kamu juga bisa membawa hewan kesayanganmu ikut mudik. Pastikan kamu menyiapkan semua peralatan dan kebutuhan hewan kesayanganmu.




    (Margaretha Gabriella Ayudityas/ GIO / Images: Photo by Julia Avamotive on Pexels, Photo by cottonbro on Pexels, Photo by Pixabay on Pexels, Photo by Sharath G. on Pexels, Photo by Sebastian Sørensen on Pexels, Photo by Lisa Fotios on Pexels, Photo by Huy Phan on Pexels)